Friday, February 3, 2023
Banner

Honda Civic Type R-GT, Ganteng Siap Balap!

by Tigor Sihombing

Honda Civic Type R-GT Concept resmi hadir secara global. Mobil tersebut dipersiapkan untuk terjun di ajang balap Super GT Series tahun 2024 bersama Honda Racing Co., Ltd (HRC). Ini juga merupakan produk yang pertama bagi Honda dengan model Type R untuk terjun di Super GT Series, menggantikan model NSX-GT yang selama ini dipakai untuk balap.

Sebagai informasi, Honda Civic Type R-GT Concept sendiri dikembangkan oleh Honda Racing Co., dari basis Civic Type R generasi terbaru yang diperkenalkan pada semester kedua tahun lalu.  Selain di ajang balap Super GT Series 2024, mobil sport tersebut juga ikut  balap Touring Car Series (TCR) tahun 2023.

“Kami dengan bangga untuk pertama kalinya menggunakan brand Type R untuk calon mobil balap terbaru kami yaitu Honda Civic Type R-GT Concept yang akan mulai digunakan di ajang balap Super GT Series tahun 2024,” kata President dan CEO HRC Koji Watanabe dalam keterangan resmi, Selasa, 24 Januari 2023. 

Desain Aerodinamis dengan Sayap Belakang Besar

Honda Civic Type R-GT Concept

Tanpilan belakang Honda Civic Type R-GT Concept.

Sayangnya belum mengumumkan spesifikasi resmi untuk Honda Civic Type R-GT Concept. Tapi secara tampilan, Civic Type R-GT Concept memiliki desain dengan aerodinamika tinggi. 

Baca juga  5 Kekurangan Honda BR-V Gen 2, Bukan Cuma Mahal!

Hal ini terlihat dari winglet depan dengan saluran udara yang terhubung ke bagian samping kiri dan kanan (sidepod). Ditambah fender lebar dengan ban slick.  Di bagian belakang terlihat diffuser dengan rongga besar, dan ada sayap belakang berukuran besar. 

Sayap ini berfungsi untuk menambah downforce atau daya tekan mobil ke permukaan lintasan pada saat melaju kencang di sirkuit. Di Jepang, Honda masih akan berpartisipasi di ajang balap Super GT di mana Honda bertekad untuk merebut kembali gelar juara di kelas GT500 dengan mengandalkan mobil balap Honda NSX-GT Type S. 

Selain ajang balap Super GT, Honda juga akan berupaya untuk mempertahankan prestasinya di ajang balap Japanese Super Formula Championship. Pada 2022 lalu, Honda berhasil meraih gelar juara ganda di ajang balap tersebut lewat Tomoki Nojiri dan Team Mugen.

Selain itu, Honda melalui Honda Performance Development (HPD) akan meneruskan partisipasinya di ajang balap IMSA SportsCar Championship dimana Honda menggunakan mobil balap Acura ARX-05 di kelas Daytona Prototype International (DPI) dan Acura NSX GT3 Evo di kelas GT Daytona (GTD Pro / GTD). Selain itu, Honda dan HPD juga masih akan memasok mesin balap Honda untuk 6 tim (total 17 mobil) yang akan berlaga di ajang balap IndyCar Series tahun 2023 ini.

Baca juga  Honda City Hatchback RS Turun di ISSOM 2022, Perdana!

Demikian ulasan Honda Civic Type R-GT Concept yang siap turun balap di 2003 dan 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika