Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru 2023, dari HP!

by Baghendra Lodra
cara cek pajak kendaraan jakarta - aplikasi jaki

Membayar pajak kendaraan bermotor adalah hal yang wajib bagi seluruh pemilik kendaraan seperti motor dan mobil. Untuk masyarakat Ibu Kota, pastikan kamu sudah tahu cara cek pajak kendaraan Jakarta yang benar dan praktis agar memudahkan proses wajib pajak kamu yaitu dengan layanan online 2023.

Ada beberapa cara yang bisa masyarakat Jakarta pilih untuk cek besaran pajak kendaraan plat B selain mengunjungi kantor SAMSAT. Misalnya di tahun 2023 ini, cara online bisa digunakan lewat aplikasi smartphone JAKI (Jakarta Kini), website resmi https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ dan https://pajakonline.jakarta.go.id/, hingga SMS.

Kemudian kalau mau cek pajak kendaraan Jakarta online tanpa NIK, bisa menggunakan panggilan USSD dengan mengetik *368*1# di HP. Mudah bukan?

Langkah-langkah tersebut, bisa diterapkan untuk kamu yang memiliki kendaraan di Jakarta atau memiliki kendaraan dari Jakarta dan sedang berdomisili di daerah lain. Yuk intip penjelasan cara-cara cek pajak kendaraan bermotor Jakarta terbaru berikut ini beserta cara bayar pajak kendaraan yang bisa kamu ikuti.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Jakarta Terbaru

cara cek pajak kendaraan jakarta

Syarat bayar pajak kendaraan di DKI Jakarta

Ada beberapa perbedaan jika kamu bayar pajak kendaraan Jakarta secara online 2023, dengan pembayaran di kantor SAMSAT langsung. Kalau online, tentunya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Khusus warga Jakarta, bisa pakai aplikasi JAKI.

Lalu syarat yang dibutuhkan lebih sederhana untuk bayar pajak kendaraan Jakarta secara online. Misalnya saja cuma butuh:

  1. Nomor polisi atau plat nomor
  2. Nomor seri atau rangka kendaraan
  3. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilik kendaraan

Sementara kalau kamu mau bayar pajak mobil dan motor di kantor SAMSAT Jakarta, butuh persyaratan yang lebih banyak. Sebut saja:

  1. Kartu KTP pemilik kendaraan asli dan salinan fotokopi-nya
  2. Berkas BPKB asli dan salinan fotokopi-nya
  3. Kartu STNK asli dan salinan fotokopi-nya

Kamu bisa melakukan pembayaran dan pengecekan pajak jika tagihan kamu belum terlambat melebihi 12 bulan. Jika kamu sudah terlambat membayar tagihan lebih dari 1 tahun, kamu perlu mendatangi SAMSAT agar tagihan tidak terblokir. 

7 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru 2023

cara cek pajak kendaraan dki jakarta - aplikasi jaki

Aplikasi Jaki khusus untuk warga Jakarta, bisa cek dan bayar pajak kendaraan

Sebelum bayar pajak, kamu bisa ketahui cara cek pajak kendaraan bermotor Jakarta via online. Tentu ini lebih mudah diakses oleh masyarakat. Cara ini disediakan untuk memudahkan siapapun mengakses tagihan dan membayar pajak meskipun tidak berada di kota Jakarta sekalipun. Tidak perlu menggunakan semuanya, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa cara berikut ini:

1. Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Jakarta melalui SMS dari HP, Bisa Tanpa NIK

Layanan satu ini tidak membutuhkan koneksi internet dan hanya menggunakan smartphone atau hp. Kamu bisa menghubungi layanan SAMSAT melalui SMS dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

  1. Ketik Info[spasi]kode nomor polisi daerah/nomor seri/kombinasi huruf terakhir pada plat nomor[spasi]warna kendaraan. Contohnya : Info B/4564/ZF Hitam
  2. Kirim ke 08112119211 
  3. Tunggu hingga kamu mendapatkan SMS balasan
  4. SMS balasan berisikan informasi identitas kendaraan, nominal tagihan pajak kendaraaan, dan kode bayar untuk tahap pembayaran selanjutnya. 
Baca juga  Bayar dan Cek Pajak Kendaraan Jogja 2023, Online Pakai HP!

Setelah mendapatkan besaran pajak mobil dan motor plat B kamu, bisa juga langsung melakukan pembayaran. Kode bayar yang ada wajib disimpan, kemudian pilih metode pembayaran sesuai yang kamu punya. Jika sudah terbayarkan, nantinya akan ada SMS yang berisikan tautan untuk mengunduh tanda bukti elektronik.

2. Melalui Kode USSD di HP, Bisa Cek Pajak Kendaraan DKI Jakarta

cek pajak kendaraan jakarta online - lewat hp

Panggilan USSD di HP untuk Cek pajak mobil dan motor Jakarta

Cara selanjutnya untuk cek pajak kendaraan Jakarta secara online adalah lewat panggilan kode USSD (unstructures supplementary service data) di HP. Kamu cukup ketik *368*1# dan tekan tombol panggilan, kemudian pilih menu yang diinginkan. Menariknya lagi, cara ini tidak membutuhkan nomor induk kependudukan (NIK) untuk mendapat informasi soal pajak mobil dan motor.

Supaya kamu tidak bingung, berikut cara cek pajak kendaraan DKI Jakarta terbaru dengan menggunakan kode USSD di smartphone:

  1. Tekan *368*1# dari ponsel.
  2. Ketik angka 1 (Polda Metro Jaya).
  3. Lalu tampil sejumlah menu layanan informasi, ketik angka 2 (Info Pajak Ranmor).
  4. Setelah itu masukkan nomor kendaraan kamu dengan lengkap tanpa menggunakan spasi, contoh B1800URR.
  5. Jika sudah, klik Kirimkan, maka kamu akan mendapat informasi detail kendaraan dan pajaknya.

3. Cek Pajak Kendaraan Jakarta melalui Website Resmi Samsat-pkb2.jakarta.go.id

cek pajak kendaraan jakarta 2023 - online lewat website

Website samsat-pkb2.jakarta.go.id bisa untuk cek pajak mobil dan motor di Jakarta

Salah satu cara cek pajak kendaraan bermotor Jakarta bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi yang telah tersedia. Pastikan kamu sudah mengetahui langkah-langkahnya berikut ini. 

  1. Kunjungi situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  2. Masukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan
  3. Ketikkan NIK pemilik kendaraan bermotor tersebut
  4. Klik Saya bukan robot, kemudian tekan tombol Cari
  5. Kamu akan mendapatkan informasi identitas kendaraan beserta rincian biaya-biaya yang harus dibayarkan dengan penjelasan PKB pokok, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, biaya parkir langganan, PNBP STNK, PNBP TNKB, tanggal pajak, tanggal STNK dan total tagihan pajak kendaraan yang harus dibayarkan. 

4. Cek Pajak Kendaraan Jakarta melalui Situs e-Samsat

Selanjutnya kamu bisa mengetahui tagihan pajak kendaraan bermotor di situs bernama e-samsat. Ikuti cara berikut untuk menggunakannya. 

  1. Kunjungi halaman https://e-samsat.id/dki-jakarta/
  2. Pilih kode plat kendaraan
  3. Masukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan 
  4. Masukkan nomor seri
  5. Ketikkan 5 digit angka terakhir di nomor mesin
  6. Pilih provinsi
  7. Tekan Cek Sekarang
  8. Akan tampil informasi kendaraan beserta besaran tagihan pajak kendaraan yang harus kamu bayar beserta PKB pokok, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, biaya parkir langganan.

Situs e-samsat ini hanya bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan pajak kendaraan bermotor secara online saja. Untuk melakukan pembayaran tagihan pajak, kamu perlu menggunakan cara lain seperti memakai aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional yang akan kami jelaskan pada bagian akhir. 

5. Cek Pajak Kendaraan Jakarta melalui Aplikasi JAKI

Pemerintah DKI Jakarta sudah menyediakan aplikasi resmi untuk memudahkan warga Jakarta dalam membayar wajib pajak. Aplikasi untuk bayar pajak kendaraan Jakarta itu bernama JAKI (Jakarta Kini) yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Baca juga  Cek Pajak Mobil Alphard, dari yang Lama Hingga Terbaru

Simak cara cek pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi JAKI dengan cara di bawah ini. 

  1. Install aplikasi JAKI di App Store atau Play Store
  2. Jika belum memiliki akun, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu
  3. Setelah mendaftarkan diri, segera login
  4. Masuk ke menu Lainnya
  5. Pilih JAKPENDA
  6. Kemudian pilih menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
  7. Ketikkan nomor polisi atau plat nomor
  8. Tekan tombol Cek Pajak
  9. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi lengkap mengenai tagihan pajak kendaraan bermotor Jakarta yang berisi identitas kendaraan,i rincian PKB pokok, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, biaya parkir langganan, PNBP STNK, PNBP TNKB, tanggal pajak, tanggal STNK dan total tagihan pajak kendaraan yang harus dibayarkan. 

6. Aplikasi SIGNAL Bisa untuk Cek dan Bayar Pajak Kendaraan DKI Jakarta

cara cek pajak kendaraan jakarta - aplikasi signal

Lewat aplikasi Signal, kamu juga bisa bayar pajak kendaraan baik mobil dan motor

Tidak hanya menggunakan aplikasi JAKI, tersedia juga aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional. Aplikasi ini bisa dipakai untuk cek tagihan pajak kendaraan online Jakarta maupun dari daerah lainnya di seluruh Indonesia. Selain untuk mengecek, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. 

Ikuti langkah berikut ini untuk melakukannya: 

  1. Unduh aplikasi SIGNAL-SAMSAT Digital Nasional di Play Store atau App Store
  2. Masuk ke aplikasi dan pilih menu pendaftaran
  3. Masukkan plat nomor kendaraan dan klik “Lanjut”
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman rincian tagihan pajak dengan identitas kendaraan
  5. Kemudian, kamu bisa tekan “Lanjut” dan “Lanjut Proses Pembayaran”
  6. Salin kode pembayaran dan lakukan pelunasan di beberapa media yang mendukung pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. 
  7. Cek status pembayaran untuk mengetahui apakah proses pembayaran sudah selesai
  8. Jika selesai, kamu akan mendapatkan tanda bukti pembayaran yang sah 

Untuk saat ini ada beberapa metode pembayaran yang mendukung pelunasan tagihan pajak kendaraan bermotor dari SIGNAL. Di antaranya ada Bank BRI, BNI, BTN, BCA, Danamon, dan Bank DKI. 

Tanda bukti pembayaran yang kamu terima bisa kamu cetak secara mandiri sesuai ukuran asli file tersebut. Selanjutnya, jika kamu ingin melakukan pengesahan bisa mengunjungi kantor SAMSAT terdekat.

7. Cek dan Bayar Pajak Mobil dan Motor Plat B Lewat Situs pajakonline.jakarta.go.id

cek dan bayar pajak kendaraan jakarta online 2023

Bisa bayar pajak mobil dan motor plat B di situs Bapenda DKI Jakarta

Bila kamu punya kendaraan plat B, bisa cek dan bayar pajak mobil dan motor lewat situs pajaknline.jakarta.go.id. Ini merupakan laman resmi yang dimiliki oleh Bapenda DKI Jakarta. Selain memiliki layanan tentang pajak kendaraan, ada juga pajak reklami, bumi dan bangunan dan lain-lain.

Langkah-langkah untuk cek dan bayar pajak kendaraan Jakarta secara online 2023, lewat situs Pajak Online Jakarta adalah:

  • Buka situs https://pajakonline.jakarta.go.id/.
  • Registrasi menggunakan NIK atau NPWP, dan alamat email
  • Tunggu email aktivasi dari Pajak Online Jakarta
  • Setelah itu login untuk bisa mengetahui besaran pajak mobil atau motor plat B kamu
  • Objek pajak yang sudah terbayar akan otomatis muncul sesuai dengan database BPRD Jakarta yang terisi NIK/NPWP Wajib Pajak
  • Proses pembayaran pajak online untuk kendaraan Plat B bisa dilakukan lewat berbagai macam Bank, bisa melalui teller, ATM, dan internet banking
Baca juga  Cara Menghitung Pajak Mobil Xpander, Tahunan dan 5 Tahunan!

Itulah penjelasan bagaimana cara cek dan bayar pajak kendaraan Jakarta online yang bisa kamu coba. Pastikan kalau kamu membayar tepat waktu dan tidak terlambat 12 bulan dari tanggal jatuh tempo. Karena jika itu terjadi, kamu perlu mengurusnya langsung ke SAMSAT dan tidak memenuhi syarat pajak kendaraan. 

Tempat Bayar Pajak Kendaan di Jakarta, SAMSAT Terdekat

cek dan bayar pajak kendaraan jakarta terbaru 2023 - samsat

Ilustrasi Samsat outlet

Bila kamu mengalami kesulitan dengan cara online, bayar pajak kendaraan di Jakarta 2023 juga bisa secara offline. Datang langsung ke Samsat terdekat untuk dapat pelayanan membayar pajak mobil dan motor tahunan. Ini bisa dilkaukan baik di Samsat keliling, gerai samsat, samsat corner, samsat drive thru, hingga samsat payment point, dan oultet layanan samsat lainnya.

Hanya saja untuk layanan bayar pajak 5 tahunan, harus lewat kantor Samsat Induk. Berikut ini daftar lokasi Kantor Samsat induk dan gerai di DKI Jakarta untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor:

Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat

  • Alamat: Kantor Bersama Samsat, Jalan Gunung Sahari No 13, Pademangan, Jakarta Utara.
  • Jam buka: Senin-Sabtu, Pukul 08.00 WIB -15.00 WIB
  • Nomor telepon: 021-3865580 – 3865585

Jika samsat induk Jakarta Utara dan Jakarta Pusat terlalu jauh, kamu bisa datng ke gerai samsat terdekat:

  • Gerai Samsat ITC Roxy
  • Gerai ITC Cempaka Mas
  • Gerai Samsat Kantor Kecamatan Kemayoran
  • Gerai Samsat Grand Indonesia
  • Gerai Samsat Trade Mall Koja
  • Gerai Samsat Kantor UPPPD Kecamatan Penjaringan
  • Gerai Samsat Pluit Village
  • Gerai Samsat Pasar Pagi Mangga Dua

Samsat Jakarta Selatan

  • Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • Jam buka: Pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB

Gerai Samsat di Jakarta selatan juga ada banyak, bisa pula melakukan pembayaran pajak mobil dan motor tahunan di sana:

  • Gerai Samsat Mall Pelayanan Publik
  • Gerai Samsat Blok M Square
  • Gerai Samsat Mall Gandaria City
  • Gerai Samsat Kantor Kecamatan Pasar Minggu
  • Gerai Samsat Mall Metro Kebayoran
  • Gerai Samsat ITC Kuningan
  • Gerai Samsat Cikokol
  • Gerai Samsat Cinere

Samsat Jakarta Barat

  • Alamat: Jalan Daan Mogot KM 13, Cengkareng, Jakarta Barat
  • Jam buka: Senin-Sabtu, Pukul 08.00 WIB -15.00 WIB
  • No Telp: (021) 5442301

Kalau mau ke gerai Samsat terdekat juga boleh untuk bayar pajak kendaraan tahunan untuk warga Jakarta Barat, berikut lokasinya:

  • Gerai Samsat Kantor UPPPD Kecamatan Kebon Jeruk
  • Gerai Samsat Lippo Mall Puri
  • Gerai Samsat Mall Taman Palem

Samsat Jakarta Timur

  • Alamat: Jalan DI Panjaitan Kav 55 Jatinegara, Jakarta Timur 13410.
  • Jam buka: Senin-Sabtu, Pukul 08.00 WIB -15.00 WIB

Ada pula berbagai gerai Samsat Jakarta Timur yang bisa kamu kunjungi untuk bayar pajak tahunan mobil dan motor:

  • Gerai Samsat Kantor Kecamatan Pulo Gadung 
  • Gerai Samsat Mall Grand Cakung
  • Gerai Samsat Mall Taman Mini Square
  • Gerai Samsat Mall AEON Jakarta Garden City
  • Gerai Samsat PGC Cililitan

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, jangan lewatkan juga informasi terkait otomotif lainnya di Moladin. Tidak hanya menjadi platform fintech otomotif di Indonesia, kami juga menyediakan video menarik yang ada di Youtube official Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja! 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika