Diwakili Orang Lain, Ini Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Contoh Surat Kuasa BPKB Motor – Setiap kendaraan bermotor harus memiliki dokumen yang lengkap dan resmi. Salah satu dokumen yang merupakan bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor adalah BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor). Karena pentingnya dokumen ini, keberadaannya harus dijaga sebaik mungkin.

Kamu tidak boleh menyerahkan dokumen ini kepada pihak yang tidak berwenang secara sembarangan. Hal ini untuk menghindari terjadinya tindakan-tindakan yang berisiko merugikan terkait kendaraan bermotor. Sayangnya, masih ada orang yang belum memahami vitalnya keberadaan BPKB ini.

Apa Itu BPKB?

BPKB adalah sebuah dokumen berbentuk buku yang di dalamnya terdapat sejumlah informasi mengenai kendaraan bermotor. Buku ini berwarna coklat kehijauan dengan isi 10 halaman. Untuk menghindari pemalsuan, pada BPKB juga biasanya dicantumkan nomor identitas KTP pemilik.

Di dalam BPKB, informasi yang bisa dijumpai antara lain keterangan kepabeanan, catatan perubahan kepemilikan kendaraan bermotor, pendaftaran polisi, catatan pejabat polisi, catatan pelunasan pajak, dan identifikasi kendaraan bermotor. Saat membeli kendaraan secara tunai, dealer biasanya sudah menyertakan BPKB beserta STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Sebaliknya, jika kamu membeli kendaraan bermotor dengan cara kredit, BPKB biasanya tidak langsung diserahkan oleh leasing. Dokumen ini akan dijadikan jaminan hingga cicilan motor diselesaikan. Nah, setelah lunas, barulah pembeli kendaraan bermotor berhak mendapatkan BPKB.

 

Cara Mengambil BPKB Motor

Contoh Surat Kuasa, Ambil BPKB

Lalu, bagaimana cara mendapatkan BPKB motor dari leasing setelah kendaraan lunas? Kamu hanya perlu datang langsung ke dealer dan menunjukkan bukti identitas diri yang asli. Apabila seluruh ketentuan telah terpenuhi, pihak dealer  akan menyerahkan BPKB sebagai tanda bahwa motor tersebut telah benar-benar lunas.

Selain pemilik kendaraan, pengambilan BPKB juga dapat diwakili oleh orang lain. Namun, perwakilan tersebut harus menunjukkan dokumen berupa surat kuasa dan beberapa pelengkap lain. Surat kuasa pengambilan BPKB motor harus sah secara hukum. Karena itu, surat ini harus dilengkapi dengan materai 6000 serta ditandatangani oleh pemberi kuasa dan penerima kuasa.

 

Suzuki Address FI

*DP mulai dari

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor, berikut salah satunya.

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku pihak pertama:

Nama : Siswo Hadiwinata

Tempat/tanggal lahir : Cilacap, 12 Desember 1981

Pekerjaan : Karyawan Swasta

Alamat : Jalan Raya Selatan Nomor 16, Cilacap

 

Dengan surat ini memberikan kuasa kepada pihak kedua:

Nama : Gigih Prakoso

Tempat/tanggal lahir : Cilacap, 2 Januari 1981

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Jalan Raya Selatan Nomor 17, Cilacap

 

Agar mengambilkan surat BPKB motor dengan rincian sebagai berikut:

Atas nama : Siswo Hadiwinata

Merek Motor : Honda Supra X 125

Warna : Hitam

No. Rangka : 123456789

Tahun : 2018

CC Motor : 125 cc

No. Polisi : R 1234 DE

No. Mesin : 98764558

 

Demikian surat kuasa ini saya buat dalam keadaan sadar tanpa paksaan dari siapa pun untuk digunakan sebagaimana mestinya. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Cilacap, 11 Maret 2019

Pihak Pertama Pihak Kedua

Materai 6000

 

Siswo Hadiwinata Gigih Prakoso

Contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor tersebut berisi identitas pemberi kuasa serta penerima kuasa. Di sini, pemberi kuasa memberikan izin kepada penerima kuasa untuk mewakili pengambilan BPKB sesuai data yang tercantum.

 

Dokumen yang Perlu Dibawa

Dokumen Yang Harus Di Bawa

Karena alasan tertentu, kamu mungkin tidak bisa mengambil sendiri BPKB dari dealer. Untuk itu, kamu harus membuat surat kuasa sekaligus menyertakan sejumlah dokumen pelengkap lain. Apa saja dokumen tersebut? Berikut di antaranya:

  • KTP asli yang sesuai dengan nama tertera pada BPKB
  • KTP asli penerima kuasa
  • Slip pembayaran terakhir
  • STNK asli kendaraan

Untuk lebih jelas, kamu dapat menanyakan langsung pada pihak terkait mengenai syarat-syarat yang diperlukan. Bisa saja, dealer meminta dokumen lain yang dianggap perlu untuk memastikan proses pengambilan BPKB lebih aman dan terjamin.

 

Suzuki Address Playful

*DP mulai dari

 

Pastikan BPKB Tetap Aman

Pastikan BPKB Tetap Aman

Karena di dalamnya terdapat banyak informasi vital, pastikan BPKB motor tetap aman. Dokumen ini juga rentan disalahgunakan oleh oknum tertentu yang bukan merupakan pemilik asli. Salah satu contohnya, maraknya pemalsuan BPKB sehingga dapat digunakan untuk kepentingan pribadi.

Selain itu, BPKB biasanya dapat digunakan sebagai jaminan untuk melakukan peminjaman di bank atau lembaga keuangan. Jika peminjam ternyata bukan pemilik asli kendaraan, hal ini akan amat merugikan. Karena itu, sangat penting menjaga keamanan dokumen kendaraan yang satu ini dari pihak yang berniat melakukan kejahatan.

Apabila kamu pun berniat untuk menyerahkan kuasa pengambilan BPKB motor kepada orang lain, pastikan orang tersebut benar-benar tepercaya. Pasalnya, karena surat kuasa telah berkekuatan hukum, kamu tidak dapat berbuat banyak jika penerima kuasa melakukan penyelewengan. Akibatnya, dokumen penting tersebut jatuh ke tangan pihak yang tidak berhak.

Nah, semoga informasi mengenai contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor ini dapat membantumu.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *