Adu Performa CBR150R dan Yamaha R15, Hebat Mana?

MoladinHonda dan Yamaha pabrikan motor Jepang yang punya market share besar di Indonesia. Pabrikan yang memiliki sentimen positif di masyarakat ini dikenal kerap saling adu kemampuan ciptakan produk baru dengan performa luar biasa lalu dilepas ke pasaran.

Beberapa produk dengan spesifikasi hampir sama dan dilepas di pasaran adalah Yamaha R15 dan Honda CBR150R. Dua produk ini diminati oleh masyarakat secara luas. Nah, kira-kira dari dua produk ini, mana saja yang paling baik performanya dan layak untuk dibeli?

 

Performa Mesin Gahar di Kelasnya

Mesin Yamaha YZF R15Yamaha R15 punya mesin yang mumpuni di kelasnya

Mesin Yamaha R15 mungkin tergolong kecil dibandingkan dengan motor sport sejenisnya. Meski demikian, dengan kapasitas 155cc sudah cukup untuk meningkatkan performa, khususnya untuk performa harian. Selain itu perpindahan gigi tidak akan terlalu kasar dan tetap nyaman selama berkendara.

Dengan kapasitas mesin sekitar 150cc, Honda CBR150R memang kalah tangguh dibandingkan kompetitor. Tarikannya juga kurang agresif dan melaju dengan cepat. Meski demikian, dengan kemampuan ini motor sport dari Honda justru nyaman untuk penggunaan harian di jalanan Indonesia.

 

Posisi Berkendara

Honda CBR150RPosisi duduk CBR150R lebih berani dibanding dengan kompetitor

Posisi duduk dan berkendara dari Honda CBR150R sedikit lebih berani dibandingkan dengan kompetitor. Posisinya dibuat lebih nyaman sehingga tubuh tidak mudah lelah khususnya di bagian punggung. Honda sengaja mendesain khusus motor sport ini untuk kebutuhan harian dan juga perjalanan jauh.

Yamaha menghadirkan motor yang sama seperti motor sport kebanyakan. Posisi duduk agak miring ke depan dan memicu nyeri di punggung. Penggunaan jangka pendek mungkin tidak menyebabkan masalah. Namun, untuk penggunaan jarak jauh, pinggang akan terasa sakit. Apalagi sering kena macet.

 

Honda CBR 150R All New

*Angsuran mulai dari

 

Handling saat Berkendara

Penggunaan frame deltabox pada motor Yamaha membuat distribusi berat berjalan dengan baik. Meski bentuknya besar khas seperti motor sport, Anda bisa mengendalikan bodi motor dengan baik. Dengan fungsi ini kemungkinan terjatuh karena beban yang besar tidak akan terjadi selama dipakai di jalanan.

Honda CBR juga memiliki handling yang cukup baik di jalanan. Bahkan, motor ini bisa dipakai untuk bermanuver dengan berbagai tingkat kecepatan. Saat sudah dikendarai, Anda bisa dengan mudah mengoperasikannya tanpa takut jatuh karena motor berat sebelah akibat pembagian berat yang salah.

 

Suspensi dan Pengereman

Suspensi Yamaha YZF R15Suspensi dari Yamaha R15 terbilang kurang

Suspensi dari Yamaha R15 cukup kasar dibandingkan jenis lain. Dengan suspensi yang agak kasar ini bantingan yang terjadi saat berkendara jadi sangat kuat dan kadang mengganggu. Pengereman motor ini cukup baik meski dilakukan saat posisi kecepatan tinggi. Dengan fitur pengereman yang baik ini Anda akan aman selama berkendara.

Dibandingkan dengan kompetitornya, Honda CBR memiliki suspensi yang sangat baik. Meski dipacu dengan kecepatan tinggi dan melalui jalanan yang sangat tidak stabil, goncangan yang terjadi pada tubuh tidak akan besar.  Teknologi pengereman pada Honda juga cukup baik apalagi untuk pengereman mendadak.

 

Punya Performa Mumpuni Tapi Konsumsi BBM Irit

Semua orang juga sudah tahu kalau motor sport sangat susah untuk bisa irit. Meski demikian, baik CBR150R atau R15 sama-sama memiliki teknologi untuk mengirit bahan bakar. Dengan penggunaan normal, sekitar 1 liter bahan bakar bisa digunakan sampai 40 km.

Dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit, kedua motor sport ini memang diciptakan untuk penggunaan harian. Motor ini bisa dipakai untuk ke mana pun meski jarak jauh sekali pun. Tidak mengherankan kalau banyak pengguna Honda atau Yamaha memakai motor ini untuk touring,

 

Fitur Unggulan

Ada beberapa teknologi yang disematkan pada Yamaha R15 agar terlihat lebih menarik. Desain lampu depan dan belakang menggunakan teknologi LED yang membuat tampilannya sporty dan aerodinamis. Selanjutnya ada pedometer multifungsi yang sudah dalam bentuk digital yang menampilkan semua info dengan jelas.

Honda CBR menggunakan Truss Diamond Frame yang memberikan rigidity dan fleksibilitas yang seimbang. Selanjutnya seat rail dan pivot plate yang dirancang khusus untuk membuat karakter lebih sporty.

 

Yamaha YZF-R15

*DP mulai dari

 

Ada Harga, Ada Performa

Dua motor ini memiliki harga yang hampir sama untuk tunainya. Selisihnya tidak hanya beberapa juga saja. Honda CBR dibanderol sekitar Rp 36 juta. Sementara itu untuk Yamaha R15 dibanderol Rp 40 juta.

Dari beberapa ulasan di atas terlihat dengan sangat jelas kalau dua motor ini sama-sama memiliki nilai plus dan minus. Lalu mana yang terbaik? Keduanya sama-sama berkualitas dan sulit untuk membuat kesimpulan. Beli motor yang sesuai dengan keinginan dilihat dari performa dan fitur yang berikan.

Kalau Anda berminat untuk membeli salah satu dari motor di atas baik secara tunai atau kredit dengan mudah, coba lakukan di Moladin. Proses pembelian dan kredit di sini berjalan dengan mudah dan motor yang Anda impikan akan segera sampai di depan rumah. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *