Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

First Impression Alva One XP, Lincah dan Eye Catching!

by Firdaus Ali
First Impression Alva One XP

Berikut akan kami ulas first impression Alva One XP. Skutik listrik ini baru saja meluncur pada event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Alva One XP dijual dengan badnerol Rp 38,5 juta OTR Jakarta. Menyandang sebagai skutik listrik dengan harga yang cukup mahal, tentunya Alva One XP didukung dengan tampilan, performa dan fitur yang tidak mengecewakan.

Motor listrik racikan dalam negeri ini, diproduksi oleh manufaktur Alva dan diklaim sudah memperoleh sertifikasi ISO 9001 untuk Manajemen Mutu dan ISO 14001 untuk Manajemen Lingkungan.

“Alva One XP menambah jajaran motor listrik yang mengutamakan perpaduan antara kemudahan berkendara, gaya, dan aspek berkelanjutan yang diciptakan. Alva One XP hadir tidak hanya sebagai solusi mobilitas, namun juga melengkapi kebutuhan akan berkendara ramah lingkungan sebagaimana inisiatif pemerintah menuju era elektrifikasi. Kami mengajak seluruh pengendara untuk menjadi game changer, dan menciptakan titik-titik penyerapan emisi baru dengan berkendara bersama Alva One XP,” jelas Chief Marketing Officer ALVA, Putu Yudha (6/3).

Baca juga  Benelli Dong Vs NIU NQi Sport 35, Pilih Motor Listrik Mana?

Kembali ke pembahasan first impression Alva One XP, kali ini kami bersama rekan-rekan media lain diberi kesempatan mencoba diarea salah satu restoran di Bintaro sektor 9. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Posisi Berkendara Cukup Nyaman

First Impression Alva One XP

Jok lebar dan empuknya pas

First Impression Alva One XP pertama adalah posisi berkendara yang dirasa cukup nyaman. Hal ini berkat desain dan dimensi jok yang mampu menopang pantat secara penuh serta posisi ketinggian dan lebar setang dan pijakan kaki yang cukup ideal untuk tinggi badan minimal 170 cm.

Melewati obstacle dengan ukuran yang sempit serta pakai kerikil batu tidak membuat berkendara Alva One XP susah. Posisi badan, tangan dan kaki mudah menyesuaikan karakter dari Alva One XP.

Alva One Xp punya dimensi panjang 1.960 mm, lebar 755 mm dan tinggi 1.299 mm. Kemudian untuk wheelbase di angka 1.200 mm.

Performa dan Handling Tidak Mengecewakan

First Impression Alva One XP

Handling enak

Selanjutnya, first impression Alva One XP membahas performa. Setelah mencoba posisi berkendara dan dirasa sudah nyaman, kami langsung mencoba performa dan handlingnya.

Baca juga  Ini Harga Dhelvic Genesis, Motor Listrik Sport dengan Carbon Kevlar

Tarikan awal Alva One XP ini tidak terlalu agresif seperti motor listrik Cina. Alva One XP lebih smooth, namun saat diperlukan akselerasi yang galak, skutik listrik ini bisa mengakomodirnya.

Obstacle yang dipersiapkan panitia sengaja dibuat sempit dengan beberapa belokan dan speedtrap. Aspalnya juga tidak halus, melainkan pakai batu-batu kecil (kerikil). 

Melewati setiap rintangan  mudah melewatinya, saat ditemukan haru putar balik juga tidak sulit. Begitu juga saat melewati jalan putar balik yang sempit, handlingnya masih oke. Dan saat melewati speedtrap, suspensi bekerja dengan baik.

Alva One XP memakai 2 baterai lithium 2,7 kWh dengan waktu pengecasan sekitar 4 jam (1 baterai). Baterai tersebut dipadupadankan dengan motor listrik hub drive berdaya 5,4 PS dan torsi puncak 46,5 Nm.

Kecepatan maksmumnya mencapai 90 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 140 kilometer (2 baterai)

Fitur Cukup Lengkap, Permudah Pengendara dan Pemiliknya

First Impression Alva One XP

Panel cluster bisa menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan

Selain desain yang modern dan warna yang eye catching, Alva One XP juga sudah mengadopsi fitur modern untuk mempermudah pengendara mendapatkan informasi.

Baca juga  Intip 3 Desain Motor Listrik MBI Yang Akan Masuk Indonesia

Panel clusternya cukup lebar, dengan layar dynamic TFT ukuran 7 inci yang dapat menyesuaikan kondisi cuaca. Jadi, pengendara makin mudah saat berkendara pada siang ataupun malam hari karena warna latar panel cluster bisa diganti menjadi warna gelap atau terang sesuai kebutuhan.

Layar Dynamic TFT ini juga dapat dipersonalisasi dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan pengendara seperti kecepatan, status baterai, jarak tempuh, dan petunjuk navigasi.

Kemudian, ada pula fitur reverse button, LED with Positioning Head Lamp, LED with Positioning Head Lamp, USB Port, LED Tail Lamp. smart key, my Alva mobile apps, dan fitur modern lain.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 
 
 
 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika