Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ford Explorer EV, Mobil Listrik Hasil Kolaborasi VW

by Firdaus Ali
Ford Explorer EV

Ford Explorer EV resmi diperkenalkan untuk pasar Eropa. Di mana mobil elektrik ini dikatakan mampu menempuh jarak hingga 498 kilometer.

Dikutip dari laman paultan, Ford Explorer EV mempunyai dimensi yang kompak menyesuaikan dengan jalanan kota di Eropa. Saat ini mobil elektrik dari Ford ini mempunyai panjang 4,5 meter, lebih pendek jika dibandingkan dengan Ford Explorer bermesin bensin lansiran 2020 yang mempunyai panjang 5,5 meter.

Ford Explorer EV dibangun atas kolaborasi dengan Volkswagen (VW), yaitu dengan menggunakan arsitektur MEB Volkswagen untuk kendaraan listrik. Wajar, kedua brand tersbut sudah menjalin kemitraan dari beberapa waktu lalu.

Tampilan eksterior dari mobil listrik asal pabrikan Amerika ini terlihat futuristik dan simpel, khas mobil masa depan. Hal itu bisa diihat dari headlamp LED berbentuk pipih yang dikombinasikan dengan bumper beraksen garis horizontal. Bagian grill polos, hanya ada emblem logo Ford dan di atasnya ada tulisan Explorer dibalut warna hitam.

Meski terlihat sederhana, bagian samping mobil ini terlihat cukup atraktif untuk garis lekukan bodynya. Hal ini nampaknya untuk membantu aerodinamika. Sementara itu untuk bagian belakangnya juga terlihat simpel namun kental denan aura futuristik, menyesuaikan tampilan bagian depan.

Baca juga  Sejarah Mobil Tesla, Kendaraan Listrik Paling Terkenal di Dunia

Oh ya, untuk mendukung tampilan dengan aura mobil masa depan, Ford Explorer EV mengadopsi velg alloy dengan desain berbentuk bintang yang dibalut perpaduan warna hitam dan silver. Untuk ukuran memang belum diinformasikan oleh pihak terkait, namun prediksinya 18 inch.

Masuk ke dalam kabin interior, terlihat aura elegan dan modern. Dibagian dashboard terlihat layar sentuh berukuran 15 inchi  dengan sistem Sync Move model vertikal yang sudah bisa terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Kemudian, ada pula wireless charging yang muat untuk dua smartphone.

Selanjutnya, untuk menunjang kenyamanan pengemudi selama perjalanan, Ford Explorer EV juga menyuguhkan teknologi pemanas dibagian jok supir dan setir. Tak hanya itu saja, dibagian kursi pengemudi juga terdapat fitur pemijat. Oh ya, mobil ini juga sudah mengaopsi teknologi handsfree untuk membuka pintu bagasi. Hal ini tentunya memudahkan akses pemilik mobil saat akan memasukan barang bawaaan.

Untuk fitur keselamatan, mobil listrik ini sudah mengadopsi fitur Assisted Lane Change untuk membantu pengemudi saat berpindah jalur supaya lebih aman, kemudian ada pula fitur Clear Exit Assist yang berguna untuk memberi peringatan jika ada pengendara sepeda atau pejalan kaki yang berpotensi terjadi benturan.

Baca juga  Bocoran Spesifikasi SUV Listrik Honda Prologue, Dijual Awal Tahun 2024?

Performa Baterai & Harga Ford Explorer

Ford Explorer EV

Interior Ford Explorer EV

Berbicara performa, mobil listrik ini dikabarkan akan menggunakan motor ganda yang menawarkan kombinasi tenaga 340 PS dan torsi puncak 545 Nm. Menariknya, untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam diklaim hanya butuh waktu tidak lebih dari 6 detik. Untuk jarak tempuh maksimal dari mobil listrik ini diklaim mampu mencapai 498 kilometer. 

Soal harga, mobil listrik ini dikabarkan akan dijual dengan pilihan 2 varian, Ecpolrer dan Explorer Premium. Di mana untuk harga dimulai dari 45.000 Euro atau kisaran Rp 750 jutaan. Terjangkau bukan?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika