Ubahan Signifikan Bikin Honda CB500X 2019 Mantap Diajak Berpetualang

Jika Moladiners hobi bertualang, tidak salah jika Honda CB500X jadi salah satu pilihan yang tepat. Meskipun beberapa rivalnya juga menawarkan sesuatu yang tak kalah menarik. Akan tetapi, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen motor berlogo ‘kepak sayap’ itu mengklaim produknya didesain untuk membuat pengendaranya nyaman saat lakukan perjalanan jauh.

Didukung penggunaan stang lebar, suspensi depan jenjang, ground clearance cukup tinggi dengan windshield sebagai ciri khasnya. Apalagi Honda CB500X yang baru diperkenalkan awal 2019 lalu, merupakan salah satu motor gede Honda yang mendapatkan ubahan tampilan cukup signifikan. Tentu jika dibandingkan dengan produk pendahulunya.

Dengan adanya ubahan tersebut, motor yang dihargai Rp 147 jutaan itu nampak semakin mumpuni untuk melibas jalan-jalan off-road. Bahkan menurut desainernya, Honda CB500X versi terbaru dipercaya mampu memberikan kenyamanan ketika dipakai touring.

Mau tahu apa saja ubahan yang mencolok dari Honda CB500X, berikut penjabarannya.

Honda CB150R All New

*Angsuran mulai dari

Desain Windscreen CB500X 2019 Jadi Pembeda Generasi Terdahulu

Bicara desain, tampilan Honda CB500X 2019 enggak jauh beda dari generasi pendahulunya. Bisa dilihat pada bentuk tangki, shroud hingga bodi belakang yang masih mirip-mirip dengan versi pendahulunya.

Tapi jangan salah. Kalau diperhatikan lebih detail lagi, maka perbedaannya baru kelihatan. Paling mudah dideteksi adalah penerapan windscreen yang kini terlihat lebih tinggi dan lebar, sehingga bentuknya terlihat makin proporsional dengan dimensi motor secara keseluruhan.

windscreen CB500X
CB500X memiliki windscreen lebih lebar

Windscreen Honda CB500X 2019 ternyata juga bisa disetel 1 tingkat secara manual. Maka jika dipadu moncong bebek yang jadi ciri khas motor adventure/touring lebih ramping, otomatis mampu menahan angin lebih baik lagi.

Sementara di bagian buritan, perubahan justru ada pada bentuk knalpot yang terlihat lebih besar, dengan 2 buah lubang pembuangan. Konon katanya desain knalpot ini mampu membuat suara yang dihasilkan tidak terlalu bising di telinga.

Rider Berpostur 172 cm Nggak Perlu Khawatir Kakinya Jinjit

Honda CB500X yang memiliki postur 2.156 mm x 828 mm x 1.412 mm (PxLxT) dengan tinggi jok yaitu 834 mm, buat pengendara berpostur 172 cm nggak perlu khawatir kakinya menapak sempurna. Apalagi setang tapered hand lebar dipasangkan pada raiser yang tinggi, dijamin membuat tangan rider tetap rileks selama lakukan perjalanan jauh terlebih di trek off road.

CB500X
Pengendara dengan tinggi 172 cm bisa menapakkan kaki dengan nyaman

Pengendarapun dibuat semakin nyaman lantaran kaki depan adopsi suspensi teleskopik dengan fitur preload adjuster untuk pengaturan keras lembutnya. Suspensi depan dikawal pelek 19 inci yang dibungkus ban ukuran 110/80-19 dengan rem cakram 320 mm kaliper 2 piston.

Sementara suspensi belakang ditopang monosok dengan link, yang mana link-nya dibuat lebih panjang agar postur buritan bisa selaras dengan bagian depan. Dan demi keselamatan, motor ini didukung fitur ABS (Anti-Lock Braking System) pada kedua rodanya. Serta Fitur ESS (Emergency Stop Signal) alias lampu sein berkedip bersamaan dengan cepat ketika dipakai saat pengereman mendadak.

Fitur Assist & Slipper Clutch Maksimalkan Performa Honda CB500X

Honda CB500X yang dipersenjatai mesin 500 cc, 2 silinder segaris, DOHC dan pendingin cairan, memiliki output mencapai 49,6 Hp/8.500 rpm dengan torsi 44,6 Nm/6.50 rpm. Wajar jika motor turing ini dipercaya dapat melibas trek off road dengan jarak tempuh yang sangat jauh sekalipun.

Ban depan CB500X

Belum lagi pabrikan Jepang telah merevisi jalur intake dan exhaust serta setingan timig valve, yang dipercaya membuat putaran bawah sampai tengah lebih baik lagi. Bahkan kenyamanan motor saat diajak manuver lantaran motor ini sudah dibekali Assist & Slipper Clutch, yang dipercaya dapat membuat handel kopling lebih ringan, dan mengurangi efek engine brake berlebih.

Fitur di Panel Spidometer Mudahkan Saat Riding

Berkendara di alam bebas, buat motor tipe ini tentu perlu pencahayaan yang baik juga focus. Makanya seluruh penerangan Honda CB500X 2019 sudah dilengkapi full LED, baik lampu depan dan lampu belakang termasuk sein.

Honda CBR 150R All New

*Angsuran mulai dari

Kemudian pada panel instrumen, juga sudah full digital dengan tampilan negatif display yang semakin mudah dibaca. Bahkan pada panel spidometer tersedia menu lengkap seperti spidometer, takometer, odometer, trip A dan B, average fuel, gear position, jam digital, riding time hingga penunjuk sisa bahan bakar.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *