Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Penjualan Naik Turun, Ekspor Mitsubishi XForce Dari Indonesia Menuju Filipina

by Ivan
Ekspor Mitsubishi XForce dari Indonesia menuju Filipina

Penetrasi penjualan Mitsubishi XForce di dalam negeri yang naik-turun nampak tak mempengaruhi ekspor mobil ini ke negeri tetangga. Diketahui ekspor Mitsubishi XForce batch pertama dari Indonesia sudah menuju Filipina.

Yups penjualan Mitsubishi Xforce saat ini cenderung belum stabil. Puncaknya di bulan Februari 2024 lalu, penjualan XForce sempat terjun bebas ke posisi 9 karena hanya terjual sebanyak 33 unit.

Meski langsung terkoreksi di bulan selanjutnya dengan kenaikan signifikan pada penjualan bulan April 2024 lalu yang terserap sebanyak 425 unit naik dari 80 unit terjual sepanjang bulan Maret 2024 menurut data Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Ekspor Mitsubishi XForce Segera Tiba di Filipina

Diskon Mitsubishi XForce NIK 2023 menggiurkan
Diskon Mitsubishi XForce NIK 2023 menggiurkan

Gelombang pertama unit ekspor Mitsubishi XForce 2024 buatan PT MMKSI diketahui tengah dalam perjalanan menuju Filipina. Negeri Lumbung Padi tersebut memang menjadi pasar utama bagi Mitsubishi Motors.

Pangsa pasar Mitsubishi di Filipina cukup signifikan dan bertengger di posisi kedua setelah Toyota. Adapun ceruk pasar Mitsubishi di sana mencapai 17,75% sepanjang tahun 2023.

Baca juga  7 Spesifikasi dan Harga Mitsubishi XForce 2023 Dibanding Kompetitor!

Beberapa tahun ke depan tentu bakal menjadi tahun yang penting bagi Mitsubishi Motors Filipina, karena kedatangan banyak pemain baru di pasar otomotif mereka. Juga akan memanas seiring dengan peluncuran banyak model baru dari merek-merek terkenal.

Jika Toyota menggeber langkah dengan memperluas jaringan serta memasuki lebih banyak segmen pasar dengan model-model baru. Mitsubishi Motors Filipina percaya diri untuk membawa Mitsubishi XForce.

Mitsubishi
Mitsubishi XForce jadi incaran untuk test drive

Dengan dimulainya ekspor crossover kompak barunya ini, XForce, Mitsubishi Motors Philippines Corporation memproyeksikan bahwa model baru ini akan tiba di Filipina pada bulan Juni dengan kran pemesanan yang sudah dimulai pada awal Mei.

Dibangun di PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia, XForce adalah crossover lima tempat duduk yang memadukan gaya SUV autentik dengan interior lapang dan serbaguna. Juga didukung kemampuan manuver yang sempurna untuk jalanan perkotaan yang padat di negara tersebut.

Xforce mengadopsi konsep desain Dynamic Shield terbaru dari Mitsubishi sehingga menghasilkan SUV yang memadukan keanggunan dan kekokohan. Bodi bagian atas dimaksudkan agar terlihat ringan secara visual, sedangkan bagian bawah dibuat kokoh ditopang ground clearance setinggi 222 mm.

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Nyamannya Bikin Penumpang Senang Saat Mudik

Ada 2 Varian XForce di Filipina

Kepincut beli Mitsubishi XForce
Pilihan warna menarik Mitsubishi XForce

Berdasarkan data yang diperoleh, akan ada dua varian untuk gelombang pertama. Mitsubishi Filipona memesan Xforce 1.5L 2WD CVT yang akan masuk di grade “M”, serta Xforce 1.5L 2WD CVT di grade “P”.

Meski tidak tahu persis apa maksudnya, karena data menyebutkan kedua kendaraan tersebut hadir dengan velg 18 inci, ban 225/50/R18, mesin 1.5L 104 PS, dan CVT. Kami akan menebak bahwa M adalah model kelas menengah, sedangkan P adalah model Premium atau kelas atas.

Data menunjukkan grade M sebanyak 165 unit diekspor ke Filipina pada April lalu. Pada periode yang sama, Mitsubishi Motors Filipina juga mendatangkan 204 unit grade P. Jadi totalnya ada 369 Mitsubishi XForce yang bakal masuk dari Indonesia.

Mitsubishi XForce dibekali 4 mode berkendara yang berbeda. Normal, Wet, Gravel, dan Mud
Mitsubishi XForce dibekali 4 mode berkendara yang berbeda. Normal, Wet, Gravel, dan Mud

Angka 369 unit sepertinya tidak banyak, tetapi anggap saja itu hanyalah pengiriman batch pertama. Diperkirakan angka yang jauh lebih tinggi ketika data dari bulan Mei dirilis, dan juga untuk bulan Juni.

Mitsubishi awalnya merencanakan peluncuran Xforce pada bulan Juni, namun kemungkinan besar mereka akan menunda peluncuran tersebut hingga Juli. Alasan yang mungkin (jika mereka melakukan penolakan) adalah agar mereka dapat menambah inventaris.

Baca juga  Pengunjung Jajal Fitur Mitsubishi Xforce di Summarecon Mall Bekasi

Tidak ada gunanya meluncurkan model jika unit tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan pelanggan. Dan mengingat penerimaan masyarakat Filipina yang umumnya kuat terhadap Mitsubishi, kami memperkirakan antrean panjang, terutama untuk sesuatu yang sangat baru.

Pelanggan terkesan dengan pengendaraan dan berkendara solid yang ditawarkan Xpander, dan mereka dapat mengharapkan sesuatu serupa (jika tidak lebih baik, berkat CVT atau versi A/T 4 percepatan di Xpander) dengan XForce.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika