oleh

5 Ciri Kampas Rem Mobil Habis, Wajib Ganti Baru!

Buat setiap pemilik kendaraan roda empat, wajib hukumnya mengetahui ciri kampas rem mobil habis. Mengingat rem merupakan komponen yang sangat penting menunjang keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

Meski saat ini teknologi sistem pengereman semakin berkembang, berkat hadirnya sejumlah teknologi terbaru seperti ABS, EBD, BA. Namun tidak berpengaruh dalam cara mengetahui kampas rem mobil habis.

Indikasi kampas rem mobil, masih terbilang sama seperti dulu. Kamu bisa mengetahuinya dari suara berdecit, getaran pedal saat rem diinjak, pedal harus ditekan dalam, rem tidak pakem, hingga volume minyak rem berkurang. 

Apabila kampas rem mobil habis dan dibiarkan secara terus menerus. Dampaknya cukup beragam, tentu salah satunya mengakibatkan komponen lain mengalami kerusakan dan juga dapat berakibat fatal ketika berkendara.

Jika hal tersebut terjadi, tentunya ongkos perbaikan bakal lebih mahal. Bukan tidak mungkin nyawa pun dapat melayang, gara-gara kamu tidak perhatian terhadap kampas rem mobil.

Bagi kalian yang ingin mengetahui ciri kampas rem mobil habis secara detail, berikut ini Moladin akan memberikan gambarannya:

1. Ciri Kampas Rem Mobil Habis, Terdengar Suara Berdecit

Ciri kampas rem mobil habis, biasanya timbul suara berdecit
Ciri kampas rem mobil habis, biasanya timbul suara berdecit

Salah satu ciri kampas rem mobil habis yang paling sering terjadi adalah munculnya suara berdecit saat pedal rem diinjak. Suara itu muncul akibat gesekan logam atau besi kampas rem.

Baca juga  Mengenal Fungsi Gardan Mobil dan Cara Merawatnya

Penyebabnya kampas rem yang sudah habis biasanya hanya meninggalkan bagian besi saja. Apabila hal ini terjadi, maka sistem pengereman tidak lagi terkena kampas, melainkan bagian besi yang saling bergesekan dengan piringan cakram ataupun tromol.

Itulah yang jadi penyebab munculnya suara berdecit timbul saat pedal rem diinjak.

2. Merasakan Getaran Saat Pedal Rem Diinjak

Gejala kampas rem mobil habis
Gejala kampas rem mobil habis

Gejala kedua membahas ciri kampas rem mobil habis. Biasanya pengemudi akan mengalami rem terasa bergetar ketika diinjak.

Hal ini pertanda bahwa kampas rem kendaraan kalian mulai habis sehingga permukaannya jadi tak lagi rata. Hingga akhirnya menyebabkan piringan cakram rem tidak dapat mencengkram dengan sempurna.

Alhasil mengakibatkan timbulnya getaran yang dapat kalian rasakan ketika pedal rem diinjak. Umumnya, getaran pun tidak hanya terasa saat pedal rem diinjak, namun dapat mengakibatkan setir mobil jadi terasa turut bergetar.

Tentunya ketika hal ini terjadi tidak akan membuat pengemudi nyaman saat berkendara.

3. Pedal Rem Harus Ditekan Mendalam

Masalah kopling mobil bunyi
Menekan pedal lebih dalam, jadi ciri kampas rem mobil habis

Membahas lebih dalam mengenai ciri kampas rem mobil habis. Biasanya membuat pengemudi harus menekan pedal rem lebih dalam.

Baca juga  6 Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek

Tujuannya agar sistem pengereman dapat lebih maksimal. Kondisi ini biasanya terjadi saat rem tromol yang digunakan di roda belakang habis.

Penyebabnya karena rem tromol memiliki pegas pengembali. Jadi sejauh apa pun piston mobil bergerak, pasti akan kembali ke posisi semula secara otomatis.

Jika kampas rem masih tebal, pergerakan piston hanya perlu sedikit saja. Karena tromol rem otomatis tertekan. Apabila sudah tipis, maka piston seyogyanya bergerak lebih jauh, supaya tromol bisa tertekan dengan baik.

4. Rem Tidak Pakem Jadi Hal Paling Sering Terjadi

Saat kampas habis, rem tidak akan pakem
Saat kampas habis, rem tidak akan pakem

Mengupas mengenai ciri kampas rem mobil habis berikutnya, biasanya dapat mengakibatkan rem jadi terasa tidak pakem. Hal ini bisa terjadi karena penekanan kampas kepada piringan sudah tidak lagi merata.

Luas penampang rem akhirnya mengalami penyusutan. Tenaga pengereman sudah pasti menjadi kurang maksimal padahal pengemudi di rasa sudah menekan pedal lebih dalam.

Kalau hal ini menimpa kalian, sebaiknya pemilik mobil tidak mengulur waktu lagi untuk datang ke bengkel. Sebaiknya lakukan pergantian kampas rem secepatnya, daripada berakibat fatal bagi hidup kalian.

Tak lupa, proses penggantian sebaiknya memakai suku cadang orisinal bawaan pabrik. Karena menggunakan standar bawaan pabrik usia pakainya cenderung lebih lama alias awet.

Baca juga  Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Bisa Dilakukan di Rumah?

Daripada menggunakan suku cadang aftermarket. Memang harganya lebih murah, namun usia pakai biasanya cenderung lebih cepat habis.

5. Minyak Rem yang Mulai Habis

Ilustrasi kampas rem
Ilustrasi kampas rem

Terakhir membahas ciri kampas rem mobil habis, biasanya ditandai dengan volume minyak rem yang berkurang. Untuk dapat mengetahuinya, pemilik kendaraan harus memeriksa kondisi minyak rem pada kap mobil kalian.

Jika dirasa volume minyak rem berkurang, namun bukan karena adanya kebocoran. Kuat dugaan hal itu menandakan kampas rem kamu sudah mulai habis.

Adapun yang menjadi penyebab adalah kampas rem yang tipis, yang berpotensi mengakibatkan piston dipaksa untuk terdorong lebih keluar. Hal itu akan menambah ruang hidrolik di dalam kaliper dan menyebabkan minyak rem mengalir lebih deras.

Semoga informasi mengenai ciri kampas rem mobil habis ini dapat bermanfaat. Bila kamu mengalami hal tersebut, akan lebih baik kalau segera ganti kampas remnya. Pilihlah produk asli, jangan KW. Kualitas produk original tentu lebih terjamin serta tahan lama. Selamat mencoba!

Baca juga:

Terbaru