Honda CR-V RS Hybrid 2023 Resmi Hadir, Pertama di Dunia!

by Firdaus Ali
bocoran mobil baru di GIIAS 2023

Berikut akan kami ulas mengenai Honda CR-V RS Hybrid 2023 yang kabarnya akan masuk ke Indonesia. Sebagai informasi, mobil SUV tersebut kini sudah dijual untuk pasar Thailand. Ini menarik dibahas, karena jadi CR-V dengan logo RS pertama di dunia.

Meski meluncur pertama di Thailand, kabar hadirnya Honda CR-V Gen-6 ini di Indonesia sangat keras terdengar. Hal itu dikuatkan dengan adanya produk merek Honda yang terdaftar di laman Badan Pendapatan Daerah Provinsi (BPBD) DKI Jakarta dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Di laman BPBD DKI Jakarta, terlihat dua model mobil Honda terbaru yang sudah didaftarkan yaitu RS38 T CVT dan RS58 RS CVT ZZ. Keduanya diduga sebagai Honda CR-V Generasi Keenam. Mobil berkode RS38 T CVT menggunakan mesin 1.500 cc turbo, sementara kode RS58 RS CVT ZZ disinyalir sebagai CR-V Hybrid. Kemudian di DJKI, desain All New CR-V telah didaftarkan dengan nomer permohonan A00202200178.

Sebagai informasi, di Thailand, Honda CR-V terbaru hadir dalam pilihan 2WD dan 4WD. Kemudian juga ditawarkan dalam 5 varian, yaitu:

  • Honda CR-V Turbo E dengan harga 1.419.000 baht atau Rp 637 juta
  • Honda CR-V Turbo ES dengan harga 1.599.000 baht atau Rp 718 juta
  • Honda CR-V Turbo EL 4WD (7-seater) dengan harga 1.649.000 baht atau Rp 741 juta
  • Honda CR-V e:HEV ES dengan harga 1.589.000 baht atau Rp 713 juta
  • Honda CR-V e:HEV RS 4WD dengan harga 1.729.000 baht atau Rp 778 juta
Baca juga  Spesifikasi Honda Civic Hatchback 2022, Lebih Fun To Drive!

Nah, dari beberapa varian yang disebutkan tadi, pada artikel ini kami hanya akan mengulas varian Honda CR-V RS Hybrid (CR-V e:HEV RS 4WD) alias tipe tertinggi yang dijual dengan harga Rp 778 jutaan. Seperti apa eksterior, interior, dan fitur-fitur dari CR-V dengan logo RS pertama di dunia ini? Berikut informasinya:

Desain Eksterior Lebih Elegan & Kokoh

Honda CR-V RS Hybrid

Tampilan eksterior Honda CR-V RS Hybrid elegan & kokoh

Bahasan mengenai Honda CR-V RS Hybrid 2023 yang pertama adalah dari sisi tampilan eksterior. Desainnya terlihat lebih elegan dan kokoh. Hal itu bisa tampak dari kombinasi garis lekukan body yang berpadu dengan desain grill beraksen 3D yang dibalut dengan warna hitam glossy.

Tampilan depan lebih terlihat elegan berkat disematkannya headlamp LED dengan bentuk pipih serta desain bumper yang tegas dan juga trdapat aksen warna hitam menyelaraskan warna grillnya. Oh ya, untuk varian RS Hybrid ini memang bagian eksterior terdapat banyak sentuhan warna hitam, selain pada grill dan bumper depan, ada pula dibagian rumah spion, spoiler belakang, hingga shark fin antenna.

Dan untuk menunjang penampilannya, Honda CR-V RS Hybrid menggunakan velg alloy berukuran 19 inch yang dibalut dengan ban berprofil 235/55 R19. Kemudian untuk ketersediaan warna ada ignite red metallic (merah) dan canyon river blue metallic (biru).

Kabin Interior Modern & Elegan

Honda CR-V RS Hybrid

Interior Honda CR-V RS Hybrid elegan dan modern

Kabin interior Honda CR-V RS Hybrid 2023 terlihat elegan dan didukung fitur modern. Adalah bagian jok, doortrim dan setir dibalut dengan warna hitam kombinasi jahitan merah, serta dibungkus dengan material kulit. Pada bagian dashboard dilapisi menggunakan warna hitam Piano Black. Oh ya, untuk varian RS ini juga menggunakan benang dengan warna merah pada bagian joknya.

Baca juga  Cara Klaim Airbag Merek Takata yang Bermasalah di Mobil Honda dan Toyota!

Selanjutnya, untuk mendukung kenyamanan kabin disediakan head unit touchscreen berukuran 10,2 inchi yang bisa mengakomodasi kebutuhan audio dan bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android, peta navigasi dan fitur mobil seperti kamera. Lalu ada pula 12 speaker premium merek Bose serta Head Up Display (HUD).

Tak hanya itu saja, ada juga wireless charging dan dan 4 slot USB termasuk USB Type-C di jok baris pertama dan kedua. Oh ya, ada juga Honda Smart Key System with Honda Smart Key Card, Automatic AC with i-Dual Zone dan Plasmacluster, serta ambient light dan panoramic sunroof.

Fitur Modern & Komplit

Honda CR-V RS Hybrid

Fitur Honda CR-V RS Hybrid

Membahas Honda CR-V RS Hybrid tentu akan menarik dengan mengetahui kelengkapan fiturnya. Yang pertama adalah mobil sudah mengusung penggerak 4WD, dimana untuk di kelasnya merupakan daya tarik tersendiri dibandingkan para rivalnya.

Kemudian ada juga itur keselamatan aktif Honda Sensing, dimana Honda menggunakan kamera depan dan radar untuk mendeteksi kendaraan lain termasuk sepeda motor, pengemudi sepeda, dan pejalan kaki untuk menghindair kecelakaan.

Baca juga  Toyota Avanza Hybrid Siap Meluncur 2022?

Selain itu, Honda Sensing juga sudah terintegrasi dengan fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow (ACC with LSF), Auto High Beam (AHB), Adaptive Driving Beam (ADB), dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Kemudian ada juga fitur tambahan seperti Multi-view Camera System, Parking Sensor, Hill Descent Control (HDC), Active Cornering Light (ACL), Honda LaneWatch, Driver Attention Monitor, Deceleration Paddle Selectors, dan Paddle Shift.

Mesin Pakai Hybrid, Konsumsi BBM CR-V RS 2023 Irit

Honda CR-V RS Hybrid

Mengadopsi mensi Hybrid dan adaya pilihan mode berkendara membuat konsumsi BBM efisien

Honda CR-V RS Hybrid terbaru mengadopsi mesin berkapasitas 2.0-liter 4-silinder Direct Injection dengan sistem Atkinson-Cycle. Mesin ini juga dikombinasikan dua elektrik motor dan high-efficiency lithium-ion battery serta pakai transmisi electric continuously variable transmission (E-CVT).

Menariknya, pengemudi juga disediakan tiga opsi berkendara, yakni EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode, dan Engine Drive Mode. Selain itu ada juga pilihan tiga Drive Mode lain, yakni Sport Mode, Normal Mode, dan Econ Mode. Menurut klaim Honda, catatan konsumsi BBM CR-V e:HEV mencapai 20.8 km/liter.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda CR-V RS Hybrid 2023 yang sudah terlebih dahulu dijual untuk pasar Thailand. Jika masuk ke Indonesia, apakah spesifikasi dan fiturnya akan sama dengan yang beredar di Thailand? Simak terus Moladin.com untuk inforamsi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika