oleh

Daihatsu Sirion X vs R CVT, Ini 3 Perbedaanya!

Membahas Daihatsu Sirion X vs R CVT memang menaik. Sebab mobil dengan segmen city car inikembali hadir dengan beberapa ubahan yang modern dan stylish.

Dari sisi jatung pacu, baik Sirion X dan R sama-sama mengusung mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc. Tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 93 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 121 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Selain itu, keduanya juga sudah mengusung sistem transmisi yang lebih moder, yaitu D-CVT. Sebagai informasi, transmisi D-CVT yang digunakan diklaim memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi dengan menyesuaikan putaran mesin serta perpindahan gigi terasa lebih halus.

Tak hanya itu saja, pada teknologi ini rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Transmisi D-CVT juga diklaim sanggup memberikan angka penggunaan BBM yang lebih efisien.

Meski memiliki selisih harga, baik Sirion X dan R mempunyai fitur keselamatan yang sama. Diantaranya adalah  4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik.

Baca juga  Honda City Hatchback Indonesia, Tanpa Turbo?

Menariknya, untuk memberikan keselamatan secara lebih optimal, kedua varian Sirion terbaru telah ditambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). Seperti yang diketahui fitur ini dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Oh ya, Sirion varian X maupun R juga telah mengadopsi speed sensing door lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu serta idle stop system. Sebagaimana fungsinya, fitur idle stop dapat mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dalam hitungan waktu tertentu.

Kemudian, ada pula fitur headlamp leveling, key free, engine start-stop button serta alarm untuk menghindari dari aksi pencurian.

Nah, jika mesin, fitur dan transmisi keduanya sama, dimana letak perbedaannya. Mari kita simak ulasan perbedaan Sirion X vs R CVT berikut ini.

1. Harga Sirion X Lebih Murah Rp 9,2 Juta

Ubahan Sirion facelift 2022
Sosok Sirion X, lebih sederhana

Perbedaan Daihatsu Sirion X vs R CVT yang pertama adalah harganya. Khusus varian X, banderolnya lebih murah yaitu Rp 227,6 juta (OTR Jakarta). Terjangkau, karena memang ini varian entry level di Sirion. Alhasil fitur-fiturnya juga banyak disunat.

Baca juga  Panduan Modifikasi Terios Bergaya Adventure

Sementara Daihatsu Sirion R yang merupakan varian tertinggi, harganya lebih mahal Rp 9,2 juta dibanding Sirion X. Pabrikan berlogo D memasarkan Sirion R Rp 236,8 juta (OTR Jakarta).

2. Desain Eksterior Sirion R lebih Eye Catching

Sirion X vs R CVT
Varian R lebih modern dan Eye Catching

Pembahasan soal beda Sirion X vs R CVT selanjutnya adalah dari sisi tampilan eksterior. Pada bagian depan, Sirion varian R terbaru tampil lebih atraktif dibandingkan varian X berkat adanya headlamp dengan teknologi LED serta fitur auto on, leveling adjuster, dan follow me home.

Selain itu, untuk bumpernya, varian R mendapat tambahan berupa body kit dengan difusser yang diberi sentuhan warna silver. Pun begitu juga dari sisi samping, sekilas keduanya terlihat sama. Karena baik tipe X maupun R disematkan spion dengan cover hitam yang dilengkapi lampu sinyal untuk berbelok, serta velg dual-tone berukuran 15 inci. Namun untuk Sirion varian R disematkan tambahan side skirt yang membuatnya tampil lebih sporty dan eye catching.

Pada bagian belakang yang membedakan hanya adanya spoiler di atas kacanya. Tentu hal ini membuat Sirion varian R lebih kental aura sporty.

3. Interior dan Fitur Sirion R Lebih Modern

Sirion X vs R CVT
Sirion R dapat air purifier

Pembahasn Sirion X vs R CVT selanjutnya dari sisi kabin interior. Untuk Sirion varian R terkesan lebih modern dengan adanya aksen silver yang lebih banyak dibeberapa bagian. Bicara fitur kabin, baik tipe X maupun R sama-sama dibenamkan head unit baru yang mendukung konektifitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI.

Baca juga  3 Ubahan Penting di Daihatsu Thor Terbaru, Menarik Sob!

Seperti yang diketahui, fitur Smart Link sendiri mampu menghubungkan antara sistem hiburan di headunit dengan smartphone melalui aplikasi, baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.

Selanjutnya, guna menambah kenyamanan berkendara, keduanya telah dilengkapi switch control steering yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya. Meski begitu, untuk panel instrument cluster Sirion varian R sudah dilengkapi MID 4,2 inci dengan pilihan menu yang lebih informatif. Tak hanya itu saja, desain setir dan pembungkus material pada varian R lebih modern dan elegan.

Beberapa fitur kenyamanan di Sirion varian R pun lebih lengkap. Sebut saja adanya air purifier yang berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin mobil. Tak hanya itu, varian R juga sudah dilengkapi tombol retractable untuk pengaturan kaca spionnya.

Ada lagi, pada Sirion varian R memperoleh tambahan saklar sensor dan kamera parkir yang bisa dinonaktifkan dengan hanya sekali menekan tombol.

Moladiners, itulah ulasan mengenai perbedaan Sirion X vs R CVT. Kamu pilih yang mana? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru