Ciri Knalpot Yoshimura Asli atau Palsu, Wajib Anda Ketahui!

Moladin – Apakah Anda pencinta motor gede? Kalau iya, knalpot Yoshimura pasti tidak asing lagi. Yoshimura merupakan salah satu produsen barang racing untuk kendaraan roda 2 asal Negara Jepang. Sejak tahun 1954 silam, Yoshimura tersohor di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Sayangnya, banyak produk Yoshimura palsu yang beredar di pasaran. Tentunya, hal ini tidak hanya merugikan produsen, tetapi juga pengguna. Ingin tahu perbedaan knalpot merek Yoshimura asli dan palsu? Mengapa harus memilih yang asli dan apa dampak menggunakan knalpot tiruan? Simak ulasan berikut.

 

Beda Knalpot yang Asli dan Palsu

Yoshimura asli salah satunya bisa di cek dari emblem

Kasus pemalsuan knalpot merek Yoshimura terekspos sejak tahun 2012 lalu. Masalah tersebut cepat direspons oleh Masanori Ueno selaku Managing Director Sales Department Yoshimura Japan Co., Ltd. Dirinya memberikan edukasi kepada pelanggan seputar perbedaan knalpot merek Yoshimura asli dan palsu.

1. Special Effect Nuts

Ciri pertama, knalpot palsu tidak memiliki special effect nuts alias polos saja. Sebaliknya, pada knalpot orisinal Yoshimura, kedua embosse-nya terlihat jelas. Begitu pula dengan welding-nya, tampak rapi dan halus.

2. Rivest

Bagian kedua yang perlu Anda amati adalah rivest—terletak di part knalpot. Rivest knalpot asli memiliki motif polkadot di area pinggirannya. Sementara itu, rivest knalpot tidak mempunyai motif apa pun.

3. Emblem

Knalpot merek Yoshimura orisinal menerapkan paneng untuk emblem, bukan sticker. Mengenai bentuk paneng, knalpot asli dan palsu memang berbeda. Namun, hati-hati; bagian logonya sama-sama menggunakan tulisan latin atau Jepang.

4.  Barcode

Barcode hanya disematkan pada knalpot asli, yakni di bagian pipa dan plastik. Kode digital tersebut bisa dikonfirmasikan ke pabrik. Dengan demikian, Anda dapat melihat tanggal pembuatan knalpot.

5. Logo

Logo knalpot asli didesain embosse sehingga terasa saat disentuh. Sebaliknya, logo pada knalpot palsu terlihat datar dan tidak rapi.

6. Nomor Seri

Setiap knalpot orisinal semestinya dilengkapi nomor seri, termasuk Yoshimura. Anda bisa melihat nomor seri merek Yoshimura di bagian ujung leher knalpot. Lain halnya dengan knalpot palsu; sama sekali tidak ditemukan nomor seri yang identik.

7. Harga

Terakhir; harga knalpot merek Yoshimura orisinal relatif mahal. Tentu, harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Sementara itu, knalpot palsu menawarkan harga murah, tetapi mutunya rendah.

 

Mengapa Harus Memilih Knalpot Yoshimura Asli?

Bagi Anda yang memilih knalpot orisinal, bisa memperoleh beberapa manfaat berikut ini.

1. Kualitas Material Terjamin

Knalpot asli terbuat dari material karbon kevlar yang mendukung performa motor. Bahan ini menjadikan knalpot lebih awet dan bisa menghasilkan suara halus. Meski begitu, sisi gagah knalpot tetap terlihat.

Jika ingin melihat efek material knalpot merek Yoshimura, Anda bisa mengamati motor sport premium. Contohnya, Kawasaki Ninja Series, Honda CBR250, dan Yamaha R25.

2. Desain Presisi

Knalpot mereka Yoshimura dirancang secara presisi agar selaras dengan komponen lainnya dan menghasilkan suara yang enak didengar. Karena itu, penggantian knalpot harus dilakukan keseluruhan, mulai dari ujung sampai sambungan mesinnya.

3. Bisa Digunakan untuk Semua Jenis Motor

Anda ingin menerapkan knalpot merek Yoshimura pada motor bebek? Tentu saja bisa; Yoshimura memproduksi knalpot racing harian yang cocok untuk semua jenis motor. Selain harganya terjangkau, kualitasnya pun terjamin.

Dengan menggunakan knalpot racing harian Yoshimura, motor Anda bisa lebih irit bahan bakar. Di samping itu, tarikan motor Anda menjadi lebih kuat. Tertarik?

4. Meningkatkan Performa Motor secara Signifikan

Anda pernah melihat aksi balap motor di sirkuit? Motor yang digunakan oleh pembalap mampu melaju kencang. Salah satu faktor pendukungnya adalah penggunaan knalpot racing orisinal. Dengan knalpot ini, gas buangan lebih banyak sehingga performa motor meningkat sampai 20 persen.

 

Dampak Negatif Penggunaan Knalpot Palsu

Jangan gunakan produk Yoshimura palsu karena dampaknya negatif

Kadang-kadang, kendala bujet mendorong pencinta automotif memilih knalpot merek Yoshimura palsu. Padahal, knalpot palsu bisa memberikan efek negatif pada motor Anda.

Pertama, motor Anda boros bahan bakar. Pasalnya, kerja knalpot palsu harus didukung tenaga yang lebih besar daripada knalpot orisinal.

Kedua, knalpot palsu bisa menyebabkan mesin cepat panas. Hal itu karena tenaga besar pada knalpot memaksa mesin untuk bekerja lebih cepat.

Ketiga, knalpot palsu memiliki desain yang tidak selaras dengan komponen mesin. Akibatnya, kinerja komponen menjadi berat sehingga bisa merusak mesin.

Keempat, knalpot palsu dibuat dengan proses dan bahan asal-asalan. Prinsipnya, yang penting mirip dan bisa dipakai. Ternyata, hal tersebut berdampak negatif pada tenaga motor. Semestinya, dengan penambahan knalpot racing, tenaga makin naik. Namun, ini sebaliknya, tarikan ngempos sehingga tenaga turun.

Terakhir, suara yang dihasilkan knalpot pabrikan Jepang ini kalau tidak asli mengeluarkan suara lebih kasar daripada yang orisinal sehingga mengganggu lingkungan. Selain itu, gas dari knalpot tersebut memicu emisi karena tidak memiliki desain pembuangan ideal.

Bagaimana? Anda sudah bisa membedakan knalpot Yoshimura asli dan palsu? Jika sudah, mulai sekarang, sebaiknya beli knalpot yang orisinal. Dengan begitu, motor Anda lebih awet, bersuara halus, dan tidak mencemari lingkungan.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *