Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daihatsu Ayla Gen-2 Bisa Dipesan, Pakai D-CVT!

by Firdaus Ali
daihatsu ayla gen-2 bisa dipesan 002

Daihatsu Ayla Gen-2 bisa dipesan mulai 31 Januari 2023. Rencananya, city car tersebut bakal meluncur pada pertengahan Februari 2023. Menariknya lagi, generasi terbaru dari Ayla memiliki fitur-fitur yang lebih modern mirip Rocky. Salah satunya adalah penggunaan transmisi D-CVT.

Hanya saja kabar gembira ini masih di Malaysia. Informasinya kami dapat dari laman sosial media resmi Perodua (merek dagang Daihatsu di Negeri Jiran). Di sana, Ayla memiliki nama Perodua Axia.

“All-New Axia – Pemesanan Telah Dibuka,” tulis akun Facebook Perodua dalam bahasa Inggris.

Soal harganya, menurut laman Paultan.org estimasinya mulai 38.600 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 136 jutaan untuk varian G. Tersedia pula varian X yang dijual 40.000 Ringgit Malaysia atau Rp 141 jutaan, varian SE 44.000 Ringgit Malaysia atau Rp 155 jutaan, dan varian AV 49.500 Ringgit Malaysia atau Rp 174 jutaan. Soal warna, tersedia dalam Granite Grey, Lava Red, Glittering Silver, Ivory White (solid) dan warna baru Coral Blue.

Ayla Terbaru Pakai Mesin Turbo?

daihatsu ayla gen-2 bisa dipesan spesifikasi

Spesifikasi Perodua Axia 2023 atau Ayla Gen-2

Selain Daihatsu Ayla Gen-2 bisa dipesan di Malaysia, spesifikasinya juga ikut bocor. Laman Paultan.org telah memperoleh brosur resmi yang mengatakan pakai mesin EEV 1.0 liter yang dikombinasikan dengan transmisi D-CVT.

Baca juga  Recall Daihatsu Ayla Capai 3.382 Unit, ECU Bermasalah!

Untuk detail spesifikasi mesin, dalam brosur tidak disebutkan secara jelas. Hanya saja tidak ada kata-kata turbo di sana. Sebagai informasi, Perodua Axia yang saat ini beredar di Malaysia, menggunakan mesin 1KR-EV 1.0L 3-silinder VVT-i yang tenaganya diklaim mencapai 67 hp dengan torsi 91 Nm.

Jika nanti ternyata Ayla Generasi terbaru masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, perubahan signifikan tetap terjadi di gearbox. Transmisi otomatis konvensional hilang digantikan D-CVT yang juga digunakan oleh Daihatsu Rocky dan Daihatsu Xenia.

Dengan kombinasi mesin 1.0 liter dan gearbox D-CVT, konsumsi BBM Daihatsu Ayla Gen-2 jadi lebih hemat. Kini klaimnya menjadi 25,3 km/liter. Bahkan kalau pakai fitur idling stops sytem (ISS) bisa lebih irit lagi yaitu tembus 27,4 km/liter.

Klaim konsumsi BBM untuk Perodua Axia itu bukan tanpa alasan. Pada Perodua Myvi facelift atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Dihatsu Sirion Facelift, meski tidak ada ubahan pada mesin, setelah diganti sistem transmisi dari otomatis konvensional menjadi D-CVT, konsumsi BBM lebih hemat 5%. Kemudian akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam meningkat 20%.

Baca juga  Sejarah Daihatsu Xenia, Sejak 2013 Hingga Kini

Oh ya, penggunaan gearbox transmisi D-CVT ini juga akan diterapkan pada semua varian Daihatsu Ayla Gen 2 atau Perodua Axia. Dimana variannya ada 4 yaitu G, X, SE dan AV. Dan untuk dua varian SE dan AV sudah dilengkapi dengan fitur mode Eco Idle serta mode berkendara.

Fitur-Fitur Daihatsu Ayla 2023 Semakin Mirip Rocky

daihatsu ayla gen-2 bisa dipesan 001

Panel instrumen, setir, dan head unit milik Ayla 2023 mengadopsi kepunyaan Daihatsu Rocky

Selain ubahan yang terjadi pada gearbox transmisi dari otmatis konvensional ke D-CVT, bagian eksterior Daihatsu Ayla Gen-2 juga mendapat penyegaran di beberapa bagian. Di mana kini pakai lampu LED seperti yang dipunya oleh Rocky. Tak hanya itu saja, pada bagian handle pintu juga sudah disematkan teknologi sensor elektrostatik agar bisa mengunci pintu hanya dengan sentuhan.

Masuk ke dalam interior, Daihatsu Ayla 2023 menyuguhkan tampilan yang semakin mirip Daihatsu Rocky. Untuk varian tertiggi, mengadopsi panel instrumen layar TFT 7 inci.  Menariknya, pada tampilan MID tersebut, Tachometer hadir dengan animasi Ring 3D yang juga digabungkan dengan speedometer digital. Ada pula head unit touchscreen model floating dengan ukuran 9 inci.

Baca juga  Bocoran Daihatsu Terios 2021, Meluncur 17 September?

Kemudian untuk bagian jok, varian entry level dibungkus dengan bahan fabric serta model head rest yang terintegrasi. Walau demikian, varian SE dan AV, head rest terpisah dari sandaran joknya sehingga bisa diatur ketinggiannya. Jok juga sudah dibalut kulit di varian tertinggi.

Berbicara fitur, Perodua Axia tergolong cukup lengkap. Sebut saja sudah ada fitur enam airbag, Perodua Smart Drive Assist (PSDA), Advanced Safety Assist (ASA, which includes autonomous emergency braking, AEB), ASA dan VSC. Oh ya, beberapa media otomotif Malaysia mengharapkan fitur PSDA itu juga memiliki fungsi menjaga jalur, pemantauan titik buta (blind spot monitoring), serta jelajah kontrol adaptif. Canggih bukan?

Moladiners, itulah ulasan Daihatsu Ayla Gen-2 bisa dipesan di Malaysia dan segera meluncur pada pertengahan Februari 2023. Setelah Negeri Jiran, kemungkinan Indonesia akan kebagian unit. Bisa jadi spesifikasinya akan berbeda untuk mesin, karena ada kabar bahwa Ayla terbaru bakal pakai turbo. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika