Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Toyota RAV4 PHEV GR Sport, Hadir di GJAW 2023

by Tigor Sihombing

Toyota RAV4 PHEV GR Sport terbaru resmi diperkenalkan di Indonesia, dalam gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang berlangsung pada 10-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan. Walau belum dijual, tapi harganya kemungkinan masih di bawah Rp 1 miliar saat dipasarkan nanti.

“Ini masih impor. Saat ini harganya belum keluar, sebentar lagi. Tetapi tetap di bawah Rp 1 Miliar,” kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy saat menjelaskan ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di pembukaan GJAW 2023.

Dengan hadirnya Toyota RAV4 di Indonesia, maka Toyota menambah line up lagi soal mobil yang mengusung teknologi PHEV, setelah Prius PHEV. Sebagai perbandingan, saat ini Toyota RAV4 PHEV di Amerika Serikat dipasarkan seharga ‎US$ 43.675 atau setara Rp 675 juta. Hanya saja saat masuk Indonesia, kemungkinan banderolnya bisa naik jauh lantaran pajak.

Di Amerika Serikat sendiri menurut data Carsalebase dan Carfigures penjualan Toyota RAV4 terus mengalami penurunan 14%. Dari sebelumnya 407,739 unit di 2021, 40,998 unit di 2022, dan dan 366,741 unit penjualan RAV4 di 2022.

Baca juga  Intip Kenyamanan Interior Chery Omoda 5, Mewah dan Berkelas

“Sebagai bentuk realisasi dari komitmen kami dalam menghadirkan Mobility for All, melalui kehadiran All-New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV, kami ingin menjawab kebutuhan mobilitas yang lebih luas khususnya bagi pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan yang mampu memberikan excitement lebih dengan tetap berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di GJAW pada Jumat (10/3/2023).

Dengan teknologi Plug-In Hybrid EV (PHEV), maka SUV ini mengombinasikan mesin bensin dan motor elektrik. Bedanya dengan hybrid biasa, mobil bisa dicas baterainya sehingga mampu diajak berkendara dengan tenaga baterai sepenuhnya.

Spesifikasi Toyota RAV4 PHEV

Toyota RAV4 phev gr sport 2023

Toyota RAV4 PHEV yang tampil di GJAW 2023

Toyota RAV4 PHEV memang baru ditampilkan di Indonesia, spesifikasinya juga belum terungkap jelas. Walau demikian, kita bisa lihat model yang dijual di luar negeri. Umumnya SUV ini menggunakan mesin bensin 2.5 liter yang dipadukan dengan sistem AWD-i Toyota. Untuk varian PHEV ini menawarkan tenaga gabungan (dengan motor listrik) yang lebih efisien, yakni 302 hp (225 kW/306 PS).

Baca juga  Toyota Siapkan Ekosistem untuk Innova EV

Adapun salah satu keunggulan dari SUV modern tersebut ialah pada jarak tempuh ketika kondisi baterai penuh. Dalam keadaan 100 persen mobil dapat berjalan sampai 60 kilometer hanya dengan baterai saja. Sehingga sangat relevan untuk digunakan sehari-hari.

Terkait fiturnya RAV4 PHEV memiliki head unit layar sentuh berukuran 10,5 inci yang dapat terhubung dengan smartphone tanpa kabel melalui Android Auto, atau Apple CarPlay. Selain berfungsi untuk sistem hiburan, head unit itu juga menampilkan navigasi peta jalan dengan cloud.

Selain itu, sebagai mobil kekinian, RAV4 juga dibekali fitur perintah suara. Pengguna hanya menyebut ‘Hey Toyota’, untuk memerintahkan membuka jendela, mengatur suhu AC, dan beberapa perintah lainnya. Mobil sudah terhubung dengan jaringan internet, maka update perangkat lunak bisa dilakukan di manapun, tanpa perlu ke bengkel.

Berkat jaringan internet, pengguna bisa melakukan perintah dari jarak jauh menggunakan aplikasi My Toyota, seperti membuka, atau menutup jendela, mencari mobil terakhir di parkir, menghidupkan AC sebelum masuk ke kabin, dan lain-lain.

Baca juga  Hasil Uji Tabrak Chery OMODA 5, Seberapa Aman?

Demikian ulasan Toyota RAV4 terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika