Yamaha YZR-M1 2020 Pakai Fairing dan Sasis Baru, Siap Bangkit?

Gelaran MotoGP 2019 resmi berakhir, Yamaha Monster Energy langsung pamerkan Yamaha YZR-M1 2020 di tes pra-musim Valencia. Sudah memakai fairing dan sasis terbaru. Kali ini Yamaha juga mempersiapkan YZR-M1 2020 versi ketiga dengan pembaruan di sektor elektronik.

Yamaha YZR-M1 2020 tampil dengan ubahan di bagian frame dan front cowl. Pada bagian ini Yamaha sepertinya mencoba untuk mengurangi rigiditas lateral dengan tujuan memperoleh stabilitas pengereman. Yamaha memang dikenal memiliki sasi yang dikombinasikan mesin inline-4 yang sangat mumpuni melahap tikungan cepat (speed corner).

Seperti diketahui, dalam dua musim belakangan Yamaha tidak bisa bersaing. Yamaha YZR-M1 tidak mampu berbicara banyak, bahkan kedua pembalapnya lebih banyak bersaing di posisi top six ketimbang naik podium. Buat Valentino Rossi tentu ini merupakan pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

Menghadapi musim 2020, Yamaha tampak serius mempersiapkan motornya agar bangkit. Salah satunya dengan mengubah cara kerja tim. Musim lalu, kepala mekanik hanya bekerja sendirian. Namun, kini Yamaha YZR-M1 2020 bakal ditangani oleh insinyur langsung dari Jepang, insinyur ban dan terakhir insinyur suspensi.

Hal yang pastinya membuat Valentino Rossi senang menghadapi gelaran MotoGP 2020. Pasalnya, penampilan The Doctor musim jauh dari kata bagus. Kehadiran fairing, sasis dan ditambah perangkat elektronik baru bikin dirinya kian pede berada di atas Yamaha YZR-M1 2020.

“Saya senang dengan yang dilakukan Yamaha sejauh ini, musim ini lebih punya program yang jelas. Berbicara soal motor baru ini, ada perbedaan di bagian sasis, mesin dan elektronik. Ini sudah ketiga kalinya kami mencoba motor, tapi ini masih prototipe jadi mungkin tahun depan kita juga bisa memiliki langkah lain. Tapi perasaan saya berada di atas motor ini positif dan kami sudah berada di level yang lebih baik,” ucap Valentino Rossi dikutip dari laman crash.net.

 

Pakai Yamaha YZR-M1 2020, Rossi Berada di Posisi Sembilan

Rossi selesaikan hari pertama dengan berada di posisi ke-9

Gelaran tes pra-musim MotoGP 2020 sudah dimulai, berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo. Hampir seluruh pembalap turun dengan prototipe motor yang akan digunakan pada musim depan, tak terkecuali Valentino Rossi.

Meski sudah menggunakan fairing dan sasis baru, The Doctor mengakhiri tes hari pertama dengan berada di posisi ke-9 dengan catatan waktu 1 menit . Jelas, ini hasil yang kurang maksimal. Namun, setidaknya Valentino Rossi sudah merasa nyaman berada di atas Yamaha YZR-M1 2020 sejak hari pertama. Kehadiran sasis baru ini disambut baik oleh sang pembalap, menurutnya M1 kini menjadi lebih lincah.

“Berbicara soal sasis, saya pikir mereka sudah berusaha untuk menambah kelincahan yang lebih baik saat pengereman, hal ini bertujuan untuk memberikan kecepatan yang lebih maksimal saat masuk tikungan. Lebih presisi, sasis baru ini lebih baik. Saya suka,” tambah Rossi.

Baca juga;

 

Yamaha Kuasai Hari Pertama Tes Pra-Musim Valencia

Yamaha berhasil menguasi jalannya hari pertama tes pra-musim Valencia, selasa (19/11). Dari semua pembalap yang turun dengan menggunakan YZR-M1, Fabio Quartararo berhasil mencatatkan waktu tercepat. Sang rookie catatkan waktu 1 menit 30.163 detik.

Sementara Maverick Vinales berada di posisi dua dengan catatan waktu tercepat 1 menit 30.327 detik, Franco Morbidelli berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 30.650 detik. Berikut ini hasil lengkap hari pertama tes pra-musim Valencia.

Hasil tes pra-musim Valencia hari pertama

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *