Electric Starter Motor Ngadat? Empat Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Moladin Electric starter jadi komponen penting di sepeda motor, memudahkan para pengendara untuk menghidupkan mesin, dengan komponen yang satu ini tak perlu susah payah melakukan kick starter, cukup dengan sekali tekan motor langsung hidup.

Electric starter juga kadang jadi salah satu komponen yang suka membandel lho Moladiners, seringkali ngadat dan membuat kita jengkel karena tidak berfungsi. Alhasil, susah payah menggunakan kick starter untuk menyalakan motor.

Biasanya saat kondisi seperti ini pengendara langsung salahkan aki, padahal ini belum tentu jadi penyebab utamanya. Kondisi aki yang soak dikutip dari laman suzuki.co.id, bukanlah penyebab utama. Tetapi salah satu dari empat komponen yang sebabkan electric starter tak berfungsi. Moladiners cek empat komponen ini ya jika mengalami masalah pada electric starter.

Honda Beat Street

*Angsuran mulai dari

Switch Starter

Switch starter adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik, yang akan menyambung dan memutus arus listrik. Saat electric starter ngadat, coba cek komponen yang satu ini apakah benar-benar berfungsi. Caranya mudah, sambungkan kabel antara switch starter tersebut, jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah berfungsi, itu jadi tanda kalau switch starter rusak atau kotor sehingga perlu dibersihkan.

Switch starter

Switch starter jka berbunyi cekrek-cekrek atau malah berfungsi, tanda kalau rusak atau kotor

Bendik

Komponen ini fungsinya memicu aliran listrik dari api yang nantinya diumpankan ke dinamo starter. Jika bendi rusak, sudah tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dinamo starter, dan mesin tak mau meyala. Untuk memastikannya, coba dengarkan baik-baik komponen yang satu ini. Jika switch starter ditekan dan bendik tidak merespon atau tidak ada suara, maka patut dicurigai masalahnya pada bendik.

electric-starter-motor-ngadatBendik yang rusak tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dinamo starter

Dinamo Starter

Kerusakan komponen ini terbilang cukup langka, biasanya kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya. Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara, jika bendik bereaksi saat switch starter ditekan (dalam kondisi on), patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

Dinamo starter

Dinamo starter yang rusak disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

Aki Soak

Jika seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, maka bisa dipastikan kalau akinya soak. Tentu saja untuk lebih memastikannya, bisa di tes dengan menggunakan aki lain yang masih bagus sebagai pemancing. Jika mengalami kondisi seperti ini, solusinya adalah dengan mengganti aki (jika menggunakan aki kering), untuk aki basah cukup dengan mengganti cairan aki kemudian menyetrumnya kembali.

AkiKalau kondisi Aki soak dianjurkan untuk segera menggantikanya

Baca Juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *