by

Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Bagus Mana?

Bicara Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power, keduanya merupakan mobil ramah lingkungan yang meluncur di Indonesia pada 2020. Jenisnya pun sama-sama SUV dan produksi pabrikan Jepang. Kemudian dari sisi harga, ada di bawah Rp 500 juta.

Jika melihat banyak persamaan tersebut, pastinya membuat bingung konsumen. Terutama soal produk apa yang lebih baik untuk dibeli, Nissan Kicks e-Power atau Toyota Corolla Cross Hybrid?

Supaya memudahkan kamu dalam memilih antara dua kendaraan ini, berikut komparasi lengkap Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power:

Desain Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power

Desain Eksterior Nissan Kicks e-Power
Bodi Nissan Kicks e-Power lebih ringkas dibanding Toyota Corolla Cross Hybrid

Komparasi Corolla Cross Hybrid vs Kicks e-Power yang pertama adalah soal desain. Dua mobil ini sama-sama bergaya SUV dengan berbagai aksesori pendukung kegagahan. Sebut saja roof rail untuk dudukan roof rack dan roof box untuk meletakkan barang bawaan di atap. Ada pula bodi kit yang di sekeliling bodi mobil.

Bila melihat spesifikasi di atas kertas, Toyota Corolla Cross Hybrid punya dimensi lebih bongsor. Panjangnya 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Lalu untuk jarak sumbu roda mencapai 2.640 mm. Kapasitas bagasinya juga cukup mumpuni. Di dalamnya bisa meletakkan barang bawaan hingga 440 liter

Ukuran ban yang dipakai SUV Corolla ini adalah 225/80-18 inci. Hanya saja kalau bicara ground clearance, Corolla Cross Hybrid cuma 165 mm.

Sementara dengan ban lebih kecil yaitu 205/55-17 inci, Nissan Kicks e-Power memiliki ground clearance lebih tinggi yaitu 175 mm. Kelebihan ini tentunya menjadikannya lebih mampu untuk melintasi berbagai medan jalan, tanpa takut bodi bawah bersinggungan dengan aspal.

Walau begitu, kalau kamu melihat dimensi mobil SUV Nissan ini ternyata lebih mungil dibanding rivalnya. Spesifikasi panjang cuma 4.305 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.615 mm. Lalu untuk jarak sumbu roda 2.620 mm. Dimensi bodi yang lebih kecil menjadikan kapasitas bagasinya juga kalah dari sang rival. Kicks e-Power cuma sanggup menampung barang hingga 423 liter.

Baca juga  7 Kelebihan MG ZS Indonesia, SUV Tiongkok Rp250 Jutaan!

Soal desain interior, Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power tidak berbeda jauh. Keduanya memakai tema kabin dengan dominasi hitam, konfigurasi bangku dua baris untuk lima orang, dan head rest di masing-masing jok.

Tabel Dimensi Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power

  Toyota Corolla Cross Hybrid Nissan Kicks e-Power
PXLXT 4.460 x 1.825 x 1.620 mm 4.305 x 1.760 x 1.615 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm 175 mm
Jarak Sumbu Roda 2.640 mm 2.620 mm
Ukuran Roda 225/50 R18 205/55 R17

Fitur SUV Mana yang Lebih Modern?

desain eksterior corolla cross
Salah satu keunggulan fitur di Corolla Cross Hybrid adalah bisa membuka bagasi dengan goyangan kaki dan kehadiran moonroof

Bicara fitur, Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power punya beberapa kesamaan. Sebut saja keduanya telah dilengkapi head unit layar sentuh, AC digital, dan sistem pencahayaan full LED. Kemudian masing-masing juga memiliki fitur keselamatan standar seperti Vehicle dynamic control (VDC), airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), dan hill start assist (HSA).

Meski demikian, Nissan Kicks e-Power punya banyak tambahan fitur keselamatan yang membuatnya semakin istimewa. Hal ini karena kemunculan teknologi Nissan Intelligent Mobility seperti intelligent cruise control (ICC), berfungsi mengatur kecepatan mobil secara otomatis berdasar kecepatan kendaraan di depan. Ada pula intelligent forward collision warning (IFCW) untuk memperingatkan pengendara dengan suara, bila ada potensi tabrakan dari depan.

Nisan juga memberi intelligent emergency braking yang sanggup menganalisa jarak dan kecepatan kendaraan di depan, sehingga kecepatan mobil bisa berkurang hingga menghentikan laju untuk mencegah potensi tabrakan. Tersedia pula blind spot warning (BSW) dan rear cross traffic alert (RCTA) supaya memudahkan perpindahan jalur serta sebagai fitur peringatan kalau ada potensi tabrakan dengan kendaraan lain.

Baca juga  3 Layanan Servis Toyota yang Bisa Diandalkan Saat Hadapi Korona

Kemudian keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid hadir lewat fitur kenyamanan. Sebut saja teknologi bukaan bagasi belakang dengan kaki, serta moonroof. Keduanya belum dipunya oleh Kicks- e-Power.

Performa Mesin Kicks e-Power Vs Corolla Cross Hybrid

cara kerja mesin e-power
Performanya memang masih kalah dari Toyota Corolla Cross Hybrid, namun Nissan Kicks e-Power menggunakan 100 persen penggerak motor listrik

Kedua SUV ramah lingkungan ini sama-sama punya dua jantung: motor listrik dan mesin bensin. Hanya saja yang membedakan adalah cara kerja dapur pacu Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power.

Di mobil Toyota, ada embel-embel hybrid karena baik motor listrik dan mesin bensin 1.8 Liter kerja bareng untuk menggerakkan roda. Sementara Kicks e-Power, motor listrik sepenuhnya bekerja menggerakkan roda dan mesin bensin 1.2 Liter hanya jadi generator untuk mengisi baterai. Oleh karenanya, mobil Nissan ini lebih pas kalau disebut sebagai mobil listrik bukan hybrid.

Oleh karenanya, rasa berkendara Nissan Kicks e-Power agak berbeda. Ditambah ada fitur bernama one-pedal operation. Dengannya, kamu bisa berakselerasi serta memperlambat kendaraan hanya dengan mengoperasikan satu pedal saja. Kemudian untuk performa, SUV Nissan mampu melontarkan torsi 260 Nm dan tenaga maksimal 129 PS.

Sementara itu kombinasi mesin 1.8 Liter dan motor listrik milik Toyota Corolla Cross Hybrid bisa melontarkan performa jauh lebih baik. Torsi puncaknya mencapai 305 Nm dan tenaga maksimal 170 PS.

Tabel Spesifikasi Mesin Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power

  Toyota Corolla Cross Hybrid Nissan Kicks e-Power
Mesin 1.8 Liter + Motor Listrik Motor Listrik EM57
Torsi Puncak 305 Nm 260 Nm
Tenaga Maksimal 170 PS 129 PS 
Transmisi CVT e-Transmission
Baca juga  5 Merek Mobil Terlaris di Awal 2020

Harga Nissan Kicks e-Power Vs Toyota Corolla Cross Hybrid

corolla cross hybrid vs kicks e-power
Harga Toyota Corolla Cross Hybrid lebih mahal dari Nissan Kicks e-Power

Komparasi terakhir dari Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power adalah soal harga. Banderol keduanya memang di bawah Rp 500 juta, namun mobil Nissan dijual lebih terjangkau.

Harga Nissan Kicks e-Power Rp 449 juta (OTR Jakarta). Dengan melakukan pembelian, kamu otomatis mendapat Nissan Care Package. Program ini terdiri dari suku cadang dan servis berkala gratis hingga 50.000 km atau 4 tahun. Tersedia juga garansi standar 3 tahun atau 100.000 km, dan juga garansi baterai lithium-ion serta sistem kelistrikan hingga 5 tahun atau 100.000.

Sementara untuk harga Toyota Corolla Cross Hybrid mencapai Rp 497,8 juta (OTR Jakarta). Pabrikan berlogo T juga memberi garansi untuk konsumennya, seperti gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50,000 km. Di dalamnya termasuk gratis biaya jasa dan suku cadang. Selain itu, tersedia pula warranty selama 36 bulan atau 100.000 km yang berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota. Ada pula tambahan battery warranty 2 tahun atau 50.000 km.

Usai melihat lebih jelas soal komparasi Corolla Cross Hybrid Vs Kicks e-Power, SUV ramah lingkungan apa yang kamu ingin beli?

Simpulan kami adalah bila kamu menginginkan mobil dengan tampilan unik, kemudian sensasi berkendara mobil listrik, serta fitur keselamatan lengkap, maka pilih Kicks e-Power. Jika kamu lebih suka performa mantap khas mobil hybrid, sekaligus desain gagah maka Corolla Cross Hybrid layak dipertimbangkan.

Comment

Leave a Reply

Terbaru