Senin, September 26, 2022

Fuso eCanter, Truk Listrik yang Bisa Konsumen Coba!

by Tigor Sihombing
Fuso eCanter

Truk Listrik, Mitsubishi Fuso eCanter sebentar lagi sudah bisa diuji coba oleh konsumen Mitsubishi di Bali. Hal ini dijanjikan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Bagi konsumen yang ingin mencoba truk Fuso eCanter ini bisa dilakukan mulai Agustus 2022. Menurut Mitsubishi dalam keterangan resminya, Kamis (28/7). Momen tersebut akan menjadi pertama kalinya truk eCanter diuji coba dalam operasional sehari-hari di Indonesia.

Uji coba yang dilakukan oleh KTB ini adalah bentuk dukungan yang lebih besar dalam proses transisi menuju pengurangan emisi dalam industri transportasi. Ini sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk mencapai karbon netral.

Truk listrik tersebut rencananya akan  digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan medukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali. Dari aktifitas ini, KTB dan MFTBC berharap dapat mengumpulkan data dan masukan berharga mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya selama tahap eksplorasi ini.

Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT KTB mengatakan “Kami akan memulai Proof of Concept (uji coba) eCanter di Bali dengan konsumen, perusahaan yang berpengalaman. Kami memastikan akan mengambil langkah baru di era EV Indonesia.”

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana Lebih Baik?

“Di bawah kepemimpinan kuat dari Pemerintah Indonesia, kami ingin berkontribusi menuju karbon netral dengan teknologi canggih kami. Untuk mencapai hal tersebut, kami perlu memperlajari kebutuhan pasar yang sebenarnya dengan cara melakukan komunikasi dengan intens bersama dengan konsumen”.

Spesifikasi Truk Listrik, Mitsubishi Fuso eCanter

Sosok Mitsubishi Fuso E-Canter

Fuso E-Canter memiliki penggerak motor listrik yang ramah lingkungan

eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara massal dan dikembangkan oleh MFTBC sebagai solusi untuk masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang serta emisi CO2.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 sebagai truk listrik seri pertama yang diproduksi di pasar Jepang, FUSO eCanter telah mendukung bisnis logistik dan industri lainnya dalam masa transisi netralitas CO2 yang berkelanjutan.

Motor listrik Mitsubishi eCanter menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan dengan kendaraan bertenaga diesel konvensional, dan sangat cocok untuk rute dalam kota serta operasional malam dan dini hari.

Sejauh ini, lebih dari 350 kendaraan eCanter telah dikirimkan ke pelanggan di Jepang, Eropa, Australia, dan Selandia Baru, dan secara kolektif telah menempuh jarak lebih dari 4,5 juta km di seluruh dunia.

Baca juga  Mitsubishi Fuso Euro 4 Siap Tempur di 2022

Menurut sumber dari Mitsubishi Jepang yang lebih dahulu memaskan eCanter, truk masa depan ini memiliki jarak tempuh baterai hingga 100 km.

Truk tersebut didukung oleh rnam baterai lithium-ion bertegangan tinggi dengan masing-masing baterai punya spesifikasi 420 V dan 13,8 kWh (total 82,8 kWh)

Daya angkut mencapai 4.5 ton, dengan berat kotor  mencapai 7,5 ton. Selain itu didukung oleh motor listrik magnet permanen dengan output tenaga puncak 135 kW atau 399 Nm.

Kecepatan maksimalnya 80 km per jam, dengan kemampuan fast charging 105 menit. Demikian ulasan terkait Fuso eCanter. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika