oleh

Hino Buka Pusat Pelatihan Sopir Truk di Jawa Barat

Hino buka pusat pelatihan sopir truk dan bus yang dinamai Hino Total Support Training Center (HTSCC). Tempat latihan tersebut  tersebut berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Chief Operating Officer (COO) PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo menyebut fasilitas ini dibangun dengan masukan-masukan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan.

“Tak lupa kami berkoordinasi dengan Hino Jepang mengenai bagaimana membuat test course cukup memadai. Kami harapkan test course ini bisa memberikan hasil seoptimal mungkin untuk mengurangi angka kecelakaan yang ada di Indonesia,” kata Santiko dikutip, dalam acara daring Kamis (27/1/2022).

HTSCC dibangun di atas lahan seluas 24 ribu meter persegi. Di dalamnya, terdapat beragam area simulasi yang menunjang kursus mengemudi dasar mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop and go, parkir paralel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse. Selain itu fasilitas ini juga memiliki fitur jalan circle road, portal, crank road, safety brake, sampai simulator mengemudi truk.

Baca juga  Berkat Truk Axor, Penjualan Daimler Indonesia Naik

Aftersales Director HMSI, Irwan Supriyono para sopir bukan hanya diajari, tapi juga bisa mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi dan Lembaga Pelatihan Kerja (LSP-LPK). Targetnya pada 2022, ada 2.000 sopir truk dan bus yang dilatih dan disertifikasi. Mereka terbagi dalam 48 batch.

Pada 2022, Hino juga kembali mengadakan kejuaraan keselamatan mengemudi bernama Hino Safety Driving Competition (HSDC). Pada 2020 dan 2021, ajang ini ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Tahun ini, kompetisi dilaksanakan secara daring dengan mengambil data-data para pengemudi truk dan bus Hino dari teknologi telematics. Nama event akhirnya berubah menjadi Hino Telematics Safety Driving Competition (HTSDC).

“Dengan peserta mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini akan menjadi bahan evaluasi mereka dalam mengemudi. Mengemudi aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, juga menjaga keamanan orang lain di jalan, ” tambah Santiko.

Ditjen Perhubungan Darat Apresiasi Hino Soal Safety Driving

Hino Buka Pusat Pelatihan Sopir Truk
Setiap kendaraan bermotor harus memenuhi syarat teknis dan juga harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan.

Dalam sambutannya secara daring, Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan ini menjelaskan bahwa langkah yang dilakukan oleh HMSI dalam meresmikan fasilitas tersebut merupakan sebuah langkah yang baik untuk keselamatan bersama.

Baca juga  Mitsubishi Fuso Siap Hadirkan Truk Listrik di Indonesia

“Hino tidak hanya berorientasi sebagai bisnis semata, tapi masalah integrasi dari pengemudi dan operator juga menjaga keselamatan, Jadi yang dibangun Hino adalah investasi yang cukup baik,” kata Budi Setiyadi.

Tentunya, langkah yang ditempuh oleh Hino Motors Sales Indonesia dalam menghadiri fasilitas keselamatan ini sejalan dengan peraturan dan perundang-undangan tentang kendaraan di Indonesia.

“Dalam hal memenuhi persyaratan dan sejalan dengan peraturan No 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, maka setiap kendaraan bermotor harus memenuhi syarat teknis dan juga harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan,” tambah Budi.

Menurutnya, dalam menekan angka kecelakaan yang ada di Indonesia, pemerintah tidak hanya bisa bekerja sendiri. Melainkan, hal tersebut juga mendapatkan bantuan dari pihak lain yakni Agen Pemegang Merk (APM).

Demikian ulasan terakit Hino buka pusat pelatihan sopir truk. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru