Harga dan Spesifikasi Foton EV, Kendaraan Komersial Anti Tenggak BBM

by Tigor Sihombing
spesifikasi Foton EV

Deretan produk Foton EV diperkenalkan di GIICOMVEC) 2024. Terobosan ini menjadi penanda bagi Foton terjun di segmen elektrifikasi kendaraan komersial dengan penampilan tiga model yakni eTruckmate, eAumark, dan eView, untuk mengakomodir kebutuhan angkutan penumpang dan barang.

Foton, sebagai salah satu pemain dalam industri kendaraan komersial, memperkenalkan tiga kendaraan listrik sebagai jajaran produk unggulannya.

“Pada hari ini kami dengan bangga akan meluncurkan beberapa produk EV antara lain Foton e-Truckmate, e-Aumark dan e-View ,” jelas Edi Napis, Chief Operationg officer PT Indomobil Global Transportasi, di gelaran Giicomvec 2024, Kamis (7/3/2024).

Menurutnya untuk memperkuat posisi Foton di pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen kendaraan komersil EV, pihaknya telah melakukan beberapa strategi bisnis yang inovatif dan progresif, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, kualitas produk, serta layanan purna jual Foton di Tanah Air.

“Selain itu, kami akan segera melakukan produksi CKD atau Completely Knocked Down untuk produk-produk Foton EV di Indonesia,” tambah Edi.

Produksi CKD ini memungkinkan Foton, untuk bisa menurunkan biaya produksi dan meningkatkan kandungan lokal sehingga konsumen dapat menerima insentif pajak dari program pemerintah.

“Dengan demikian, kami dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dan terjangkau bagi pelanggan di Indonesia,” tukasnya.

Spesifikasi Foton EV

Adapun ketiga truk tersebut adalah eTruckmate, eView dan eAumark. Truk EV Foton eTruckmate mampu membawa beban hingga 1.020 kg dengan dimensi yang cukup fleksibel. Panjang kendaraan mencapai 4.670 mm, lebar 1.590 mm, dan tinggi 1.860 mm, sedangkan dimensi kargo adalah 3.050 mm x 1.560 mm x 360/1.570 mm (PxLxT).

Motor listrik dengan kekuatan 60 kW dan torsi maksimum 220 Nm tertanam di dalamnya, didukung oleh baterai jenis LFP (lithium ferro phosphate) berkapasitas 38,64 kWh. Dengan jangkauan hingga 220 km, kendaraan ini menawarkan solusi angkutan yang efisien dan ramah lingkungan.

Sementara itu, eView memberikan alternatif bagi pengangkutan penumpang dengan kapasitas hingga 16 orang. Dengan dimensi yang lebih besar, panjang 5.320 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 2.280 mm, eView dilengkapi dengan generator 85 kW dan momen puntir 290 Nm. Baterai LFP berkapasitas 50,23 kWh menjamin kinerja optimal dengan jarak tempuh hingga 235 km.

Foton eAumark menawarkan solusi angkutan barang yang andal sebagai light duty truck. Dengan motor listrik berkekuatan 130 kW dan torsi 1.200 Nm, kendaraan ini mampu mengangkut beban besar dengan efisiensi tinggi. Dengan baterai LFP berkapasitas 81,14 kWh, eAumark menawarkan jarak tempuh hingga 167 km.

Melalui strategi bisnis yang terukur, Foton juga akan berencana meningkatkan kapasitas produksi, kualitas produk, dan layanan purna jual.

Caranya adalah dengan berkolaborasi dengan Indomobil dalam produksi CKD (Completely Knocked Down) akan memungkinkan Foton untuk menawarkan produk-produknya dengan harga yang lebih kompetitif dan terjangkau, serta memenuhi insentif pajak dari pemerintah.

Harga

Di GIICOMVEC 2024, Foton menjual eTruckmate seharga Rp 371,85 juta, eAumark Rp 643,8 juta, dan eView seharga Rp 591 juta off the road.

Ketiga truk listrik ini menggunakan motor tipe Permanent Magnet Synchronous, baterai CATL Lithium Iron Phosphate, dan kinerja yang efisien.

Dengan inisiatif ini, Foton menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam menghadirkan solusi transportasi ramah lingkungan dan inovatif di Indonesia, serta berkomitmen untuk terus berinovasi demi menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi industri otomotif.

Demiakan ulasna terkait harga dan spesifikasi Foton Ev. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika