Senin, April 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bocoran Harga Nissan X-Trail e-Power 2023, Rilis di GIIAS!

by Tigor Sihombing
nissan x-trail e-power 2023 - interior

Berikut bocoran harga Nissan X-Trail e-Power 2023 yang kemungkinan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Informasi tersebut kami dapat dari lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) nomor 6 Tahun 2023, Tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaran Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023.

Dalam lampiran, tertulis nama SUV tersebut yang sebenarnya sudah terdaftar sejak Mei 2023 beserta nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). Ada dua varian X-Trail T33 terbaru: X-Trail E-Power VC Turbo VE 4X2 dengan NJKB Rp 446 juta dan X-Trail E-Power VC Turbo VL 4X4 yang punya NJKB Rp 469 juta.

Dari data NJKB tersebut, besar kemungkinan harga Nissan X-Trail e-Power 2023 akan lebih murah dari Nissan Leaf tetapi lebih mahal dari Nissan Kicks e-Power. Kisarannya ada di angka Rp 600-700 jutaan.

Wajar kalau harganya naik dibanding X-Trail lama atau T32 yang cuma Rp 576 juta (OTR Jakarta), hal tersebut lantaran ubahannya signifikan. Dengan teknologi e-Power pastinya mobil ini akan lebih irit konsumsi BBM dan punya akselerasi instan layaknya mobil listrik.

Spesifikasi Eksterior dan Interior X-Trail T33

nissan x-trail e-power 2023 - jok belakang

X-Trail merupakan SUV 7-seater

Dalam lampiran Permendagri nomor 6 Tahun 2023 memang tidak disebutkan lebih detail soal spesifikasi eksterior dan interior dari Nissan X-Trail T33. Walau demikian, kita bisa memprediksi sosoknya dari mobil yang sudah meluncur lebih dulu di Jepang.

Bocoran harga Nissan X-Trail e-Power 2023 yang cukup tinggi juga pastilah sepadan dengan spesifikasinya. Dilansir dari laman resmi Nissan Global, ubahan X-Trail terbaru juga cukup menyeluruh. Tampilannya jadi semakin modern.

Pada eksterior bagian depan terlihat desain grill V-motion yang pada bagian tepinya menggunakan aksen Black Chrome. Kemudian di bawahnya terdapat LED Daytime Runing Light (DRL) berdesain sipit. Lampu utamanya sendiri ada di bumper dengan bentuk memanjang horizontal yang sudah pakai fitur Adaptive Headlight with Auto-Levelizer.

Baca juga  Akhirnya Ada Nissan March Facelift, Ini Wujudnya!

Eksterior bagian belakang Nissan X-Trail T33 juga alami perubahan di bagian lampu. Bentuknya sedikit mirip dengan Nissan Kicks. Demikian juga dengan lengkung bemper yang lagi-lagi mirip Nissan Kicks, hanya saja dimensinya lebih besar.

Masuk ke interior X-Trail e-Power 2023, punya konfigurasi tiga baris bangku untuk varian tertinggi. Dengan demikian, total ada 7-orang yang bisa masuk ke dalam kabinnya. Jok baris kedua bisa diatur maju mundur dan rebah tegak sesuai dengan kenyamanan penumpang.

Tidak kalah menarik, interior X-Trail T33 ini semakin modern dengan head unit besar ukuran 12,3 inch. Kemudian panel instrumennya juga sudah pakai TFT, sehingga menampilkan gambar warna-warni. Hadir pula head up display besar untuk memudahkan pengemudi dalam mengetahui berbagai indikator terkait berkendara.

Performa Mesin e-Power Milik Nissan X-Trail 2023

x-trail e-power termurah - tampak samping

X-Trail dengan teknologi e-Power lebih irit BBM

Bila melihat lampiran Permendagri nomor 6 Tahun 2023, maka Nissan X-Trail akan pakai teknologi e-POWER dan mesin turbo VC. Ini sesuai dengan jantung pacu SUV ini di berbagai negara lain.

Jika melihat spesifikasinya, Nissan X-Trail 2023 mengusung mesin bensin 1.5L VC (Variable Compression) Turbo dengan teknologi e-POWER generasi kedua. Kombinasi tersebut diklaim menghasilkan peningkatan daya, kelancaran, dan ketenangan serta efisiensi bahan bakar.

Selayaknya teknologi e-Power, mesin bensin tersebut cuma berperan sebagai generator untuk mengisi baterai di X-Trail generasi keempat. Lalu bagaimana rodanya bergerak? Pakai motor elektrik yang pilihannya ada di roda depan atau semua roda (e-4ORCE).

Baca juga  Mobil Baru Nissan di GIIAS 2022, Terra atau Serena Hybrid?

Teknologi e-4ORCE ini mengintegrasikan penggerak listrik Nissan dan teknologi kontrol 4WD, ditambah lagi teknologi kontrol sasis untuk meningkatkan performa akselerasi, menikung, dan pengereman. Selain itu, teknologi ini juga secara instan menilai permukaan jalan dan kondisi kendaraan.

X-Trail dengan e-4ORCE diklaim bisa secara tepat mengontrol tenaga penggerak dan pengereman motor listrik di depan dan belakang untuk memaksimalkan gaya gesekan ban. Ini memastikan ras berkendara yang mulus dan meningkatkan kepercayaan diri saat berada di balik kemudi.

Di atas kertas, motor elektrik Nissan X-Trail 2023 dengan kode BM46 di roda depan bisa melontarkan torsi puncak 330 Nm pada 0-3.505 rpm dan tenaga maksimal 204 PS pada 4.739-5.623 rpm. Kemudian untuk motor elektrik di roda belakangnya berkode MM48 mampu menghasilkan torsi puncak 195 Nm pada 0-4.897 rpm136 PS pada 4.897-9.504 rpm. Kombinasinya tentu sangat istimewa bukan?

Tersedia pula fitur e-pedal untuk mengurangi kebutuhan untuk mengerem dengan memberikan deselerasi saat pedal akselerator dilepaskan. Selain itu, e-pedal juga diklaim mampu memberikan rasa berkendara yang lebih fun to drive dalam segala macam kondisi permukaan jalan. Seperti di jalan kota, permukaan licin, dan lereng menurun.

Fitur-Fitur Nissan X-Trail 2023

nissan x-trail e-power 2023 - interior

Fitur keselamatan lengkap hadir di X-Trail T33

Soal keselamatan, Nissan X-Trail e-Power 2023 juga sangat lengkap fiturnya. Ada Nissan Safety Assist 360 menggunakan kamera, radar, dan sonar untuk terus memantau lingkungan sekitar kendaraan dan dapat mengambil langkah keselamatan jika diperlukan. Serta ada juga layanan panggilan SOS dapat memberikan bantuan jika terjadi keadaan darurat. 

Baca juga  Review Nissan Grand Livina L10 (2012-2013), Masih Mewah!

Selanjutnya, ada juga fitur Navi-Link yang telah ditambahkan ke ProPILOT. Yaitu teknologi penggerak otonom Nissan yang dirancang untuk penggunaan di jalan raya dalam lalu lintas satu jalur. ProPILOT dengan Navi-link mengurangi frekuensi pengoperasian pengemudi dengan mendukung perubahan kecepatan mobil sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan, serta dukungan perlambatan untuk tikungan.

Ada juga fitur ProPILOT Park untuk mengontrol kemudi, akselerator, rem, perpindahan gigi, dan rem parkir untuk parkir yang akurat dan aman dalam berbagai situasi. Hanya saja belum jelas apakah semua fitur modern itu juga akan hadir di X-Trail e-Power 2023 yang dijual di Indonesia nanti.

 

X-Trail Terbaru Meluncur di GIIAS 2023

x-trail e-power termurah

GIIAS 2023 jadi tempat peluncuran X-Trail e-Power

Setelah muncul NJKB X-Trail T33 di laman Permendagri nomor 6 tahun 2023, kapan kira-kira mobil ini meluncur di Indonesia? Kemungkinan besar hadir untuk pertama kali di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pada 10-20 Agustus 2023.

Informasi tersebut pernah disampaikan Chief Executive Officer PT Nissan Motor Distribution Indonesia, Tan Kim Piauw beberapa waktu lalu. Di mana Nissan bakal menghadirkan mobil baru bertema elektrifikasi di GIIAS 2023.

“Rencananya yang akan hadir itu antara Nissan X-Trail e-Power atau Serena e-Power. Kemungkinan yang kami bawa itu teknologi e-Power terbaru dan yang ramai itu kan SUV. Saat ini kami sedang mematangkannya dengan prinsipal terkait kapasitas seperti apa dan tentu kami ingin yang bisa segera (dihadirkan),” paparnya.

Jadi, tunggu tanggal mainnya di GIIAS 2023 ya. Demikian ulasan terkait bocoran spesifikasi dan harga Nissan X-Trail 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika