by

Mengenal Fungsi Kampas Ganda di Motor Matik

Sebuah motor skuter matik (skutik) dilengkapi dengan komponen vital bernama kampas kopling ganda. Fungsi kampas ganda tentunya sangat penting bagi Continuosly Variable Transmission (CVT).

Terkait dengan cara kerja dan fungsi kampas ganda. Komponen ini sangat berperan penting untuk membantu motor matik, agar berjalan secara sempurna.

Lebih jelasnya, peran kampas ganda berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang. Fungsi kampas ganda menggunakan gaya sentrifugal.

Ketika gas mulai diputar maka disitu ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling.

Saat motor matik berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan, atau menyalurkan tenaga tergantung putaran mesin.

Sebagai gambaran untuk kamu terkait fungsi, kampas ganda dengan mangkok kopling sebelum digas akan renggang. Ketika mulai digas, sliding shave menekan kampas, merapat meneruskan tenaga dari putaran mesin, ke sistem transmisi CVT, sehingga roda berputar.

Sistem kopling skutik sendiri memakai tipe kering. Berbeda dengan motor transmisi manual yang memakai kopling basah.

Kopling di motor skutik pun sepatutnya tetap dalam kondisi kering. Bagi kamu pemilik motor, wajib untuk tetap menjaga area CVT tetap dalam kondisi kering, dan wajib memastikan tidak terkena kotoran oli atau debu yang berlebih, karena bisa membuat kampas slip.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu rutin untuk membersihkan CVT secara berkala.

Gejala dan Fungsi Kampas Ganda yang Mulai Aus

fungsi kampas ganda
Mengenal fungsi kampas ganda pada motor matik

Perlu diketahui oleh semua pengguna motor matik seperti Yamaha NMax, Honda Vario, dan lainnya mengenai dampak atau fungsi kampas ganda yang mulai mengalami aus atau habis. Dapat mempengaruhi tenaga yang disalurkan jadi tidak maksimal.

Baca juga  Spesifikasi Kymco GP 125, Motor Matik Rp 20 Jutaan

Biasanya kampas kopling ganda skutik yang mulai menipis mengalami gejala getar, ketika dipakai berkendara. Dampak lainnya, akan terasa akselerasi awal menjadi lebih berat.

Tak hanya menimbulkan gejala getar, di beberapa kasus ada perubahan suara di area CVT. Ketika sejumlah gejala dan fungsi kampas ganda yang mulai aus tersebut kamu dapat rasakan.

Sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke area CVT. Dalam hal ini kamu harus membongkar CVT, Sob!

Secara kasat mata bisa dilihat, apakah kampas kopling sudah aus atau belum. Karena berdampak pada fungsi kampas ganda dalam menunjang performa. Namun jika ingin lebih aman, bisa berdasarkan jarak tempuh dari motor tersebut.

Mengecek fungsi kampas ganda skutik dapat dilakukan dengan mudah, tinggal bongkar CVT sudah terlihat aus atau belum. Mengacu pada jarak tempuh, normalnya berkisar 24.000 kilometer hingga 35.000 kilometer biasanya sudah terjadi keausan pada kampas kopling ganda.

Nah, apabila kampas kopling ganda skutik yang kamu punya sudah harus diganti. Kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp 100 ribuan hingga Rp 400 ribuan, tergantung dari tipe motor dan belum termasuk biaya pemasangan.

Memilih Kampas Kopling Ganda yang Tepat

Komponen CVT dalam menunjang fungsi kampas ganda
Komponen CVT dalam menunjang fungsi kampas ganda

Dalam mempelajari mengenai fungsi kampas ganda, dan cara memilih yang tepat. Pemilik kendaraan seharusnya lebih teliti, karena dapat memengaruhi performa kendaraan. Jika salah memilih, tenaga yang disalurkan ke CVT tidak akan bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui cara memilih dan fungsi kampas ganda secara tepat. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan material yang digunakan.

Umumnya, kampas kopling yang tidak berkualitas dibuat dengan bahan baku yang kurang kuat dalam menahan gesekan saat melaju dengan rpm tinggi. Alhasil, tenaga yang disalurkan ke CVT tidak menghasilkan akselerasi yang maksimal.

Baca juga  7 Rekomendasi Motor Bekas Rp 10 Jutaan, Cocok Untuk Ojek Online

Bila dipaksakan untuk tetap digunakan, fungsi kampas ganda yang seperti ini dapat mengakibatkan slip dan menurunkan kualitas mesin.

Menyoal jenis bahan kampas kopling, biasanya menggunakan material rockwoll. Material tersebut diklaim dapat menghasilkan performa yang maksimal.

Bahan yang satu ini memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi terhadap suhu panas yang ada di dalam mesin. Rockwoll pun diketahui lebih kuat terhadap gesekan.

Maka dari itu, kamu tak perlu khawatir saat mesin terpaksa bekerja terlalu keras. Pasalnya fungsi kampas ganda dijamin lebih optimal.

Tak sebatas bahan saja, kamu juga perlu mempertimbangkan tipe kampas kopling ganda sebelum memilihnya. Sebagai pilihan terbaik, kamu bisa jatuhkan pilihan pada basic material ceramic.

Khusus untuk tipe yang satu ini, biasanya dikombinasikan dengan ceramic clutch plate untuk menciptakan performa yang handal dan sempurna meski suhunya tinggi.

Terkait dengan penggunaannya, tipe kampas kopling ganda ini bisa digunakan untuk kompetisi balap dan juga harian. Plat kopling dengan material ceramic sudah berhasil dikembangkan oleh banyak pabrikan dunia.

Gimana sudah tahukan kampas kopling ganda apa saja yang bisa kamu gunakan, agar dapat menunjang keamanan dan kenyamanan untuk menghadapi segala kondisi medan jalan.

Berikut ini Moladin juga akan memberikan sedikit tips mengenai cara merawat kampas kopling ganda supaya lebih awet.

1. Berkendara Dengan Tepat

fungsi kampas ganda motor matik
Berkendara dengan santun akan mempengaruhi daya tahan komponen termasuk kampas ganda

Usia pakai kampas kopling ganda sejatinya tergantung dengan karakter kamu berkendara, serta kondisi jalan yang kamu lalui setiap harinya. Jadi kamu bukan hanya perlu mengetahui fungsi kampas ganda saja.

Sebagai contoh motor yang digunakan secara santun, umumnya kondisi kampas kopling lebih baik. Alasannya, pengendara yang santun, tidak akan tiba-tiba memutar selongsong gas dalam. Mereka biasanya mengurut dari pelan, sampai cepat. Saat melakukan pengereman juga tidak mendadak.

Baca juga  Yamaha Gear 125 Kuat Nanjak?

Gaya santun itu sesungguhnya mampu meringankan kerja kampas kopling ganda. Dampaknya usia pakai jadi lebih tahan lama. Terlebih bila dibandingkan kalau kamu yang suka berkendara motor dengan gaya gas rem.

Dampaknya bisa mengakibatkan kampas kopling ganda cenderung lebih cepat aus, Sob!

2. Rajin Cek Kondisi CVT Secara Berkala

upgrade cvt mio m3
Lakukan pengecekan berkala pada CVT motor matik Anda

Pengecekan komponen kampas kopling ganda bisa kamu lakukan bersamaan dengan periode servis berkala. Untuk itu, mengetahui fungsi kampas ganda wajib diketahui seluruh pemilik skutik.

Bila takut terlupa, ada baiknya mengecek tiap ganti oli.  Kalau kamu bingung caranya, bisa serahkan ke mekanik di bengkel resmi. Biasanya proses pengecekan ini bersamaan proses pembersihan CVT.

Mengingat ruang CVT harus selalu kondisi bersih, agar performa tetap dalam kondisi terbaik.

3. Jangan Modifikasi Setengah-Setengah!

Fungsi kampas ganda berperan pada CVT
Berbicara mengenai fungsi kampas ganda, berperan penting bagi CVT

Masih banyak masyarakat yang melakukan modifikasi pada komponen CVT secara setengah-setengah. Sebut saja ganti roller, per kopling, dan lainnya dengan komponen aftermarket.

Akibatnya, jika ada komponen yang diganti tidak sesuai standar, kemungkinan besar bakal membebani komponen lainnya, termasuk kampas kopling.

Alhasil mempengaruhi fungsi kampas ganda yang harus bekerja tidak sesuai standar. Dengan demikian, usia pakainya pun bisa jadi lebih pendek. Untuk itu, salah satu cara perawatan kampas kopling ganda pada motor matik adalah dengan menjaga komponen penunjang lainnya tetap standar pabrikan.

Gimana sekarang sudah tahukan mengenai cara kerja dan fungsi kampas ganda beserta tips merawatnya. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam merawat motor matik kesayanganmu, ya!

Baca juga:

Terbaru