Geely Luncurkan Geome Xingyuan Pesaing BYD Dolphin, Harga Cuma Rp 174 juta

by Tigor Sihombing
Geome Xingyuan

Geely telah mengungkapkan foto resmi dari Geome Xingyuan, hatchback listrik terbaru yang akan bergabung dalam lini Geome.

Geome Xingyuan hadir dengan panjang 4,1 meter, diklaim siap merilis tenaga maksimum 114 hp, dan jarak tempuh hingga 410 km. Tak berlebihan jika Xingyuan siap menjadi pesaing serius bagi BYD Dolphin di pasar otomotif Cina.

Geome atau sebelumnya dikenal dengan nama Geometry, merupakan sub-brand independen di bawah Geely Group. Namun, penjualan mereka yang kurang memuaskan membuat Geometry diubah menjadi lini Geome langsung di bawah merek Geely.

Saat ini, model Geome mencakup enam mobil: Panda Mini, Panda Knight, G6, M6, E, dan A. Xingyuan hatchback akan menjadi ekstra amunisi dalam seri Geome.

Xingyuan memiliki gaya bodi ramping dengan lampu depan berbentuk tetesan air
Xingyuan memiliki gaya bodi ramping dengan lampu depan berbentuk tetesan air

Foto resmi Geome Xingyuan dirilis pada 2 September. Mengikuti bahasa desain baru yang pertama kali diperkenalkan pada model Geome, Xingyuan memiliki gaya bodi ramping dengan lampu depan berbentuk tetesan air, tuas pintu tersembunyi, dan atap hitam. Bagian belakang mobil menampilkan tulisan “Geome”, ada spoiler simpel, dan lampu belakang berbentuk oval.

Baca juga  Warga Jakarta Wajib Uji Emisi, Ada Denda Rp500 Ribu Menanti

Desain eksterior Xingyuan menggunakan pelek berdesain empat spoke berbentuk fuzzy. Trim plastik menghiasi bagian bawah bodi. Secara keseluruhan, desain Xingyuan mirip dengan Wuling Bingo dan Smart #1, meski tetap menonjol dengan kombinasi warna bodi hitam-beige.

Pada interior, konsol tengah mobil dilengkapi dengan dua tempat pengisian daya nirkabel, putaran transmisi, dua tempat cangkir, dan kompartemen penyimpanan kecil.

geely geome xingyuan miit 1
Desain lampu belakang ouval

Geely mengumumkan bahwa Xingyuan menggunakan Flyme Auto OS dari pembuat ponsel Meizu, yang sebagian besar sahamnya diakuisisi oleh Geely pada tahun 2022. Flyme Auto OS menawarkan integrasi tinggi dengan ponsel Meizu, opsi kustomisasi yang luas, dukungan game, dan asisten AI bawaan.

Dimensi Geely Geome Xingyuan adalah 4135/1805/1570 mm dengan jarak sumbu roda 2650 mm. Mobil ini 10 mm lebih panjang dan 35 mm lebih lebar dari BYD Dolphin, namun BYD Dolphin memiliki jarak sumbu roda 50 mm lebih panjang. Berat kosong Xingyuan berada di kisaran 1215 – 1285 kg.

Top Speed 125 km/jam

geely geome xingyuan official images 4
Interior kombinasi dua warna

Xingyuan dilengkapi dengan sistem penggerak listrik 11-in-1. Trim dasar dari Xingyuan menggunakan motor listrik TZ160XS001 dari GLB Power dengan tenaga 58 kW (78 hp), dengan kecepatan maksimum 125 km/jam. Versi yang lebih kuat menggunakan motor TZ160XS002 dari produsen yang sama dengan tenaga 85 kW (114 hp) dan kecepatan maksimum 135 km/jam.

Baca juga  Arti Plat Nomor SCV1 yang Dipakai Mobil Innova Zenix Paus Fransiskus

Geely Geome Xingyuan dilengkapi dengan dua baterai LFP buatan CATL. Paket pertama memiliki kapasitas 30,12 kWh, cocok untuk jarak tempuh 310 km menurut standar CLTC. Varian kedua adalah baterai 40,16 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 410 km.

Xingyuan dijadwalkan memasuki pasar tahun ini dengan harga awal sekitar 80.000 yuan atau sekitar Rp 174 jutaan. Demikian ulasan terkait mobil baru citu car Geome Xingyuan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika