Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Chery Omoda 5 EV Mulai Dirakit di Indonesia, Target Ekspor ASEAN

by Tigor Sihombing
Chery OMODA e5

Chery Indonesia mengumumkan persiapan Chery Omoda 5 EV akan diproduksi di Tanah Air mulai Desember 2023.

Produksi Chery Omoda 5 EV akan dilakukan di pabrik CKD Chery di Indonesia, bekerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM), yang berada di Pondok Ungu, Bekasi Barat, Jawa Barat.

Kesiapan produksi Chery Omoda 5 EV ini disampaikan oleh Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Menteri Ali Murtopo, dan Staf Ahli Menteri Putu Suryawan pada pertemuan bilateral yang dilaksanakan pada 27 November 2023 yang lalu.

“Kesiapan produksi perdana Chery Omoda 5 EV ini kami sampaikan secara langsung kepada pemerintah sebagai bentuk update dari komitmen kami untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,”ujar Qu Jizong.

Dengan kesiapan produksi ini, artinya Chery Sales Indonesia juga sudah siap untuk memenuhi jumlah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan pemerintah.

Untuk itu, Chery akan bekerja sama dengan beberapa mitra lokal yang berkompeten untuk memproduksi berbagai macam komponen kendaraan listrik di Indonesia. Kemitraan ini juga merupakan cara Chery untuk mendukung perekonomian dalam negeri pada sektor otomotif.

Baca juga  Penjualan Chery Catat Pertumbuhan Signifikan di Pasar Global dan Indonesia

Prediksi Harga OMODA 5 EV Rp600-700 juta

OMODA 5 EV

Pertemuan Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) dan Yin Tongyue (Chairman Chery Automobile) terkait rencana produksi lokal pertama kendaraan listrik Chery

Chery Omoda 5 EV merupakan mobil listrik yang dilengkapi dengan berbagai teknologi terkini, termasuk powertrain listrik yang efisien, baterai berkapasitas besar, dan fitur keselamatan yang canggih.

Chery Omoda 5 EV diyakini akan menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen Indonesia yang mencari kendaraan listrik yang berkualitas dan ramah lingkungan.

“Kami percaya bahwa dengan berinvestasi pada teknologi kendaraan listrik dengan lokalisasi komponen, Chery dapat berkontribusi dalam membentuk masa depan industri otomotif di Indonesia,” tambah Qu Jizong.

Chery Omoda 5 EV diperkenalkan pertama kali di gelaran GIIAS 2023. Meski belum memiliki harga secara resmi Omoda 5 EV sudah mendapatkan sekitar 400 unit pesanan.

Shawn Xu, waktu masih menjabat Presiden PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, di China pada Oktober 2023 lalu, mengatakan pada Moladin jika Chery Omoda bakal di jual dengan harga kisaran Rp600 – 700 juta.

Baca juga  Harga Chery Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro, Tembus Rp 500 Juta!

Harga tersebut tentunya cukup kompetitif bersaing dengan Hyundai Ioniq 5 di Indonesia.

Secara performa baterai Omoda 5 EV menggunakan kapasitas 61 kwh yang bisa menghasilkan tenaga 224 PS. Kemampuan akselerasinya dari 0-100 km/jam sekitar 7,8 detik.

Kemudian untuk jarak tempuh dalam kondisi baterai penuh mencapai 450 Km. Soal kemampuan cas baterai, Omoda 5 EV ini cukup 35 menit hingga 80 persen.

Bandingkan saja dengan kompetitor seperti Nissan Leaf yang jarak tempuh baterainya cuma 378 Km, MG 4 EV 425 Km, Hyundai Ioniq 5 384-481 Km (tergantung varian), dan Toyota bZ4X 500 Km.

Tidak hanya itu, OMODA 5 EV rakitan Indonesia juga jadi salah satu target dari Chery yang akan diekspor ke sejumlah negara di ASEAN.

“Dengan lokalisasi 40%, Chery berharap produk-produk yang dirakit di Indonesia termasuk Omoda 5 EV)dapat juga diekspor ke beberapa negara, terutama di ASEAN,” tutup Shawn Xu.

Demikian ulasan terkait Chery Omoda 5 EV yang akan di rakit di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Luna Maya Beli Mobil Cina di IIMS 2023, Chery Omoda 5!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika