Harga Toyota New GR Yaris Mulai Rp 1,15 Miliar, Ini Perbedaan Utama Dibanding Model Sebelumnya

by Ivan
Harga Toyota New GR Yaris diumumkan di GIIAS 2024

Harga Toyota New GR Yaris resmi diumumkan oleh PT Toyota Astra Motor di GIIAS 2024. Ini perbedaan utama dibanding model sebelumnya.

GR Yaris adalah salah satu produk fenomenal yang dihadirkan PT TAM bagi para penikmat kecepatan dan ketangguhan berkendara.

Model perdana Toyota GR Yaris rilis tahun 2021 lalu sukses merebut antusias otomotif dengan kuota teratas 127 unit dan ludes terpesan dalam waktu singkat.

Beberapa pengembangan bikin Toyoa New GR Yaris makin asyik dikendarai
Beberapa pengembangan bikin Toyoa New GR Yaris makin asyik dikendarai

Kini di momen GIIAS 2024, PT TAM mulai memasarkan kembali Toyota New GR Yaris sebagai evolusi dari model sebelumnya.

4 Poin Pengembangan New GR Yaris

Secara garis besar, terdapat 4 poin pengembangan pada GR Yaris terbaru. Meski sepintas terlihat serupa dengan model sebelumnya, sudah banyak dilakukan sederet pengembangan.

1. Pilihan Transmisi Otomatis

Pada New GR Yaris tersedia pilihan transmisi otomatis
Pada New GR Yaris tersedia pilihan transmisi otomatis

Model awal GR Yaris yang hadir di Indonesia seluruhnya hanya dibekali transmisi manual 6 percepatan. Kini untuk membidik range pasar lebih luas dihadirkan opsi New GR Yaris dengan 8-speed GAZOO Racing Direct AT mendampingi transmisi manual 6 percepatan sebelumnya.

Baca juga  Spesifikasi Mazda CX-60 Limited Dengan Part AutoExe Dijual Rp 998 juta

Transmisi otomatis pintar ini sudah melalui tes performance-nya oleh TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap. Hasilnya TGR berhasil menciptakan transmisi otomatis dengan perpindahan gigi sangat cepat, serta memaksimalkan engine power di semua rentang putaran mesin.

2. Tenaga dan Torsi Mesin Meningkat

Sokongan mesin 1.600 cc 3-silinder turbo jadi lebih bertenaga
Sokongan mesin 1.600 cc 3-silinder turbo jadi lebih bertenaga

Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang digunakan oleh GR Yaris merupakan salah satu mesin paling efisien dan powerful di dunia. Namun, dapur pacu ini berhasil dioptimalkan kinerjanya pada model New GR Yaris.

Para engineer Toyota berhasil memaksimalkan kinerjanya hingga power meningkat signifikan dari sebelumnya 261 PS dan sekarang menyentuh angka 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 Nm ke 400 Nm.

3. Drive Mode Baru

Drive mode baru Toyota New GR Yaris
Drive mode baru Toyota New GR Yaris

Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk memaksimalkan peningkatan pada power. Sekarang, pengendara bisa memilih 3 drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda; Sport, Normal, dan Eco.

Termasuk juga optimasi sistem GR Four melalui 3 mode; Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track yang bisa menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai karakteristik pengendara dan trek yang dilalui.

Baca juga  Bikin Iri, Toyota Fortuner Tipe Menengah di Filipina Berubah Jadi Legender

Panel kontrol dan monitor pada cockpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk mempermudah pengoperasian. Postur berkendara juga telah diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk driver serendah 25 mm yang memperluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.

4. Sentuhan Berbeda Pada Bodi New GR Yaris

Beberapa sentuhan bodi dibikin berbeda dan ada warna baru Precious Metal
Beberapa sentuhan bodi dibikin berbeda dan ada warna baru Precious Metal

Dari sisi eksterior Toyota New GR Yaris, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan. Serta ada perubahan desain bumper depan untuk air flow yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Tingkat kekakuan sasis GR Yaris jugamakin diperkuat yang memungkinkan pengemudi untuk berakselerasi lebih maksimal, tetap aman dan memberi rasa fun to drive maksimal.

Juga dengan body rigidity ditingkatkan melalui spot welding yang lebih banyak 13%, penambahan body adhesive sebanyak 24%, serta 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM saat pemaparan New GR Yaris
Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM saat pemaparan New GR Yaris

Harga Toyota New GR Yaris di GIIAS 2024

“Di GIIAS 2024, kami mengumumkan penjualan New GR Yaris. Harganya adalah Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi automatic (OTR DKI Jakarta), dan juga ada 1 warna baru yaitu Precious Metal menemani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Baca juga  Toyota GR Yaris Bisa Dipesan, Harga Rp 1,2 Miliar

“Dengan stok masih terbatas, jadi Bapak Ibu yang memang menyukai model ini harus segera melakukan order, supaya kita juga bisa melakukan ordering pada (bagian) production. Harapan saya kehadiran dari New GR Yaris ini bisa melengkapi excitement para pengguna dari motorsport enthusiast dan juga melengkapi GR line-up yang dapat dibeli dan dinikmati oleh masyarakat,” tambahnya.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika