by

Honda City Hatchback RS Meluncur, Lebih Baik dari Jazz?

Penantian masyarakat Indonesia atas kelahiran Honda City Hatchback RS usai sudah. Merek berlogo H resmi memperkenalkannya di Tanah Air. Berapa harganya?

“Kami akan menginformasikan harga saat mobil ini sudah bisa dibeli oleh konsumen di bulan April, tapi yang pasti kami akan memberikan harga yang benar-benar terbaik dan value for money untuk konsumen,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy saat sesi peluncuran, Rabu (3/3/2021).

Walau belum ada banderol, tapi spesifikasi mobil ini untuk pasar Indonesia sudah terkonfirmasi. Salah satunya tampilan mobil sporty dengan bodi yang lebih memanjang dibanding Honda Jazz selaku pendahulunya. Atap juga dibuat lebih rendah sehingga semakin aerodinamis.

Dari sisi eksterior, kamu bisa melihat kehadiran berbagai aerokit eksklusif RS. Sebut saja Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper, dan Lower Mesh Grille.

Menariknya lagi, aerokit tersebut dirancang lewat pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1. Alhasil dari sisi aerodinamika tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga  Mobil Baru Honda Siap Meluncur, 4 Produk Sekaligus?

Masuk ke interior, ada penyematan aksen merah di berbagai sisi agar aura sporty juga terasa di dalam kabin. Warna khas balap ini hadir di jok, tombol AC, lingkar kemudi, dan lain-lain.

“Kami telah mempelajari kebutuhan model yang lebih sporty untuk pelanggan di segmen ini, dan kami yakin Honda City Hatchback RS akan diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia dan melanjutkan nilai-nilai warisan Honda di pasar hatchback,” kata Yusak Billy.

Untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya, simak bahasan di bawah ini:

Mesin Terbaru dengan Performa Mantap

honda city hatchback rs
Mesinnya kini menggunakan teknologi DOHC dan tenaganya meningkat

Memang Honda City Hatchback RS di Indonesia tidak dapat mesin turbo seperti di Thailand. Jantung mekanisnya tetap berkubikasi 1.500 cc seperti Honda Jazz. Hanya saja bukan berarti tidak ada perbedaan.

Salah satu yang menarik, kini Honda memberikan teknologi DOHC. Alhasil performa mesin jadi meningkat. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Performa ini merupakan yang terbaik di kelas mobil hatchback 1.500 cc. Bahkan Toyota Yaris sebagai kompetitor saja kalah jauh, cuma mampu melontarkan torsi 140,2 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Honda Brio RS Urbanite Edition, Apa Istimewanya?

Fitur-Fitur Modern Hadir di Honda City Hatchback RS

honda city hatchback rs indonesia
Fitur remote engine start di City Hatchback RS cukup istimewa hadir di hatchback

Bukan cuma itu, Honda City Hatchback RS yang dijual di Indonesia memiliki banyak fitur modern. Sebut saja sistem pencahayaan full LED, lalu ada remote engine start. 

Fitur remote engine start cukup isitmewa, lantaran mampu menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan. Alhasil pemilik kendaraan langsung bisa menikmati kesejukan kabin yang optimal ketika masuk mobil. 

Honda City Hactchback RS memiliki panel instrumen dengan aksen warna merah. Ada pula layar sentuh 8 inci yang bisa terintegrasi smartphone. Pabrikan berlogo H juga memberi 8 buah speaker untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang saat memutar musik.

Kemudian ada Auto A/C with Red Illumination. Fitur canggih lainnya pun telah disematkan pada mobil ini seperti fitur Multi-Angle Rear View Camera yang memudahkan parkir. Ada tiga tampilan belakang yang bisa dipilih pengendara: Normal View, Wide View, dan Top View.

Fitur-fitur seperti One Push Ignition System, paddle shift, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition juga ikut hadir. 

Baca juga  5 Kekurangan Honda Brio, Kenali Sebelum Membeli

Bicara fitur keselamatan, tersedia 6 airbags untuk perlindungan lengkap,  sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA).

Tidak ketinggalan tersedia Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru