by

Daihatsu Resmi Perkenalkan Rocky e-Smart Hybrid, Canggih!

Akhirnya Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid resmi hadir di pasar otomotif Jepang. Mobil ini punya tampilan mirip varian konvensionalnya, namun jeroannya beda jauh.

Rocky hybrid pakai dua sumber tenaga: mesin bensin dan baterai. Guna mesin bensinnya, hanya untuk generator yang menyumplai energi ke baterai dan ke motor elektrik. Jadi tetap isi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. Bisa dikatakan, kurang lebih cara kerjanya mirip teknologi e-Power di Nissan Kicks.

“Bisa mencapai suara yang senyap dengan respons cepat dan torsi besar yang digerakkan 100 persen oleh motor elektrik,” seperti dikutip dari laman resmi Daihatsu.co.jp.

Sementara untuk mesin bensin yang dijadikan generator, punya spesifikasi 1.2 Liter dengan konfigruasi tiga silinder. Di dalamnya juga sudah mendapat revisi agar bisa menghasilkan efisiensi yang lebih baik lagi.

Kemudian yang tidak kalah menarik dari Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah fitur-fiturnya. Sebut saja smart pedal yang mengoptimalkan pedal gas untuk akselerasi dan deselerasi.

Jadi pengemudi Rocky hybrid cukup injak pedal gas jika ingin berakselerasi. Sementara untuk deselarsi tidak perlu pindah pedal, cukup angkat saja pedal gas, maka mobil bakal berhenti seperti melakukan engine brake.

Baca juga  Mobil SUV dan MPV, Berikut Ialah Perbedaan Jelasnya

Pengereman dengan mengangkat pedal gas ini tentu disesuaikan kondisi lalu lintas. Kalau lagi macet, maka deselerasi akan lebih kuat. Sementara kalau lalu lintas lengang, jadi tidak terlalu kuat. Hal tersebut agar berkendara dengan Rocky e-Smart Hybrid terasa semakin nyaman.

“Smart pedal bisa dipilih normal mode, yang akan memberi akselerasi bertenaga dari awal (layaknya mobil listrik), dan ada eco mode untuk efisiensi (baterai dan bensin),” beber Daihatsu.

Kapan Rocky e-Smart Hybrid Masuk Indonesia?

daihatsu rocky e-smart hybrid 003
Mesin hybrid Rocky terbaru tetap harus isi bensin, persis teknologi Nissan Kicks e-Power

Kalau di Jepang Daihatsu sudah perkenalkan e-Smart Hybrid, kemungkinan besar Indonesia akan kebagian unit. Apalagi Rocky memang saat ini sudah diproduksi di Tanah Air.

Jadi untuk menghadirkan teknologi e-Smart Hybrid di Indonesia tentu tidak sulit. Hanya tinggal PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mau atau tidak!

Kemudian bicara waktu peluncuran Rocky e-Smart Hybrid di Indonesia, saat ini memang Daihatsu masih diam seribu bahasa. Hanya saja sepertinya masih menunggu peluncuran di Jepang lebih dulu.

Pasalnya di Negeri Sakura saat ini, Rocky terbaru cuma diperkenalkan di laman resmi Daihatsu. Sekaligus mengajak konsumen Jepang untuk melakukan reservasi dalam mencoba langsung sensasinya lewat test drive.

Baca juga  Suzuki XL7 Meluncur Februari? Kompetitor Xpander Cross

Di Jepang sendiri, penjualan Rocky hybrid akan dimulai pada November 2021. Sementara unitnya bakal bisa di test drive dan datang ke dealer-dealer pada Desember 2021.

Prediksi kami, Daihatsu Rocky e-Smart paling cepat masuk Indonesia pada pertengahan tahun depan atau 2022. Kita tunggu saja kehadirannya. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru