Gantungan Kunci Model Ini Rawan Rusak Body Motor. Ini Penjelasannya

Banyak pemilik motor yang masih pakai gantungan kunci sebagai pemanis tampilan. Mulai dari model dompet STNK, kunci-kunci lainnya seperti kunci gembok ataupun kunci pintu. Tapi siapa sangka, ternyata hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya mata kunci juga komponen motor lainnya, terutama cover bodi.

“Salah satu penyebab kunci kontak di motor cepat rusak karena pakai gantungan yang berat. Seperti dompet STNK, apalagi ditambah beberapa anak kunci lainnya yang bukan cuma berat tapi memiliki permukaan yang kasar. Nah bagian itu yang dapat mempercepat proses kerusakan mata kunci juga bodi motor,” wanti Agus Sunarya, specialis revisi dan pembuat mata kunci bertitel Anugrah, terutama pada kunci kendaraan motor pada umumnya.

Lanjut Agus, memasang gantungan kunci yang berat dan berlebihan juga bisa merusak penampilan motor. Hal ini terjadi karena adanya gesekan terus-menerus antara bodi motor dengan gantungan kunci ketika motor jalan, terlebih jika gantungan kunci terbuat dari besi.

Kurangi beban gantungan kunci

Gantungan Kunci Lebih Ringan Lebih Baik

Nah, agar kunci kontak serta bodi motor tidak cepat rusak, saran Agus sebaiknya gunakan gantungan kunci yang ringan dan terpisah dengan kunci lainnya. “Menggunakan gantungan yang ringan juga untuk mencegah keausan pada komponen kerja kunci itu sendiri,” imbuh pria yang buka gerai di ruko Fortuna dibilangan Moh. Khafi I, Jakarta Selatan.

Suzuki Address Playful

*DP mulai dari

Lanjut Agus, aus atau terkikis yang muncul pada rumah atau anak kunci, tentu berpotensi menyulitkan dan membuat kurangnya tingkat keamanan. Maka enggak pingin kan tiba-tiba kunci motor sulit digunakan gara-gara komponennya aus akibat gantungan yang berlebihan. Makanya, mulai saat ini Moladiners harus lebih bijak dalam memilih gantungan kunci. Meskipun gantungan kunci yang akan dipakai memang barang favorit. Tapi tetap pilih  mata kunci yang aman dan tidak berisiko merusak bagian bodi motor.

Baiknya sih pilih gantungan yang ringan dan tidak memiliki permukaan yang kasar. Pilih juga yang berbahan karet, plastik atau kain. Dan jangan pilih berbahan besi atau alumunium. Selain berat, biasanya material macam ini permukaannya kasar, wanti pria asli Subang, Jawa Barat.

Nah, mulai saat ini Moladiners harus bisa mengurangi beban gantungan kunci supaya motor kita lebih awet. Kan lebih enak juga kalau menyimpan kunci di kantong tidak terlalu penuh.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *