Sabtu, Maret 2, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Chery Omoda 5 Z Vs RZ 2023, Bedanya Signifikan!

by Firdaus Ali
Kekurangan Chery Omoda 5

Berikut kami ulas mengenai perbedaan Chery Omoda 5 Z vs RZ yang meluncur di event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Ini penting untuk kamu ketahui, terutama ketika ingin membeli mobil SUV merek Cina tersebut.

Baik Chery Omoda 5 Z dan RZ model 2023, keduanya adalah mobil Sport Utility vehicle (SUV) yang mempunyai tampilan futuristik serta didukung dengan fitur yang modern. Mengusung filosofi “Art in Motion,” Omoda 5 menggambarkan sebuah keindahan dalam gerak. Sehingga dapat memberikan kepuasan berkendara melalui teknologi canggih yang berpadu dengan desain yang futuristik.

Kemudian soal mesin juga istimewa, pakai 1.500 cc turbo yang bisa menghasilkan torsi 230 Nm dan tenaga 145 hp. Transmisinya menggunakan CVT with electronic shifter dengan simulasi 9-percepatan.

“Omoda 5 tampil sangat futuristik dengan desain yang memukau dan teknologi terdepan. Sehingga, sangat pantas untuk menjadi penantang tangguh pada segmen SUV Crossover Premium. Omoda 5 menjadi sebuah bukti bahwa desain yang indah juga bisa menjadi sangat fungsional,” ujar Shawn Xu, President PT Chery Sales Indonesia.

Chery Omoda 5 varian Z dan RZ memang sekilas mirip jika dilihat dari tampilan eksteriornya. Namun begitu, jika menelisik lebih dalam keduanya, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Nah, sebelum membahas lebih jauh perbedaan Chery Omoda 5 Z vs RZ 2023, mari kita simak terlebih dahulu persamaanya.

Persamaan Chery Omoda 5 Z dan RZ

Chery Omoda 5 Z vs RZ

Ada beberapa kesamaan pada tampilan dan fitur interior

Ada beberapa persamaan diantara kedua varian Chery Omoda Z dan RZ 2023. Pertama adalah desain eksteriornya futuristik. Menghadirkan padupadan LED headlamp yang sipit dan motif grille depan tanpa frame sebagai gambaran parallel universe yang tanpa batas.

Ditambah lagi, ada potongan diamond sebagai gambaran dari individu yang berada dalam tiap dunia paralel. Tidak ketinggalan hadir LED DRL. Omoda 5 juga memiliki lekukan garis yang fleksibel namun tegas.

Baca juga  Harga dan Spesifikasi Chery Omoda 5 EV 2023, Sudah Bisa Dipesan!

Kemudian, pada bagian belakangnya, hadir dengan gaya yang futuristik dan elegan. Hal itu berkat desain pipih pada lampu yang dikombinasikan dengan lekukan pintu bagasi yang agresif serta adanya dua lubang pipa knalpot berbentuk trapesium dan spoiler.

Chery Omoda 5 varian RZ dan ZS juga mengadopsi velg alloy berkelir hitam dengan ukuran 18 inch. Kemudian bannya pakaiprofil 215/56 R18 untuk mendukung estetika desain futuristiknya. Tak hanya itu saja, dimensi dari keduanya juga ternyata sama. Yaitu mempunyai panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.585 mm dan wheelbase 2.630 mm.

Selanjutnya, kedua varian Chery Omoda 5 juga sudah dilengkapi dengan head unit touchscreen berukuran 10.25 inchi yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta pendukung fitur mobil. Pun begitu juga dengan panel cluster digital berukuran 10.25 inchi, dan electronic sunroof yang sudah tersedia di kedua varian Omoda 5.

Bagian interior lain yang mempunyai kesamaan yaitu adanya Front Armrest with Cooling Storage, Dynamic Multi Color Ambient Light, Leather Steering, Remote Window Operation, Engine Start with Cooling Activation, USB port + Type C Charging di bagian depan, serta USB port dan power outlet model Trunk untuk bangku baris kedua.

Untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang, Omoda 5 Z dan RZ juga sudah dilengkapi dengan Dual Zone AC Control, Rear View Camera with Dynamic Guides, All Door with Auto Power Window, Keyless Entry + Vehicle Body Anti-theft, Air Filter, dan juga Wireless Charging.

Fitur Keselamatan Chery Omoda 5 Lengkap dengan ADAS

Sementara itu untuk fitur keselamatan juga ada persamaan pada kedua varian Omoda 5 2023. Ada fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist System (BAS) + Brake Priority System (BOS), Electronic Stability Program (ESP) + Traction Control (TCS), Hill-start Assist Control (HAC) & Hill Descent Control (HDC), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Auto Central Locking Door.

Baca juga  Chery Tantang Jurnalis dari 40 Negara Buktikan Keseriusan Produknya

Tak hanya itu, ada pula fitur ADAS (Advanced Driving Assistant) pada Omoda 5 Z dan RZ yang meliputi fitur Lane Departure Warning (LDW), Blind-Spot Detection (BSD), Emergency Lane Keeping (ELK), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Front Collision Warning (FCW) with Vehicle Indentification, Autonomous Emergency Braking (AEB), Intelligent High-Beam Control Headlamp (IHC), Traffic Sign Recognition (TSR), Car Lead Departure Sign (CLDS), serta Integrated Cruise Assist (ICA).

Bagaimana, lengkap dan modern bukan? Namun begitu, meski banyak persamaan mulai dari desain eksterior, kelengkapan fitur, kabin interior, dan mesin, ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Berikut ulasannya:

Daftar 4 Perbedaan Chery Omoda R dan RZ

1. Warna Dual Tone & Ada Strip Merah di Omoda 5 RZ

Chery Omoda 5 Z vs RZ

Warna Omoda RZ dual tone dan ada strip merah

Perbedaan pertama Chery Omoda 5 Z vs RZ adalah dari pilihan warnanya. Untuk Omoda 5 RZ yang juga sebagai flagshipnya, terdapat pilihan warna dual tone, yaitu kombinasi White (warna putih pada bagian body) dan Howlife Black (warna hitam pada bagian atapnya. Kemudian hadir pula aksen garis merah di bagian samping bawah, rumah spion, dan velg.

Sementara itu, untuk Chery Omoda 5 Z 2023 tersedia pilihan warna eksterior yang monotone: grey morganite, black platinum, dan blue turquoise, dan white howlite black. Sebenarnya opsi tersebut juga dipunya oleh varian RZ, namun dengan berbagai aksen tambahan seperit yang sudah disebutkan di atas.

2. Omoda 5 Z Tidak Ada Kamera 360

Chery Omoda 5 Z vs RZ

Contoh hasil kamera 360 di headunit

Perbedaan Chery Omoda 5 Z vs RZ selanjutnya adalah pada bagian kelengkapan fitur. Yup, meski kedua varian tersebut sudah dilengkapi fitur canggih ADAS, namun untuk Omoda 5 varian Z belum dilengkapi dengan kamera 360.

Baca juga  Kenyamanan Interior Chery Tiggo 7 Pro, Creta dan HR-V Lewat!

Sebagai informasi, kamera 360 di mobil berfungsi untuk membantu pengemudi melihat sekitar mobil saat melewati jalan sempit atau sedang parkir. Alhasil, dengan adanya kamera 360 di mobil maka akan memperkecil kemungkinan mobil bersenggolan dengan kendaraan lain atau menabrak saat parkir dan belok.

3. Fitur Interior Omoda RZ Lebih Lengkap

Chery Omoda 5 Z vs RZ

Interior Omoda RZ dilengkapi sunroof

Perbedaan Chery Omoda 5 Z vs RZ selanjutnya adalah pada kelengkapan fitur kabin interior. Meski sudah disebutkan banyak persamaan di antara keduanya, nyatanya jika ditelisik lebih jauh, ada beberapa fitur yang ada di Omoda 5 RZ dipangkas alias tidak ada di Omoda varian Z. Diantaranya yaitu:

  • Door Mirror Heating
  • Driver Seat 6 Way Power Adjusment
  • HMA Lamp Automatic Control
  • Sewuential LED Turning Light
  • Auto Dimming Rear View Mirror
  • Front Row Ventilated Seats
  • Dual Color Rim with Red Strips
  • Lighting Effect of Ceremonial Exterior Decoration
  • Open Door Light
  • Power Tailgate
  • Power Sunroof
  • Acoustic Glass
  • Sunvisor with Illuminant
  • Intelligent Voice Assistant

4. Harga Omoda 5 Z Lebih Murah

Chery Omoda 5 Z vs RZ

Tampilan velg Chery Omoda 5 Z lebih polos dengan pelek hitam tanpa aksen merah

Membahas perbedaan Chery Omoda 5 Z vs RZ tentu kurang menarik tanpa mengulas harga jualnya. Pihak Chery Indonesia mematok harga pre order untuk Omoda 5 varian Z Rp 328 juta. Lebih murah Rp 70 jutaan bila dibanding Omoda 5 varian RZ yang dijual Rp 398 juta.

Banderol tersebut sangatlah terjangkau bila dibanding kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta. Apalagi Chery memberi Omoda 5 mesin 1.500 cc turbo yang performanya mengungguli para rival.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa perbedaan Chery Omoda 5 Z vs RZ. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.  

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika