Monday, October 3, 2022

Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris, Keren Mana?

by Tigor Sihombing
Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris

Kali ini Moladin akan membahas soal Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris. Kedua model mobil ini sama-sama menempati segmentasi hatchback dengan harga tiga ratus jutaan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan City Hatchback sebagai pengganti Jazz pada Oktober 2021 lalu. Kemudian hadir penyegaran dengan tambahan fitur Honda Sensing pada April 2022.

Sedangkan Toyota Yaris GR Sport sesungguhnya adalah versi TRD Sportivo yang ganti nama pada Desember 2021. Soal fitur dan teknologinya tidak ada beda.

Nah untuk kamu yang sedang berburu hatchback baru, tidak ada salahnya mengetahui spesifikasi keduanya. Baik Toyota Yaris dan Honda City Hatchback memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Khususnya untuk varian tertinggi.

Kali ini Moladin akan membandingkan Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris baik dari desain eksterior, interior, kelengkapan fitur, teknologinya, mesin, dan harganya. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya.

Desain Sama-sama Sporty

Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris

Yaris GR Sport andalkan spoiler.

Baik Honda City Hatchback RS CVT with Honda Sensing dan Toyota yaris GR Sport sama-sama mengusung desain sporty. Namun pada City Hatchback desainnya sedikit lebih elegant.

Terkait dimensinya, antara Honda City Hatchback VS Toyota Yaris GR Sport lebih besar City Hatchback. Tapi Yaris lebih tinggi sedikit dibanding City Hatchback.

Menurut spek pabrikan, Honda City Hatchback memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.600 mm.  Sementara Toyota Yaris GR Sport memiliki dimensi sedikit lebih kecil. Panjangnya 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500mm serta wheelbase roda 2.550 mm. 

Untuk desain eksteriornya Honda City Hatchback RS CVT with Honda sensing sudah dibekali dengan fitur lampu LED DRL, begitu juga pada lampu kabutnya yang sudah mengadopsi LED.

Baca juga  Toyota Luncurkan C-HR Hybrid dengan TSS, Semakin Mahal!

Pada spion tersemat Black door mirror with LED Turning Signal dan kaki-kaki menggunakan pelek alloy berukuran 16 inci dibalut ban ukuran 185/55. Selain itu juga ada remote engine start yang bisa menghidupkan mobil tanpa masuk ke kabin.

Sedangkan pada Toyota Yaris GR Sport didominasi oleh spoiler-spoiler tambahan dan sideskirt khas GR Sport. Spoiler ini meliputi bumper bagian belakang dan di atas bagasi.

Di bagian samping ada side skirt tambahan yang membuat mobil terlihat sporty.  Sedangkan kaki-kaki Yaris GR Sport juga menggunakan pelek alloy berukuran 16 inci dibalut ban 195/50.

Untuk lampu penerangan utama sudah LED belun DRL namun foglamp masih projector. Pada Yaris GR Sport tidak remote engine start untuk menghidupkan mobil tanpa masuk ke kabin.

  Honda City Hatchback RS CVT with Honda Sensing Toyota yaris GR Sport

Panjang x Lebar x Tinggi

4.349 mm x 1.748 mm x  1.488 mm 

4.145 mm x 1.730 mm x 1.500mm

 

Jarak Sumbu Roda

2.600 mm 2.550 mm.

Ukuran Ban

185/55 195/50

Suspensi Depan

MacPherson Strut MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rear H-Shape Torsion Beam

Interior dan Fitur

Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris

Terkait interior dan fitur, antara Honda City Hatchback RS with Honda Sensing dan Toyota Yaris GR Sport memiliki banyak kesamaan. Untuk menghidupkan mobil ini, baik pemilik City Hatcback dan Yaris GR Sport bisa menggunakan push start stop button. Selain itu keduanya juga sudah dibekali dengan fitur Auto AC.

Baca juga  11 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Kemudian, pada Honda City Hatchback RS mengadopsi touchscreen display audio berukuran 8 inci dikombinasikan sedangkan speaker 8 titik sedangkan Yaris GR Sport 7 inci dengan 6 titik speaker.

Pada jok, masing-masing belum dibekali material kulit. Khusus City Hatchback pakai suede, sementara Yaris GR Sport menggunakan fabric. Walau begitu, tema warna keduanya sama yaitu hitam dan merah.

Keunggulan hatchback Honda dari sisi fitur, ada di kemunculan 2 power outlet untuk mengecas smartphone di baris kedua. Sedangkan pada Yaris GR Sport tidak ada.

Lalu di City Hatchback sudah pakai panel instrumen TFT besar. Ada pula fitur Walk Away Auto Lock, berfungsi mengunci mobil dengan sendirinya saat pemilik keluar dari mobil

Fitur Keselamatan City Hatchback Lebih Istimewa

Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris

Yaris memiliki 7 airbags.

Berikutnya Nah yang paling dibanggakan dari City Hatchback adalah adanya fitur Honda Sensing. Secara umum berfungsi memprediksi pergerakan objek di sekitar mobil dan akan memberikan peringatan dini pada pengemudi.

Honda Sensing terintegrasi dengan lane keeping assist system (LKAS), road departure mitigation system (RDMS), adaptive cruise control (ACC), collision mitigation braking system (CMBS), hingga auto high beam (AHB). City Hatchback RS juga dibekali dengan Honda Lane Watch yang merupakan fitur blind spot monitoring.

Sedangkan di Toyota Yaris GR Sport, fitur keselamatan canggih tersebut tidak ada. Meski demikian, hatchback Toyota bukan tanpa keunggulan. Khususnya dari sisi jumlah airbag yang mencapai 7 titik. Sementara City Hatchback RS cuma 6 titik.

Baca juga  Ekspor Toyota Capai 72 Ribu Unit, Veloz Laris di Arab!

Bicara kesamaan, keduanya sama-sama dibekali dengan fitur hill start assist dan vehicle stability control. Ada pula ABS, EBD, dan BA. 

Performa Honda City RS jauh Lebih Besar

Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris

Mesin Honda City Hatchback lebih bertenaga.

Honda City Hatchback RS with Honda Sensingmengusng mesin 1.500 cc 4 silinder segaris DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Adapun performanya mencapai 121 PS (119,3 HP)/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. 

Mesin City Hatchback bisa dikatakan yang terbuas di segmennya. Tidak percaya?

Cek saja mesin Toyota Yaris GR Sport 1.500 cc 4 silinder, DOHC 16 katu VVTi dengan performa 107 PS/6000 RPM dengan torsi maksimal 143 nm/420 RPM. Sementara untuk transmisi, sudah sama-sama pakai CVT

Harga Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris GR Sport

harga city hatchback rs

Tampilan Honda City Hatchback begitu sporty

Simpulannya, Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris GR Sport memang unggul mobil pabrikan berlogo H dari banyak aspek. Hanya saja itu membuat banderolnya jadi sangat mahal.

Tidak percaya? Saat ini model tertinggi Honda City Hatchback RS dihuni oleh varian CVT with Honda Sensing dijual seharga Rp 362.600.000.  Sedangkan varian Toyota Yaris untuk type tertingginya dihuni oleh Yaris S GR SPORT CVT yang dipasarkan seharga Rp 321.600.000. 

Artinya ada gap Rp 42 jutaan. Kalau kamu berkantong tebal dan ingin fitur-fitur canggih serta performa mesin mantap, maka City Hatchback RS paling tepat dipinang. Hanya saja kalau bujet terbatas, maka Toyota Yaris GR Sport bisa jadi pilihan yang ekonomis.

Demikian ulasan terkait mobil Honda City Hatchback Vs Toyota Yaris. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika