by

Cara Kerja Cruise Control di Mitsubishi Xpander Ultimate

Tahukah kamu bahwa ada fitur canggih bernama cruise control di Mitsubishi Xpander Ultimate. Gunanya, membuat mobil melaju tanpa perlu pengendara menekan pedal gas.

Menariknya lagi, di kelas LMPV 1.500 cc cuma Xpander Ultimate yang sudah memiliki cruise control. Kompetitor seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, serta Honda Mobilio belum punya.

Cara mengaktifkan cruise control di Mitsubishi Xpander Ultimate tidaklah sulit. Kamu cuma cukup tekan tombol berlogo speedometer dengan anak panah di bagian kanan setir. Ketika sudah aktif, maka akan muncul logo serupa muncul di layar MID.

Setelah itu agar mobil benar-benar bisa melesat tanpa perlu diinjak pedal gasnya, kamu wajib tekan tombol bertuliskan kata SET. Alhasil MPV pabrikan tiga berlian tersebut akan melaju sendiri sesuai dengan kecepatan yang ditentukan.

“Misalnya pada kecepatan 80 km/jam dengan fitur Cruise Control, pengemudi cukup mengendarai mobil hingga 80 km/jam dan lalu mengaktifkan fitur tersebut,” seperti dikutip laman resmi Mitsubishi.

Buat menambah dan mengurangi kecepatan, kamu bisa menekan tuas kecil di setir sebelah kanan dengan tulisan plus (+) dan minus (-). Sesuaikanlah laju kendaraan dengan kebutuhan kamu. Supaya cruise control jadi nonaktif, cukup injak pedal rem. Maka kendali kecepatan mobil bakal kembali ke pengendara yang diatur lewat pedal gas.

Baca juga  Cek 5 Fitur Unggulan Mitsubishi Outlander PHEV

Fitur cruise control di Mitsubishi Xpander Ultimate paling pas digunakan ketika berkendara di jalan bebas hambatan. Hal ini tentu bisa membuat pengendara lebih rileks, karena bisa mengistirahatkan kaki dari pedal gas.

Walau demikian yang perlu diperhatikan adalah, cruise control cuma aktif ketika kecepatan minimal kendaraan 40 Km/jam. Di bawah itu, kamu tidak akan bisa menggunakannya.

Istimewa bukan? Kalau kamu tertarik dengan Mitsubishi Xpander Ultimate bisa tebus dengan harga Rp 278,9 juta. Banderol tersebut belum termasuk diskon PPnBM yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Cruise Control Bisa Digunakan di Jalanan Padat Kendaraan?

Cruise control di mitsubishi xpander ultimate
Xpander Ultimate merupakan satu-satunya LMPV yang punya cruise control

Sejauh ini fitur cruise control di Mitsubishi Xpander Ultimate memang tidak bisa dipakai di kemacetan jalan. Walau demikian, ada mobil pabrikan tiga berlian lain yang sudah memiliki cruise control lebih canggih sehingga mampu beradaptasi di kondisi jalan padat kendaraan.

Contohnya cruise control di Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate dan Eclipse Cross. Kedua mobil itu sudah mengaplikasikan teknologi bernama adaptive cruise control (ACC). Ada tambahan fitur adaptive yang bisa mengatur kecepatan kendaraan secara otomatis.

Baca juga  Menkeu: Relaksasi Pajak untuk Mobil 2.500 cc Mulai April 2021

Jadi walau di kemacetan sekali pun, ACC bisa diaktifkan untuk membuat pengendara nyaman. Efeknya mobil bisa melaju dan mengerem secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan lain yang ada di depannya. Kalau kendaraan di depan melambat, maka mobil kamu juga bakal mengurangi kecepatan. Jika mobil depan semakin cepat, mobil kamu pun bakal berakselerasi.

“Teknologi pada fitur ACC akan memberikan input kepada sistem elektronik mobil untuk mengatur bukaan gas, transmisi, manajemen tenaga mesin, dan pengereman ketika fitur ini diaktifkan,” beber laman resmi Mitsubishi.

Istimewa bukan? Tentunya tidak menutup kemungkinan Adaptive Cruise Control (ACC) juga bakal hadir di Mitsubishi Xpander Ultimate pada waktu yang akan datang. Kita tunggu saja!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru