by

Harga Mazda CX-3 1.5 Lebih Murah Rp 100 Jutaan

Akhirnya harga Mazda CX-3 1.5 Sport terungkap sudah dalam sesi peluncuran Senin (29/3/2021). Mobil SUV 5-penumpang ini dijual mulai Rp 339,9 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut lebih murah sekitar Rp 100 jutaan dibanding saudaranya yaitu Mazda CX-3 2.0 Pro yang dijual Rp 454,4 juta (OTR Jakarta).

“Pasar SUV di Indonesia semakin ramai, terutama untuk pasar mid-size SUV bermesin 1.500 cc. Dengan keunggulan teknolgoi SKYACTIV yang kami miliki, kami optimis Mazda dapat bersaing di segmen yang menjanjikan ini, sehingga kami membawa New Mazda CX-3 Sport 1.5L,” kata kata Managing Director PT Eurokars Mazda Indonesia (EMI), Ricky Thio.

Salah satu penyebab harga Mazda CX-3 terbaru ini lebih terjangkau, lantaran kapasitas mesin berkurang. Dari tadinya 2.000 cc, kini tersedia opsi 1.500 cc. Mesin yang digunakan CX-3 1.5 Sport merupakan adopsi kepunyaan Mazda 2.

Mesin Skyactiv-G 1.5 milik CX-3 anyar berkubikasi murni 1.496 cc, empat silinder, DOHC. Bicara torsi, sanggup melontarkan 144 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 111 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Mengenal Fitur Unggulan Wuling Almaz RS

Walau berbeda mesin, tapi SUV merek Jepang ini tidak mengalami perbedaan signifikan dari sisi desain dibanding CX-3 2.0. Mazda masih mengadalkan desain yang khas dengan lampu utama agak pipih dan terlihat terintegrasi dengan grille depan.

Tidak tersedia roof rail di atap, sehingga membuat kesannya tidak terlalu gagah. Kemudian di buritan, ada lampu rem dengan siluet bulat ketika menyala. 

Perbedaan paling mencolok dari eksterior Mazda CX-3 1.5 dan 2.0 adalah warna bodi. Khusus versi 1.500 cc ada opsi kelir polymetal grey metallic.

“Kami juga meluncurkan warna polymetal grey metallic, dikhususkan untuk tipe sport 1.5 Liter,” kata Product Planner EMI, Kenny Wala.

Fitur-Fitur Mazda CX-3 1.5 Terbaru

harga mazda cx-3 1.5
Joknya belum dilengkapi kulit untuk versi 1.5 liter

Dengan harga Mazda CX-3 1.5 yang terjangkau, bagaimana fitur-fiturnya? Jangan pikir, kalau teknologinya banyak disunat. Versi Sport ini tetap mendapat banyak fitur mutakhir.

Sebut saja mobil SUV tersebut punya head unit layar sentuh yang bisa terkoneksi smartphone dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Lalu ada audio steering switch serta head up display.

Baca juga  Hyundai Palisade, SUV Mewah yang Siap Masuk Indonesia

Tidak ketinggalan yang juga menarik dan belum dipunya kompetitor adalah kehadiran fitur keselamatan seperti blind spot monitoring (BSM) dan rear cross traffic alert (RCTA).

BSM berfungsi memberi peringatan ke pengendara ketika ada mobil lain menyalip dari titik buta atau blind spot. Lalu RCTA menginformasikan bila ada kendaraan di belakang ketika parkir mundur. Fitur keselamatan lain adalah enam titik airbag.

Walau memang kalau dibandingkan versi Mazda CX-3 2.0 Pro, banyak perbedaan. Sebut saja hadir fitur sunroof, auto head lamp dan auto wiper, electric driver seat adjusment, auto dimming interior mirror, dan lain-lain.

Perbandingan Harga Mazda CX-3 1.5 dengan Kompetitor

harga mazda cx-3 1.5 sport
Mazda CX-3 1.5 Sport ini masih lebih mahal dibanding kompetitor seperti Honda HR-V dan Kia Sonet

Bicara harga Mazda CX-3 1.5 yang Rp 339,9 juta (OTR Jakarta).  Memang lebih murah sekitar Rp 100 jutaan dibanding Mazda CX-3 2.0. Hanya saja bagaimana kalau pembandingnya adalah kompetitor?

Di kelas SUV 1.500 cc lima penumpang, setidaknya ada dua kompetitor kuat untuk mazda CX-3 1.5. Mereka adalah Honda HR-V 1.5 dan Kia Sonet.

Baca juga  BMW X3 xDrive30i Rakitan Lokal, Performa Lebih Buas!

Jika melihat para rival rival, maka harga Mazda CX-3 1.5 terbilang mahal. Tidak percaya, cek saja Honda HR-V yang dijual Rp 287,2 – 337,1 juta (OTR Jakarta). Lalu Kia Sonet mulai Rp 193 – 289 juta (OTR Jakarta).

Setelah mengetahui spesifikasi serta harga dari CX3 1.5 Sport, tertarikkah kamu untuk meminangya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif. Pantau terus Moladin.

Terbaru