Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Spesifikasi Honda CR-V Hybrid 2023 dan Harganya, Seirit Brio!

by Firdaus Ali
honda cr-v hybrid 2023 - tampak belakang

Spesifikasi dan harga Honda CR-V Hybrid 2023 terungkap di GIIAS. Mobil SUV ini dibekali mesin 2.000 cc yang dikombinasikan motor elektrik, sehingga diklaim punya konsumsi BBM seirit Honda Brio. Keunggulan lain, CR-V Gen-6 lebih sporty, lantaran hadir dalam varian RS.

Kelebihan CR-V RS e:HEV selanjutnya ada di kenyamanan kabin. Pabrikan berlogo H memberi mobil CBU Thailand ini 12 speaker BOSE. Soal keselamatan, hadir Honda Sensing dengan teknologi yang lebih lengkap seperti active cornering light hingga adaptive driving beam.

Walau demikian, bukan berarti CR-V berteknologi hibrida tersebut tanpa kekuragan. Salah satunya dari sisi harga sangat mahal dibanding model lama yaitu Rp 799,9 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain, ada kenaikan sekitar Rp 120 jutaan.

Bila kamu mau yang lebih murah, Honda juga tetap menjual varian 1.500 cc turbo tanpa label RS dengan harga Rp 739,9 juta (OTR Jakarta). Hanya saja ada banyak fitur yang disunat.

Mau tahu lebih detail soal harga dan spesifikasi Honda CR-V Hybrid 2023 baik dari sisi interior, eksterior, dan fitur-fiturnya? Untuk informasi lengkapnya, simak bahasan berikut ini:

1. Eksterior CR-V Gen-6 Lebih Bongsor dan Gagah

harga honda cr-v hybrid 2023 - tampak depan

Eksterior gagah CR-V RS Hybrid

Bahasan spesifikasi Honda CR-V Hybrid 2023 yang pertama adalah eksterior. SUV ini punya dimensi yang lebih besar dibanding pendahulunya. Di atas kertas, lebih panjang 2,7 inci dan lebih lebar 0,4 inci. 

Kalau melihat brosur, SUV ini memiliki panjang 4.691 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.681 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.701 mm. Soal ground clearance, mencapai 198 mm. Lalu ukuran bannya pakai 235/55 R19.

Kemudian ubahan yang paling mencolok dari eksterior CR-V Gen-6 dibanding model lama adalah pada bagian desain facia atau paras. Grille depan dibuat lebih besar dan mengotak. Ini memberikan kesan gagah yang semakin kental. Sementara untuk lampu depannya dibuat semakin pipih.

Varian CR-V Hybrid RS juga punya kelebihan di eksteriornya dengan kehadiran roof rail dan active shutter grille. Buat yang belum tahu, roof rail tersebut bisa dimanfaatkan sebagai dudukan roof rack dan roof box untuk membawa barang di atap mobil dengan kapasitas hingga 70 Kg. Sementara active shutter grille mampu membuka tutup kisi-kisi udara di moncong mobil untuk mendinginkan mesin sekaligus memberi kan aerodinamika terbaik.

2. Interior CR-V Terbaru Mirip Civic RS

jok belakang honda cr-v rs hybrid

CR-V RS cuma punya konfigurasi interior 5-seater

Kalau melihat CR-V Gen-6, punya interior yang mirip dengan Civic RS. Desainnya sederhana, tapi terkesan sporty. Nuansa warna hitam hadir dominan, kemudian pada dashboard disematkan head unit touchscreen 9 inci model floating yang mendungukung konektivitas Android Auto dan wireless Apple CarPlay. Hadir pula panel instrumen TFT ukuran 10,2 inci.

Baca juga  5 Kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid untuk Lawan BMW X3

Interior Honda CR-V Hybrid 2023 ini juga lebih istimewa dibanding generasi lamanya, lantaran ada fitur Body Stabilizing di joknya. Fungsi fitur tersebut membuat penumpang dan pengemudi yang ada di dalam mobil selama perjalanan tidak akan merasa kelelahan duduk lama-lama.

Kemudian jok belakang CR-V terbaru varian RS juga semakin istimewa, karena bisa direbahkan hingga enam sudut. Jok tersebut berlapis material kulit serta dihiasi jahitan merah. Bahan tersebut juga digunakan pada roda kemudi sehingga memberi kesan sporty serta dilengkapi fitur Driver Memory Seat dan head-up display.

Terdapat pula fitur-fitur kenyamanan seperti Qi-compatible dengan maksimum 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system dan Interior Ambient Light warna putih yang ditempatkan di beberapa lokasi seperti di center console tray, cup holder serta panel pintu depan dan belakang.

Fitur Panoramic Sunroof pun hadir. Lalu pada sistem AC disematkan penyesuaian suhu secara independen (kiri dan kanan), rear ventilation serta electrostatic touch LED di lampu kabin belakang. Kenyamanan tersebut juga didukung dengan lampu belakang sentuh LED serta 2 port USB Type C.

Hal yang menarik adalah CR-V Hybrid RS 2023 cuma memiliki konfigurasi jok 5-seater dengan dua baris bangku. Sementara CR-V 1.5 Turbo 2023 memiliki jok 7-seater dengan tiga baris bangku.

3. Performa Mesin Hybrid Istimewa di CR-V Terbaru

kelebihan dan kekurangan honda cr-v rs hybrid 2023 - jok depan

Honda mengklaim mesin CR-V Hybrid seirit Brio

Mesin Honda CR-V Hybrid 2023 menggunakan kubikasi 2.000 cc direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh. Secara total, kombinasi tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.

Buat yang belum tahu, teknologi e:HEV merupakan sistem yang bekerja secara otomatis. Motor elektrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen, serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi. Kelebihannya adalah mampu menghemat konsumsi BBM sekaligus memberi performa lebih bertenaga.

Sistem e:HEV memiliki 3 mode berkendara yaitu EV Mode, Hybrid Mode, dan Engine Mode. Hanya saja mode tersebut tidak bisa dipilih secara manual, melainkan otomatis. Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV dimana hanya baterai yang menggerakan motor sehingga tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.

Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid dimana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Baca juga  Waktu Peluncuran Toyota Harrier Terbaru Terungkap

Terkait konsumsi BBM CR-V Hybrid, Honda mengklaim setara dengan Honda Brio yang pakai mesin 1.200 cc. Walau demikian, tidak disebutkan secara rinci angka pasti dari iritnya SUV berteknologi hibrida tersebut.

Honda CR-V RS e:HEV juga memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui pengereman kendaraan (regenerative braking). Semakin besar level perlambatan, maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai. Kamu dapat menggunakan Shift B untuk memberikan perlambatan yang aman, bahkan di jalan menurun yang curam, sekaligus pengaturan pengisian baterai yang lebih optimal.

4. Mesin CR-V 1.500 cc Turbo Masih Tersedia

harga honda cr-v hybrid 2023 - moladin

CR-V Gen-6 masih memiliki mesin 1.500 cc turbo

Jika kamu tidak menginginkan mobil bermesin hybrid, CR-V masih mempertahankan varian 1.500 cc turbo, direct-injected 4-Cylinder, DOHC, VTEC. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Npada putaran mesin 1.700-5.000 rpm.

Performa itu disalurkan menggunakan transmisi CVT ke penggerak roda depan. Kompetensi CR-V Turbo memang tidak sebuah CR-V Hybrid. Walau demikian ini bisa jadi pilihan logis, buat konsumen yang masih menginginkan mobil dengan jantung mekanis konvensional.

5. Honda Connect Hadir di CR-V Hybrid dan Turbo

interior honda cr-v hybrid 2023

Honda Connect merupakan fitur serupa Hyundai Bluelink dan Toyota T-Intouch

Spesifikasi CR-V Gen-6 sudah dilengkapi dengan Honda Connect baik di varian Hybrid dan Turbo. Buat yang belum tahu, ini merupakan fitur yang dapat menghubungkan mobil dengan smartphone lewat teknologi telematika. Ada tiga layanan utama yang bisa diakses: convience, safety, dan security.

Khusus untuk convinience, Honda Connect bisa mengakses fitur Vehicle Status untuk mengetahui berbagai informasi secara aktual tentang kondisi kendaraan seperti tingkat bahan bakar, status baterai, hingga status airbag. Terdapat pula fitur Remote Vehicle Control yang memungkinkan pengguna mengontrol fungsi buka dan kunci pintu, menyalakan mesin, AC, hingga menyalakan lampu hazard untuk memudahkan pencarian mobil di lokasi parkir.

Honda Connect di CR-V Hybrid dan Turbo juga memiliki fitur Safety yang terintegrasi Automatic Collision Detection, mampu mengirim notifikasi secara otomatis ke layanan darurat Call Center Support dan smartphone pengguna pada saat kecelakaan hingga airbag depan mengembang. Dalam kasus ini, Call Center Support Honda akan menghubungi pemilik CR-V agar mendapat bantuan secepat mungkin.

Ada pula fitur Security Alarm yang aktif apabila kendaraan pemilik mobil mengalami gangguan yang menyebabkan alarm menyala, seperti ketika pintu CR-V dibuka secara paksa. Secara otomatis, fitur tersebut akan memberikan notifikasi tentang kondisi dari kendaraan ke smartphone kamu. Selanjutnya fitur Speed Alert, untuk member notifikasi ke smartphone pemilik mobil saat kendaraan melewati batas kecepatan yang telah ditentukan.

Baca juga  Hyundai Creta Panen SPK di GIIAS 2021

CR-V dengan Honda Conncect juga menmiliki layanan Security. Di dalamnya terintegrasi Find My Car mempermudah pemilik menemukan posisi kendaraan terkini, termasuk ketika parkir. Selanjutnya ada fitur Geofence yang akan memberi notifikasi, apabila kendaraan melaju keluar atau masuk dari radius dan lokasi yang sudah ditentukan. Tidak ketinggalan, Honda juga memberi Emergency Call yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghubungi Honda Customer Care dan Experience Honda saat keadaan darurat.

6. Fitur Honda Sensing Lebih Lengkap di CR-V e:HEV

kelebihan dan kekurangan honda cr-v hybrid 2023 - tampak depan

CR-V RS Hybrid dengan Honda Sensing lengkap seperti active cornering light dan adaptive driving beam

Dengan harga Honda CR-V Hybrid 2023 tembus Rp 799,9 juta (OTR Jakarta), fitur keselamatan yang didapat juga lebih lengkap. Ada Honda Sensing dengan tambahan fungsi Adaptive Driving Beam untuk mengatur distribusi pencahayaan lampu depan secara otomatis saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau objek di depannya. 

Hadir pula fitur-fitur lain seperti Active Cornering Light yang membantu pengguna untuk melihat objek di depan saat berbelok. Istimewa bukan?

Selain itu, teknologi Honda Sensing pada All New Honda CR-V juga dilengkapi dengan fungsi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW),  Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).

Terdapat pula fitur keselamatan lainnya seperti Hill Descent Control merupakan fitur yang memberikan rasa aman pada pengguna dan sebagai kontrol tambahan saat kendaraan melalui kondisi jalan yang menurun dan terjal atau licin. Total 8 airbags juga hadir untuk memberi perlindungan pengemudi dan penumpang di dalam kabin saat terjadi tabrakan.

7. Daftar Harga Honda CR-V Hybrid RS 2023

kelebihan dan kekurangan honda cr-v hybrid 2023 - tampak depan

CR-V RS Hybrid dijual RP 799,9 juta (OTR Jakarta)

Soal harga CR-V Hybrid 2023 jauh lebih mahal dibanding CR-V Turbo Prestige model lama. Kenaikannya cukup signifikan hingga Rp 120 jutaan. Jika kemahalan, tersedia pula varian CR-V Gen-6 dengan mesin 1.500 cc turbo yang lebih murah. Berikut daftarnya:

  • All New Honda CR-V Hybrid RS Rp 799.900.000
  • All New Honda CR-V 1.5L VTEC Turbo Rp 739.900.000

Harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan mobil pertama tahun 2023. Ini berlaku untuk pemesanan hingga 30 September 2023 dengan nomor rangka tahun 2023.

Dengan membayar banderol tersebut, Honda juga memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer khusus CR-V e:HEV, mantap bukan?

Sementara untuk pemesanan di GIIAS 2023, unit mobil akan diterima konsumen Indonesia pada Oktober 2023. Hal tersebut dikarenakan, CR-V tidak diproduksi di Tanah Air, melainkan hasil impor atau CBU Thailand.

Itulah tadi bahasan soal bocoran harga dan spesifikasi Honda CR-V Hybrid 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika