[Fakta] Motor Alay Honda CBX125F, Silinder Tunggal Pakai 2 Karburator?

Haloo sobat Moladiners. Kalau bahas soal motor pabrikan sayap kepak ini seakan selalu jadi pembahasan yang menarik, sob. Tentunya buat FBH sebutan fans fanatik Honda. Perihal motor yang berkubikasi 125cc milik Honda, pasti keingetannya sama Supra X 125 atau Vario 125. Tapi tau nggak sob, fakta motor alay Honda CBXq125F pernah dirilis puluhan tahun silam? Penasaran? Yuk kepoin ceritanya di bawah ini ya sob!

Yap, kali ini Jinny bakal ngebahas fakta seputar motor unik lagi. Melirik satu motor jadul 125cc yang bisa dibilang memiliki spek mesin yang gahar pada masanya, Honda CBX125F.

 

Sejarah Honda CBX125F

Honda CBX125F pertama kali memulai debut pertamanya pada tahun 1983 silam. Teknologi pada sektor mesinnya pernah nge-top lantaran teknologi yang bisa dibilang ekstrem pada masanya, sob. Gimana enggak? Meski mesinnya hanya 125cc motor ini punya twin muffler alias knalpotnya yang dobel. Bisa bikin ketipu disangka motor 2 silinder, padahal silinder jomblo, guys.

Eksistensi motor ini cukup bertahan lama sekitar 1 dekade sejak debut pertamanya hingga akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1993.

 

Teknologi Motor Alay Honda CBX125F

Motor Alay Honda
Motor Alay Honda Dengan Teknologi RFVC Menggunakan 2 karburator dan Knalpot

Bos, alay disini bukan tanpa manfaat, tapi bener kalo Honda secara “berlebihan” membangun motor ini pada masanya. Mesin Honda CBX125F ini punya teknologi RFVC (Radial Four Valve Combustion) yang memungkinkan klep dijejali dengan ukuran yang sebesar-besarnya.

Motor Alay Honda
Diagram Teknologi RFVC

Dengan RFVC  ini, makanya CBX125F bisa dijejali 2 karburator tapi silindernya tetep 1. Hal tersebut bukan tanpa efek samping, tentu saja suplai bensin ke mesin lebih deras! Dan rupanya, teknologi semacam RFVC ini masih diadopsi motor modern jaman now. Nggak percaya? coba tengok jeroan mesin milik MV Agusta F3.

teknologi serupa rfvc mv agusta
Silinder Head MV Agusta F3 Yang Menngadopsi Teknologi Serupa RFVC

Basis mesin  Honda CBX125F ini dibekali jantung pacu 4-tak 125cc silinder tunggal, RFVC 4 klep dengan pendinginan masih air cooled alias belum radiator. Nah soal muntahan powernya, Honda CBX punya keluaran tenaga yang super alay. Gila sob, powernya tembus 17 HP dengan torsi 10,7 Nm! Bayangin sob, ini motor 125 cc loh. Dan hebatnya lagi, meskipun secara kasat mata CBX125F ini punya ukuran mesin yang gede, namun berat kosong motor hanya 109kg. Kalo kalian sempet bandingin bobotnya dengan motor bebek sekarang ini, nggak bakal beda jauh sob.

Dimensi Mesin Super Jumbo
Dimensi Mesin Super Jumbo Milik Honda CBX125F

 

Baca juga : CB125X dan CB125M, Motor Retro 125cc dari Honda

 

Berakhirnya Karir Honda CBX125F

Selain itu mesin yang mengusung teknologi RFVC ini memiliki dimensi yang super jumbo yang mana membuatnya terlihat kurang ringkas. Belum lagi perkembangan teknologi yang makin maju seperti sekarang ini bikin mesin ringkas yang bisa memuntahkan power hampir menyamai motor dengan teknologi RFVC. Tambah lagi karena dobel karburator, asupan bahan bakar pun jadi lebih boros, kan bisa bikin bangkrut sob!

Boros Bensin
Motor Dengan 2 Karburator? Dijamin Boros Bensin Sob

Alasan lainnya adalah pada masa 90-an awal dihentikannya produksi CBX125F, orang-orang masih lebih cenderung untuk memilih motor 2 tak. Alhasil, raungan si motor alay ini kurang kedengeran dan berakhir enggak laku.

Tapi cukup bisa diacungi jempol, era 1980-1990an penuh motor “ajaib” dengan teknologinya yang bikin terkagum-kagum. Bagaimana menurut kalian tentang Motor alay Honda CBX125F si kecil cabe rawit ini, sob? Daripada beli motor kayak gini yang borosnya minta ampun, mending beli motor yang irit, bisa selap-selip di kemacetan. Kayak motor di bawah ini!

YAMAHA LEXI

*harga di bawah adalah DP mulai

 

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *