Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Garansi Baterai Mobil Listrik Wuling BinguoEV vs Neta V

by Tigor Sihombing
Garansi Baterai Mobil Listrik

Garansi baterai mobil listrik menjadi salah satu pertimbangan penting bagi konsumen dalam menentukan mobil listrik pilihan. Sebagai motor dalam menyuguhkan line-up mobil listrik di Tanah Air, pabrikan Korea Selatan dan Tiongkok seperti Hyundai, Wuling, Cherry, Neta, DFSK punya strategi berbeda terkait garansi baterai mobil listrik.

Ambil contoh pada Hyundai Ioniq 5, Wuling Air EV, hingga Neta V yang memberikan garansi baterai mobil listrik sampai 8 tahun. Umumnya garansi baterai mobil listrik dijamin dalam kurun waktu lumayan panjang untuk menumbuhkan minat dan kepercayaan kepada calon konsumen.

Namun berbeda dengan primadona baru BinguoEV dimana Wuling selaku prinsipal berani memberikan garansi baterai mobil listrik ini seumur hidup. Termasuk juga pada komponen motor listrik serta modul elektrikal lainnya.

Garansi Baterai Seumur Hidup Vs 8 Tahun

Garansi Baterai Mobil Listrik

Baru 7 hari, SPK Wuling BinguoEV tembus 1.000 unit

Wuling BinguoEV memberikan garansi baterai mobil listrik, motor listrik dan modul elektrikal seumur hidup untuk konsumen sebagai bentuk promosi kepada 1.000 pemesan pertama. Meski begitu, garansi baterai mobil listrik, motor listrik dan modul elektrikal Binguo EV tetap bisa gugur jika konsumen melanggar beberapa ketentuan diantaranya :

Baca juga  Harga Wuling Air EV Lite 2023, Mobil Listrik Rp 100 Jutaan!

1. Kepemilikan mobil sudah berpindah tangan.
2. Setahun maksimal 30.000 km, lebih dari itu akan dianggap untuk kepentingan komersial.
3. Pemilik BinguoEV harus mengikuti panduan maintenance dari SGMW.
4. Selama masa pakai harus pakai komponen asli yang dianjurkan bengkel resmi.
5. Garansi tidak valid lagi kalau mobil sudah mengalami modifikasi.
6. Hanya untuk varian Wuling BinguoEV yang berjarak tempuh 410 km.

Garansi baterai mobil listrik seumur hidup ini jelas satu nilai tambah tersendiri yang belum pernah ditawarkan pada mobil listrik lainnya saat ini. Tim Moladin tergelitik untuk membandingkan garansi baterai mobil listrik Wuling BinguoEV ini dengan garansi baterai pada NETA V.

Kedua mobil yang sama-sama mengusung desain simpel modern dengan format 4 pintu. Nah sebelum gimmick lifetime warranty Wuling BinguoEV disebar, Neta V sementara ini masih didaulat sebagai mobil lsitrik 4 pintu termurah di Indonesia, meski dengan garansi baterai mobil listrik hanya sampai 8 tahun.

“Basically itu strategi masing-masing (pabrikan). Artinya kan kita disini punya standar terkait dengan pakemmnya Neta. Jadi kita respek terhadap apa yang diberikan kompetitor dengan waranty (seumur hidup) tapi kita tetap punya hal lain yang bisa kita tawarkan kepada konsumen,” kata Fajrul Ilhami, Director of External Affairs and Product Neta Auto Indonesia kepada Moladin di diler Neta Tebet, 25 November lalu.

Baca juga  Wuling Air EV Long Range Vs Standar, Banyak Bedanya!

Menurut Fajrul, hal itu bisa dilihat dari keseriusan Neta dengan line up produknya, dan dengan rencana CKD di Indonesia. “Itu adalah bagian dari bagaimana konsumen juga bisa berfikir bahwasanya NETA juga bisa lebih menarik jika dibandingkan dengan kompetitor,” tambah Fajrul.

Lebih jauh Fajrul optimis bahwasanya garansi baterai mobil listrik Neta V hingga 8 tahun sudah dirasa cukup. “Kita juga punya R&D kita juga punya standar, artinya itu sudah bagian dari apa yang kita komitmenkan untuk konsumen,” dalihnya.

Lewat riset dan pengujian terukur, jika konsumen Neta V nantinya terkendala kerusakan baterai. Maka tidak perlu untuk melakukan penggantian bateria mobil listrik tersebut secara keseluruhan (1 pak). Sebab untuk kerusakan baterai Neta V diklaim ada opsi untuk dilakukan perbaikan jika mengalami masalah. 

Mobil listrik Neta V dengan baterai full berkapasitas 38,5 KwH diproyeksi siap melibas jarak sejauh 401 kilometer. Untuk mengotimalkan kinerjanya, terdapat sistem manajemen baterai yang dilengkapi dengan HEPT 3.0 Termostatic Battery Management System yang diklaim advance dalam hal pembagian daya listrik.

Baca juga  Promo Wuling Drive Into The Holiday, Diskon Rp 45 Juta!

Sementara NETA V memberikan garansi baterai mobil listrik 8 tahun atau 180 ribu kilometer. Neta Indonesia telah meyakinkan konsumen bahwa komponen baterai NETA V telah melalui berbagai macam uji teknis sehingga bisa diandalkan.

Guna menjamin perawatan baterai, pada setiap jaringan diler Neta nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas 6 Maintenance Bay, dengan peralatan spesial meliputi Hydraulic Battery Lifter, Insulated Tools, Special Diagnostic Instrument, Motor and Reducer Disassembly Lift.

Demikian ulasan terkait Garansi Baterai Mobil Listrik Seumur Wuling BingouEV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika