oleh

Harga Ban Mobil Terbaik, Ada yang Murah!

Harga ban mobil di pasaran beragam, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Begitu pun dengan mereknya, seperti Michelin, Bridgestone, GT Radial, Dunlop yang menyediakan ban mobil dari berbagai ukuran.

Mungkin saat saat ini kamu sedang mencari harga ban mobil baru, untuk menggantinya. Nah Moladin akan memberikan refrensi harganya dari berbagai merek.

Tapi Sebelum menentukan dalam membeli ban baru, yang paling penting harus diperhatikan adalah jenisnya. Misalnya ketika memilih ban untuk mobil SUV yang sering dipakai off-road, jenisnya tentu berbeda dengan ban mobil yang sering dipakai di jalan aspal.

Untuk ban mobil penggunaan off road umumnya ban yang dipilih adalah  jenis Mud Terrain (M/T). Sedangkan untuk kondisi jalan semi off road bisa pakai jenis ban All-Terrain (A/T).

Sedangkan untuk penggunaan aspal biasanya High Terrain (H/T), ban yang lazim dipakai city car, MPV, dan juga sedan.

Benarkah Harga Ban MT Lebih Mahal Dibanding Ban AT?

Harga ban mobil MT Vs AT
Ban MT untuk keperluan offroad berat, sementara AT cuma buat offroad ringan karena habitat utamanya di jalanan aspal

Di pasaran sendiri, dua jenis ban yang sering bersinggungan adalah ban jenis MT dan AT. Hal ini karena kedua ban tersebut sama-sama bertapak kasar. Namun bedanya ban AT dirancang juga untuk andal di jalan aspal, sedangkan ban MT hanya untuk peruntukan medan lumpur.

Lantas apa kah ban MT dipasarkan lebih mahal ? “Tidak selalu. Karena ban mobil saat ini sudah diciptakan dengan teknologi yang makin baik. Misal kalau zaman dahulu ban MT dirancang dengan model dan bahan yang sangat kaku dan keras yang penting bisa garuk di jalanan lumpur, sekarang tidak lagi,” kata Ahmad Sobirin, pedagang ban di bilangan Matraman Jakarta Timur.

Baca juga  Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mengatasinya

Menurutnya ban MT saat ini sudah dibuat lebih canggih, lebih menarik, macho, dan nyaman. Sehingga cocok untuk semua permukaan jalan.

“Bahkan saat ini ban MT modern sudah tidak lagi seberisik dahulu jika di jalan aspal. Sekarang lebih halus noisenya, hampir sama dengan ban AT. Bahkan beberapa pabrikan bisa membuat ban pacul bisa dipacu dalam kecepatan tinggi di aspal. Begitu juga dengan ban AT,” tambahnya.

Jadi menurutnya saat ini lebih mahal atau lebih murah harga ban bukan dilihat dari jenisnya, yakni teknologi yang dimilikinya. “Misal sama-sama Bridgestone antara ban AT dan MT, ring 15 harganya di pasran sama-sama di kisaran harga Rp 1,3 jutaan,” tambahnya.

Daftar Harga Ban Mobil Terbaik, Berdasarkan Merek yang Beredar di Indonesia

1. Harga Ban Mobil Michelin

Harga ban mobil

Jika dalam waktu dekat kamu ingin mengganti ban mobil. Sudah seharusnya satu merek untuk semua ban. Jangan belang-belang.

Karena setiap pabrikan memiliki ukuran, pattern, dan komposisi bahan yang mungkin saja berbeda untuk ban mereka. Bisa dibayangkan ban yang berbeda spek itu terpasang di mobil kamu. Sangat beresiko pastinya.

Baca juga  9 Merek Ban Mobil Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Misal untuk ban Michelin, termurah di pasaran harganya Rp 924 ribu, untuk type Michelin Energy XM2 Plus ukuran 185/70 ring 14. Sedangkan harga ban mobil yang temahal adalah Michelin Latitude Sport 3 235/55 ring 19, harganya Rp 4,2 jutaan per satu ban.

Ban ini biasanya digunakan untuk mobil SUV sport Porche Macan.

Sedangkan untuk Michelin Energy XM2 Plus adalah ban-ban kelas menengah yang hadir dalam berbagai ukuran baik untuk MPV, Sedan, SUV.

Untuk kualitas, pabrikan Michelin mengklaim ban-ban buatannya tahan lama, dibandingkan dengan rata-rata pesaing premium, kokoh, dan memiliki jarak pengereman paling pendek dalam kondisi basah dibandingkan dengan para pesaingnya.

2. Harga Ban Mobil Bridgestone

Bridgestone Techno Tecaz
Bridgestone Techno Tecaz

Harga ban mobil berikutnya adalah Bridgestone. Sebagai brand ban mobil ternama, Bridgestone memiliki berbagai macam type ban. Dari kelas menengah ke bawah hingga ke atas. Untuk tipe-tipe ban Bridgestone ada Techno, Turanza,  Ecopia dan Dueler.

Dibanding Michelin, variasi ukuran ban mobil Bridgestone juga lebih banyak. Pabrikan asal Jepang ini memiliki ban mobil ukuran terkecil ring 12, dengan type Techno 155/80 77S.

Bridgestone Techno 155/80 R12 77S dibanderol mulai harga Rp 330 ribuan untuk harga satuan. Sedangkan yang termahal dan masih umum digunakan oleh mobil-mobil di Indonesia adalah Bridgestone Potenza RE 030 185/55 82V SP yang dibanderol Rp 4,4 jutaan

Baca juga  6 Cara Ganti Ban Mobil untuk Pemula, Pasti Bisa!

3. Harga Ban GT Radial

Harga ban mobil
Untuk type terkecil ada GT Radial Champiro Bxt Plus 155/70 R12 yang dibanderol Rp 477 ribu.

Berikutnya adalah harga ban GT Radial. GT Radial juga memiliki ban dengan berbagai ukuran. Untuk type terkecil ada GT Radial Champiro Bxt Plus 155/70 R12 yang dibanderol Rp 477 ribu. Sedangkan yang termahal adalah Savero Komodo MT Plus LT 265/70 R17 yang harganya Rp 2,076 juta.

Ban GT Radial memiliki beberapa type seperti Champiro BXT, Savero Komodo, Champiro Eco, dan MAXMILER. Selain itu GT Radial adalah salah satu pabrikan ban yang memilki varian ban AT dan MT paling banyak.

Sedikitnya ada berbagai macara ukuran dan type ban mobil MT dan AT keluaran GT Radial. Adapun kelebihan ban off road dafi GT Radial adalah komponnya yang diformulasikan secara khusus, hingga lebih tahan lama terhadap sayatan benda asing,

Selain itu blok-blok ekstra besar di bahu ban memiliki kemampuan untuk membersihkan lumpur dari permukaan ban. Selain itu konstruksi dengan dua lapis sabuk baja sehingga memiliki ketahanan yang lebih baik di medan ekstrm.

Demikian ulasan terkait ragam harga ban mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru