Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V RS Hybrid, Harganya Mahal?

by Tigor Sihombing
kelebihan dan kekurangan honda cr-v hybrid 2023 - tampak depan

Berikut Moladin sampaikan kelebihan dan kekurangan Honda CR-V RS Hybrid yang meluncur di GIIAS 2023. Mobil SUV ini memang belum diumumkan harga resminya, tapi soal spesifikasi sudah terungkap jelas.

Sebagai salah satu model unggulan dalam segmen mobil SUV, kelebihan utama Honda CR-V RS Hybrid terletak pada teknologi hibridanya yang ramah lingkungan. Kemudian fitur-fiturnya juga semakin istimewa dengan kehadiran Honda Sensing yang lebih lengkap dengan active cornering light dan adaptive driving beam. Pabrikan berlogo H juga memberinya 12 speaker BOSE serta teknologi Honda Connect.

Walau punya banyak kelebihan, tapi kekurangan Honda CR-V RS Hybrid juga ada. Sebut saja kapasitas penumpang cuma bisa 5-orang. Lalu tidak disediakan ban cadangan di mobil ini. Bocoran harganya dari para sales pun ternyata cukup mahal, tembus Rp 800 jutaan.

Mau tahu lebih detail soal Honda CR-V RS Hybrid yang meluncur di GIIAS 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

Kelebihan Honda CR-V RS Hybrid

Mesin 2.000 cc Hybrid

kelebihan dan kekurangan honda cr-v hybrid 2023 - mesin hibrida

Mesin Hybrid CR-V Gen-6 bisa menghasilkan tenaga 207 PS

Kelebihan Honda CR-V RS Hybrid 2023, tentunya pakai mesin ramah lingkungan. Di atas kertas, pakai kubikasi 2.000 cc e:HEV dengan sepasang motor elektrik. Hasilnya bisa melontarkan output gabungan sebesar 207 PS dan torsi 335 Nm. Performa ini bahkan lebih mantap dibanding CR-V Turbo model lama. Soal konsumsi BBM CR-V berteknologi hibrida ini, memang tidak disebutkan secara perinci. 

Baca juga  Harga Honda City Hatchback RS 2022, Lebih Mahal Pakai Honda Sensing!

Di samping mesin hybrid, CR-V Gen-6 juga tersedia dalam mesin turbo seperti model lama. Jantung mekanisnya pakai 1.500 cc DOHC VTEC Turbo dengan torsi 240 Nm dan tenaga 190 PS.

12 Speaker BOSE

kelebihan dan kekurangan honda cr-v rs hybrid 2023 - jok depan

Interior CR-V RS punya speaker BOSE

Kelebihan Honda CR-V Hybrid lainnya dalah penggunaan speaker Bose yang mempu memberikan kualitas suara premium kepada penumpangnya saat mendengar musik. Totalnya ada 12 sepaker yang berada di dalam kabin.

Speaker BOSE tersebut bisa diatur melalui head unit layar sentuh 9 inch. Di dalamnya terintegrasi sistem audio video canggih yang kompatibel dengan berbagai format musik, seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, wireless smartphone connection, AUX input dan USB port. Tidak ketinggalan ada fitur Hands-Free Telephone yang dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

Honda Connect

interior honda cr-v rs hybrid

Honda Connect merupakan fitur serupa Hyundai Bluelink dan Toyota T-Intouch

Pertama kalinya fitur Honda Connect hadir di mobil Honda Indonesia, lewat CR-V RS Hybrid. Ini merupakan teknologi telematika canggih yang mampu menghubungkan mobil dan smartphone. Tersedia dalam tiga layanan utama: convience, safety, dan security.

Baca juga  Review Honda CR-V Hybrid 2023, SUV Nyaman dan Irit BBM!

Convinience membuat kamu bisa dengan mudah melihat car status CR-V Gen-6 (baterai, pintu, kerusakan mobil, dll.), remote vehicle control (menyalakan mesin, lampu, AC, dll.), serta service history.

Fitur Safety di Honda Connect bisa menginformasikan ke smartphone saat mobil mengalamai kecelakaan, alarm menyala, hingga melebihi batas kecepatan. Ada pula fitur security yang terintegrasi dengan find my car, geo-fencing alert, dan emergency call.

Kekurangan Honda CR-V Hybrid

Harga Mahal CR-V RS Hybrid

kelebihan dan kekurangan honda cr-v rs hybrid 2023 - tampak belakang

Sales Honda membocorkan harga CR-V RS tembus Rp 800 jutaan

Namun demikian, ada beberapa kekurangan Honda CR-V 2023 varian RS Hybrid yang perlu diperhatikan bila kamu ingin meminangnya. Salah satunya adalah harga mahal. Walau belum resmi diumumkan, tapi para sales mengatakan bahwa mobil ini dijual dengan estimasi Rp 800 jutaan.

Sebenarnya harga tersebut wajar, lantaran pakai teknologi hybrid dan Honda Connect. Kemudian CR-V Gen-6 ini juga merupakan produk CBU dari Thailand, bukan produksi dalam negeri.

“Sudah bisa pesan sekarang, mungkin mobil bisa dikirim ke rumah konsumen pada akhir 2024,” kata salah satu sales Honda di GIIAS 2023.

Baca juga  Update Pasaran Harga Honda Freed Bekas Tahun 2022

Interior Cuma Muat 5-Orang

jok belakang honda cr-v rs hybrid

CR-V RS cuma punya konfigurasi interior 5-seater

Kekurangan Honda CR-V RS Hybrid selanjutnya adalah kapasitas interior 5-Seater, bukan 7-seater. Akomodasi terbatas ini dikarenakan, bagian bagasi belakang sudah terpangkas akibat kehadiran baterai untuk teknologi hibridanya.

Meski demikian aura sporty di interior CR-V RS lebih terasa, lantaran jok dengan jahitan warna merah. Pedal gasnya juga menggunakan aksen silver seperti di mobil balap. Meski demikian, kalau kamu mau interior 7-seater tetap bisa memperolehnya di CR-V Gen-6 yang khusus ada di varian 1.5 Turbo. 

Tidak Punya Ban Cadangan

kelebihan dan kekurangan honda cr-v rs hybrid 2023 - cairan tambal ban

Tyre repair kit yang Honda sediakan untuk menambal ban bocor di CR-V

Bahasan Kekurangan Honda CR-V RS Hybrid yang terakhir adalah soal tidak adanya ban cadangan di mobil ini. Hal tersebut, lagi-lagi akibat kehadiran baterai di bagasi belakang. Lalu bagaimana kalau ban mobil Honda tersebut bocor di jalan?

Pabrikan berlogo H memberinya tyre repair kit. Ini berupa cairan tambal ban dan kompresor. Bila ban mobil kamu bocor halus dijalan, cukup masukkan saja cairan tambal ban tersebut lewat pentil ban.

Itulah tadi bahasan soal kelebihan dan kekurangan Honda CR-V RS Hybrid 2023. Sebelum memutuskan untuk membelinya, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.
.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika