by

Honda Civic Type R Facelift 2021 Meluncur, Apa Bedanya?

Tanpa selebrasi, Honda Civic Type R Facelift 2021 resmi meluncur di Indonesia pada awal Mei. Sedan sport tersebut hadir dengan sejumlah ubahan, mulai dari eksterior, interior, dan fitur terbaru. Dengan berbagai ubahan itu, hrga Civic Type R terbaru kini tembus Rp 1,177 miliar (OTR Jakarta).

Bicara eksterior, kamu bisa melihat bahwa sedan model teranyar ini tampil semakin sporty. Bumper depan dibuat lebih rumit dengan kemunculan aksen di rumah lampu kabut. Aksen serupa juga di bumper belakang sehingga tampilannya senada.

Sementara itu untuk komponen eksterior lain, tidak ada yang berbeda. Masih mengandalkan beragam aksesori peningkat aerodinamika seperti rear wing spoiler dan vortex generator di garis belakang atap. Hadir pula side skirt, carbon fiber effect serta unnderbody spoiler kit dengan aksen merah.

Tidak kalah menarik, di belakang mobil sport ini ada melihat triple exhaust di bagian buritan. Masing-masing lubang memiliki fungsi berbeda. Knalpot utama di kedua sissi menyalurkan udara dari mesin, sementara knalpot tengah mengendalikan sonic tone pada mesin.

Baca juga  Harga Mobil Honda Setelah PPnBM 0 Persen, Turun Rp 20 Juta

Kemudian untuk warna bodi Civic Type R facelift 2021, tersedia dalam tiga opsi: Rallye Red (merah), Brilliant Sporty Blue Metallic (biru), dan Championship White (putih).

“Semoga mobil ini dapat menjawab keinginan konsumennya akan sebuah mobil sport yang memiliki performa maksimal dan juga kenyamanan yang dapat menciptakan kesenangan berkendara dengan berbagai fitur dan pembaruan yang telah ditambahkan,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy lewat rilis resmi pada Jumat (7/5/2021).

Interior dan Fitur Honda Civic Type R Terbaru

honda civic type r facelift 2021 - interior
Interiornya masih didominasi warna merah yang khas mobil balap, lalu ada tambahan fitur kenyamanan seperti wireless charger dan TPMS

Masuk ke interior Honda Civic Type R facelift 2021, perbedaannya tidak terlalu banyak. Salah satunya penggunaan material yang membalut lingkar kemudi kini pakai new alcantara. Sementara bagian jok masih sama pakai desain khas ala mobil balap, berwarna merah dengan balutan suede style fabric. Desain tuas transmisi juga dibuat lebih sporty.

Lalu yang baru dari mobil sport dengan kapasitas empat penumpang ini adalah fitur-fiturnya. Supaya konsumen merasa semakin nyaman, dihadirkan wireless charging di konsol tengah utnuk memudahkan pengisian daya smartphone.

Baca juga  BMW M8 Competition, Mobil Rp6 Miliar yang Laris di Indonesia

Fitur Honda Civic Type R terbaru selanjutnya adalah kemunculan tire pressure monitoring system (TPMS). Sesuai namanya, teknologi ini bisa memonitor tekanan angin pada keempat ban mobil sport tersebut lewat panel instrumen. Bila ada tekanan ban yang kurang dari standar, maka layar MID bakal memberi peringatan.

Ada pula tiga mode berkendara +R, Sport, dan Comfort yang bisa dipilih oleh pemilik Honda Civic Type R facelift 2021. Kemudian tidak ketinggalan soal keselamatan sudah dilengkapi 6 airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), dan Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Walau punya aura sport kental, namun kenyamanan mobil sedan ini tidak perlu diragukan. Honda memberi 8 speakers, Audio Steering Switch, Meter Cluster Steering Switch, Hands Free Telephone Switch, Cruise Control, serta Dual Zone Auto A/C.

Performa Mesin Civic Type R yang Istimewa

honda civic type r facelift 2021 - tampak depan
Civic Type R model 2021 tidak ada ubahan di sektor mesin

Kemudian soal rasa berkendara, Honda memberi rem cakram baru agar pengendara semakin nyaman bermanuver saat kecepatan tinggi. Maklum bicara performa sedan sport ini memang istimewa.

Baca juga  Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Harga Tembus Rp 2 Miliar

Mesin yang dipakai berkubikasi 2.0 liter VTEC Turbo, masih seperti model lama. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm dan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan yang dilengkapi Rev Match System agar tenaga maksimumnya bisa dipertahankan ketika perpindahan gigi.

Setelah tahu kelebihan Honda Civic Type R facelift 2021, apakah kamu tertarik meminang mobil seharga Rp 1,177 miliar (OTR Jakarta) tersebut?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru