by

Honda City Vs Toyota Vios, Bagus Mana?

Antara Honda City Vs Toyota Vios kira-kira mana yang lebih baik? Keduanya memang pantas dibandingkan, lantaran berada di segmen serupa yaitu sedan entry level dengan mesin 1.500 cc.

Baik Vios dan City selalu adu kuat untuk memanjakan konsumen yang mendambakan sedan menengah ke bawah. Menariknya lagi, kini ada aturan relaksasi pajak dan PPnBM berdasar emisi gas buang, sehingga sedan lebih terjangkau di Indonesia. 

Momen ini ditangkap baik oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan meluncurkan City generasi ke-5 pada Kamis (28/10/2021). Diharapkan dengan hadirnya mobil sedan Honda City terbaru, pasar sedan menegah ke bawah kembali bergairah.

Sedangkan Toyota Vios saat ini sedang mati suri. Terakhir mendapat penyegaran pada tahun 2018. Pertanyaannya apakah Vios masih punya taji bertarung dengan City anyar? 

Nah kali ini, kami akan membandingkan Honda City Vs Toyota Vios secara lengkap. Baik dari segi desain, fitur, mesin, hingga banderolnya. Mana yang lebih baik dari keduanya? Simak bahasan berikut:

Desain Eksterior Honda City Begitu Sporty, Toyota Vios Lebih Stylish 

Honda City Vs Toyota Vios
Sosok Honda City terbaru alias generasi kelima

All New Honda City menghadirkan berbagai perubahan pada bagian eksterior. Termasuk desain baru yang semakin sporty pada grille depan, menyerupai City Hatchback. Kemudian yang menarik, seluruh sistem pencahayaan sudah menggunakan LED, termasuk sein.

Sedangkan pada Toyota Vios masih mengandalkan lampu depan halogen berproyektor. Kemudian ada tambahan LED Daytime running light. Lalu untuk lampu belakangnya alias stop lamp telah mengaplikasikan LED, namun untuk lampu mundur dan sein belakang masih bohlam biasa. Foglamp belakang masih tersedia seperti versi pendahulunya. 

Lalu untuk dimensi, City lebih panjang dengan spesifikasi 4.553 mm (+128 mm) dan lebar 1.748 mm (+18 mm) dibanding Vios. Jarak sumbu roda, sedan berlogo H pun lebih panjang yaitu 2.600 mm (+50 mm). Sementara untuk atapnya dibuat lebih rendah dengan 1.467 mm (-33 mm) dari sedan merek T. 

Baca juga  5 Perubahan Toyota Agya Facelift 2020, Aura LCGC Hilang!

Dengan begitu, di atas kertas City punya dimensi yang lebih sporty. Kemungkinan besar ini akan berpengaruh ke rasa berkendaranya yang lebih menyenangkan. 

Hanya saja dari sisi lebar ban, City lebih ramping dengan ukuran karet bundar 185/55-16 inci. Sementara Vios pakai ban 195/50-16 inci. Keduanya sama-sama sudah pakai pelek jenis palang. Walau demikian, tampilan Vios lebih stylish, lantaran pakai gaya two tone. Bandingkan dengan City yang cuma menggunakan warna silver.

Kelebihan City generasi ke-5, pada kacanya sudah menggunakan fitur Heat Rejecting Green Tinted Glass. Ini mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin, sehingga kabin terasa lebih sejuk.

 

Honda City

Toyota Vios

Panjang x Lebar x Tinggi

4.553 mm x 1.748 mm x 1.467 mm

4.425 mm x 1.730 mm x 1.500 mm

Jarak Sumbu Roda

2.600 mm

2.550 mm

Ukuran Ban

185/55-16 Inci

195/50-16 Inci

Suspensi Depan

MacPherson Strut

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Torsion Beam

Interior & Fitur

Honda City Vs Toyota Vios
Honda City pakai interior serba hitam dan punya head unit lebih besar

Dari sisi interior, All New Honda City menggunakan panel dashboard baru dengan warna hitam. Kemudian jok juga hitam. Hal ini tentu memberi aura sporty yang lebih kuat.

Beda dengan Toyota Vios yang punya interior dengan kombinasi warna cokelat dan hitam. Dashboard dibalut hitam, sementara joknya pakai cokelat. Hal ini tentu membuat aura stylish lebih keluar.

Bicara fitur, keduanya sudah cukup modern. Ada fitur Auto AC dengan teknologi digital, start & stop engine, audio steering switch, paddle shift, hingga head unit layar sentuh.

Baca juga  9 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia

Hanya saja di City, layar head unitnya lebih besar dengan 8 inci. Kemudian ada sistem audio dengan total 8 speaker. Bandingkan dengan Vios yang cuma pakai layar sentuh 7 inci dan speaker berjumlah enam.

Kemudian kelebihan lain dari Honda City terbaru adalah cruise control dan remote engine start. Ada pula fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat memiliki tiga mode tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Ditambah lagi, pabrikan berlogo H memberi setiap kursi depan pada All New Honda City dengan bantalan samping untuk menambah kenyamanan. Tidak ketinggalan ada 2nd Row Power outlet memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang belakang, terutama ketika ingin mengisi baterai smartphone sepanjang perjalanan.

Sementara Toyota Vios bukan tanpa kelebihan, ada mode berkendara sport yang bisa dipilih oleh pengemudi. Kemudian panel instrumen sudah kombinasi dengan layar TFT.

Airbag Lebih Banyak di Toyota Vios

Honda City Vs Toyota Vios
Airbags Toyota Vios ada di 7 titik

Pembahasan Honda City Vs Toyota Vios selanjutnya berlanjut di sistem keselamatan. Keduanya sama-sama cukup lengkap, ada Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist. Lalu Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA) sudah dipunya.

Hanya saja di Vios, airbags yang dihadirkan lebih banyak. Totalnya ada 7 kantung udara yang bisa mencegah kecelakaan saat terjadi tabrakan ini. Sementara City cuma memiliki 6 Airbags. Jadi soal fitur keselamatan, Honda City Vs Toyota Vios yang menang adalah Vios.

Performa Mesin Honda City Lebih Mantap

Honda City Vs Toyota Vios
Tampilan cluster meter Honda City terbaru.

Dari sisi performa, Honda City Vs Toyota Vios siapa yang menang? Kubikasinya memang sama, namun kompetensinya berbeda.

All New Honda City kini menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC. Jantung mekanis ini persis kepunyaan City Hatchback. Sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 121 PS pada 6600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin ini diklaim lebih bertenaga dibanding versi terdahulunya.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Aqua 2021, Hatchback Hybrid Modern!

Sedangkan pada Toyota Vios facelift 2018 dibekali dengan mesin 2NR-FE DOHC Dual VVT-i, 4 silinder berkapasitas 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan lebih kecil dari City yakni cuma 107 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 140 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

 

Honda City

Toyota Vios

Kapasitas Mesin

1.498 cc, DOHC, 4 Silinder, 16 Katup, i-VTEC + DBW

1.496 cc, DOHC, 4 Silinder, 16 Katup, Dual VVT-i

Diameter x Langkah

73.0 x 89,5 mm

72,5 x 90,6 mm

Kompresi

10,6 : 1

Torsi Puncak

145 Nm/4.300 rpm

140 Nm/4.200 rpm

Tenaga Maksimal

121 PS/6.600 rpm

107 PS/6.000 rpm

Transmisi

CVT

CVT

Harga Toyota Vios Lebih Murah 

honda city vs toyota vios
Kelebihan Toyota Vios adalah harganya terjangkau karena mendapat relaksasi pajak dari pemerintah hingga akhir 2021

Komparasi sedan entry level ini yang terakhir adalah soal harga. All New Honda City dijual dengan harga Rp 355 juta (OTR Jakarta). Sedangkan pada Toyota Vios saat ini dibanderol mulai dari Rp 254 juta hingga 283 juta.

Bedanya sangat jauh. Maklum, karena Vios sebagai produk dalam negeri terkena relaksasi PPnBM hingga akhir 2021. Ini membuat banderolnya  mengalami penurunan dari harga asli.

Tentunya hal tersebut jadi kekurangan buat City terbaru. Walau dari sisi fitur kenyamanan dan performa mesin menang, namun jika banderolnya tinggi, tentu berefek ke minat konsumen.

Apalagi Vios juga tidak kalah banyak. Mobil ini masih unggul dalam hal tampilan stylish serta fitur keselamatan yang sedikit lebih baik. Kalau kamu, antara Honda City Vs Toyota Vios, pilih mana? 

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru