Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Truk GenH2 Pimpin Upaya Daimler Truck Kembangkan BBM Hidrogen di Pasar Eropa

by Firdaus Ali
Truk Mercedes-Benz genH2 siap hijaukan Eropa

Daimler Truck kembangkan BBM hidrogen untuk pasar Eropa. Untuk mewujudkan misi ini, Daimler bekerjasama dengan salah satu perusahaan pembangkit tenaga listrik berbasis Abu Dhabi yakni Masdar.

Daimler Truck dan Masdar telah menandatangani nota kesepahaman untuk meninjau kemungkinan ekspor hidrogen
hijau cair dari Abu Dhabi (UEA) ke Eropa pada tahun 2030.

Dua perusahaan perintis ini berkolaborasi dengan peran yang saling melengkapi dalam upaya memajukan secara signifikan upaya mengurangi emisi CO2 pada transportasi angkutan barang di jalan raya.

“Kami Daimler Truck bertujuan untuk memimpin transportasi yang berkelanjutan. Penyediaan energi hijau secara global adalah hal yang sangat penting untuk bisa mengurangi karbonisasi kendaraan komersial. Inisiatif kami dengan Masdar menandai langkah awal bagi kami untuk memungkinkan pasokan hidrogen hijau cair di Eropa,” jelas Martin Daum, sebagai Ketua Dewan Manajemen dan CEO Daimler Truck (7/2).

Truk Mercedes-Benz GenH2 terungkap

Truk Mercedes-Benz GenH2 terungkap

Selanjutnya, Masdar yang berlokasi di Abu Dhabi berencana untuk mempersiapkan dirinya sebagai produsen dan distributor hidrogen rendah karbon pada tahun 2031.

Baca juga  Indonesia Bisa Jadi Pemain Utama Energi Baru, Punya SDA Hidrogen Melimpah!

“Ambisi Masdar adalah menjadi salah satu penggerak terdepan dalam pengembangan hidrogen hijau secara global dan
kami percaya bahwa transportasi adalah salah satu pasar yang paling strategis untuk hidrogen hijau. Penandatanganan Kesepakatan ini berpotensi untuk mengurangi emisi CO2 secara relevan pada transportasi angkutan jalan raya di Eropa. Ambisi UEA adalah memberikan dukungan dalam menjadi pemimpin pasar hidrogen rendah karbon pada tahun 2031 dan hal ini juga sejalan dengan visi untuk menjadi penggerak pertama yang cerdas dalam melaksanakan proyek bersama mitra yang strategis di seluruh dunia,” ungkap Mohamed Jameel Al Ramahi, selaku CEO Masdar.

Sebagai informasi, perusahaan Masdar berdiri sejak tahun 2006 dan telah mengembangkan proyek di lebih dari 40 negara dengan total kapasitas pembangkit listrik lebih dari 20 GW (Gigawatt).

Masdar berkomitmen untuk berinvestasi dalam proyek-proyek di seluruh dunia, dengan nilai gabungan lebih dari US$30 miliar dalam rencana perkembangan yang ambisius untuk mencapai 100GW pada tahun 2030.

Komitmen Daimler Truck Jadi Perusahaan Ramah Lingkungan

Daimler Truck kembangkan BBM hidrogen

Daimler Truck kembangkan BBM hidrogen dengan Masdar

Daimler Truck kembangkan BBM hidrogen untuk pasar Eropa, hal ini merupakan bagian dari komitmen kuat dalam menegakkan Paris Climate Agreement untuk menjadi pemimpin transportasi yang berkelanjutan.

Baca juga  Indonesia Bisa Jadi Pemain Utama Energi Baru, Punya SDA Hidrogen Melimpah!

Sebagai salah satu perwujudannya, Daimler Truck berencana membuat seluruh jajaran truk dan busnya menjadi netral emisi CO2 dalam berbagai operasi di seluruh pasar inti global (Eropa, A.S., Jepang) pada tahun 2039. 

Dalam mengurangi emisi karbon di dunia transportasi, Daimler Truck membuat strategi ganda melalui pengadaan kendaraan bertenaga hidrogen dan baterai (truk listrik).

Masdar siap support hidrogen cair untuk truk Mercedes-Benz genH2 di Eropa

Masdar siap support hidrogen cair untuk truk Mercedes-Benz genH2 di Eropa

Pada pameran kelayakan penggunaan hidrogen cair pada transportasi jalan raya, prototipe Mercedes-Benz GenH2 Truck baru-baru ini menyelesaikan perjalanan sejauh 1.047 kilometer melintasi Jerman mulai Woerth am Rhein hingga Berlin hanya dengan satu kali pengisian hidrogen cair di kondisi jalanan riil.

Truk hidrogen Mercedes-Benz GenH2 akan siap memasuki pasar pada tahun 2027. Truk ini didukung oleh sistem sel bahan bakar yang berpusat pada sel dan dilengkapi dengan sistem tangki bahan bakar hidrogen cair. Pada perjalanan perdananya tadi, truk tersebut sukses melaju dengan aman meski muatan penuh dan bobot gabungan kendaraan mencapai 40 ton.

Baca juga  Indonesia Bisa Jadi Pemain Utama Energi Baru, Punya SDA Hidrogen Melimpah!

Daimler Truck juga sedang membangun armada uji coba pelanggan untuk Truk Mercedes-Benz GenH2 yang diharapkan dapat digunakan pada pertengahan tahun 2024. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika