by

5 Penyebab Mobil Injeksi Tidak Bisa Dihidupkan

Pernahkan mobil kamu mengalami masalah tidak bisa dihidupkan? Jika belum dan agar hal tersebut tidak terjadi, berikut kami akan memberikan ulasan perihal 5 penyebab mobil injeksi tidak bisa dihidupkan.

Memang untuk menganalisis sebuah masalah yang terjadi pada mobil itu tidak bisa langsung menebak akar permasalahannya. Sering kali ada beberapa kemungkinan yang melanda bagian mesin atau kelistrikan, sehingga menyebabkan mobil injeksi tidak bisa dihidupkan.

Setidaknya, jika kamu mengalami hal serupa, ada beberapa indikasi yang menjadi penyebabnya. Namun jangan panik ketika mengalami masalah ini. Tetap tenang dan mulai memeriksa beberapa bagian terkait sambil mencari akar permasalahannya di mana.

Sebagai gambaran untuk bisa mengatasi mobil injeksi tidak bisa dihidupkan, kami akan memberikan beberapa pengetahuannya sebagai berikut.

1. Idle Speed Control Valve Mengalami Masalah

mobil injeksi tidak bisa dihidupkan
idle speed control bermasalah

Kenapa komponen ini bisa menjadi penyebabnya? Hal ini dikarenakan ISC Valve menjadi salah satu komponen yang mengatur keluar dan masuknya udara ke ruang mesin. Terlebih saat kondisi idle, komponen ini memiliki peranan yang penting.

Sesuai dengan fungsi kerjanya, dalam keadaan idle, harusnya ISC Valve terbuka dan mengalirkan angin. Jika ada kerusakan terkait komponen ini, maka ISC Valve akan bersifat sebaliknya. Dampaknya adalah tidak ada asupan udara ke dalam mesin mobil.

Baca juga  Lampu Indikator Mobil Diesel Menyala Terus, Apa Artinya?

Jika memang ini yang menjadi penyebab utamanya, kamu bisa melakukan beberapa langkah termasuk melepaskan katup yang terletak di throttle body.

2. Masalah Pada Fuel Pump

mobil injeksi tidak bisa dihidupkan
Fuel pump bermasalah bisa menjadi penyebab

Sering kali mobil injeksi tidak bisa dihidup dikarenakan terjadi masalah pada komponen ini. Fuel pump sendiri memiliki fungsi untuk mengalirkan bensin dari tangki bahan bakar menuju ruang mesin. Jika ada yang tidak beres dalam aliran tersebut, maka bukan tidak mungkin mobil injeksi tidak bisa dihidupkan.

Ini dikarenakan adanya asupan bahan bakar yang berkurang sehingga kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

“Fuel pump itu kan menghantarkan bensin atau bahan bakar ke mesin, jangan sampai fuel pump ini rusak atau mati. Akibatnya, mesin tentu susah dihidupkan,” jelas Nawawi, mekanik jebolan Auto2000 yang kini buka bengkel di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

3. Selang Bensin Bocor Berakibat Mobil Injeksi Tidak Bisa Dihidupkan

mobil injeksi tidak bisa dihidupkan
selang bensin bisa jadi bocor

Selanjutnya, masalah yang sering menjadi penyebab mobil injeksi tidak bisa dihidupkan adalah adanya kerusakan pada selang bensin. Tentunya, jika selang bensin ada terjadi masalah, maka sama seperti fuel pump tadi, bahan bakar tidak akan tersalurkan dengan baik.

Baca juga  Cuci Jok Mobil Sendiri di Rumah? Ini Caranya

Biasanya untuk masalah seperti ini mudah dikenali. Pasalnya, jika bensin bocor melalui selang ini akan tercium bau yang begitu menyengat. Tidak hanya itu, jika selang bensin bocor juga akan keetahuan dari tetesan yang terjadi di mobil.

Untuk melakukan penggantian terhadap komponen ini, memang kamu harus melakukanya ke bengkel. Hal ini tidak bisa dilakukan sendiri karena membutuhkan alat serta kemampuan profesional.

“Selang bensin sering juga bocor. Ini yang kadang sering menjadi penyebabnya. Solusinya? Ganti saja langsung, beres urusannya,” tambah Nawawi.

4. Tegangan Aki Mulai Melemah

mobil injeksi tidak bisa dihidupkan
tegangan aki lemah

Mobil injeksi tidak bisa dihidupkan juga bisa jadi karena adanya sistem kelistrikan yang tidak beres. Kelistrikan sendiri menjadi salah satu hal yang penting karena beberapa fitur serta menghidupkan mobil kamu membutuhkan aliran listrik yang memadai.

Jika memang sudah mengalami masalah dari aki yang sudah melemah, kamu bisa melakukan pengisian ulang jika aki yang kamu pakai bisa diisi ulang listriknya. Namun, jika kamu menggunakan aki kering, maka hal yang harus kamu lakukan adalah penggantian dengan unit yang baru.

5. Sensor Terkait Ada yang Rusak

mobil injeksi tidak bisa dihidupkan
engine indicator menyala

Saat ini, teknologi yang diadopsikan pada sebuah mobil sudah begitu banyak. Maka tidak heran jika mobil kamu dipenuhi dengan sensor pada bagian mesin atau yang lainnya. Nah, untuk penyebab mobil injeksi tidak bisa dihidupkan akibat sensor, biasanya ada tanda-tandanya.

Baca juga  5 Indikasi Tune Up Mobil Perlu Kamu Lakukan

Agar lebih teliti, kamu harus memperhatikan meter cluster yang ada di speedometer. Biasanya, kalau ada sensor yang mati maka akan ada indikator yang menyala terang. Nah, jika sudah begini kamu harus mengunjungi bengkel resmi ya!

Beberapa penyebab yang sudah kami paparkan di atas setidaknya bisa menjadi panduan kamu ketika mengalami mobil injeksi tidak bisa dihidupkan. Namun jangan lupa, sebagai langkah pencegahan akan hal tersebut, kamu juga harus memeriksakan kendaraan kamu sesuai jadwal berkalanya.

Dalam melakukan perawatan berkala, kamu juga tidak usah segan-segan bertanya kepada mekanik. Tentunya ini akan meminimalisir kerusakan atau gejala yang kamu rasakan.

Jika mobil kamu masih dalam masa garansi, nantinya segala penggantian part atau biaya jasa akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak bengkel resmi. Jika sudah ada salah satu indikasi di atas, segera lakukan komunikasi dengan mekanik terbaik kamu ya!

Simak informasi otomotif terkini di moladin.com

Terbaru