Honda dan Mitsubishi Kerja Sama Bikin Perusahaan Baru Bernama Altna

by Ivan
Honda dan Mitsubishi kerja sama bikin perusahaan baru

Gebrakan besar dibuat Honda dan Mitsubishi kerja sama bikin perusahaan baru bernama Altna. Ini adalah langkah bagi kedua perusahaan untuk menciptakan bisnis kendaraan listrik yang sejalan dengan tujuan netralitas karbon.

Kolaborasi Honda dan Mitsubisi untuk saling bekerja sama bukanlah hal baru dan tabu. Honda Motor Company telah berkolaborasi dengan produsen mobil lain di mana-mana. Nah kabar terbaru ini merupakan langkah lanjutan setelah bulan Oktober 2023 lalu Honda menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan Mitsubishi Corporation, dengan tujuan untuk menciptakan bisnis baru terkait ekosistem elektrifikasi.

Sekarang, kedua perusahaan tersebut telah mengumumkan bahwa mereka secara resmi akan mendirikan usaha patungan 50/50 yang akan disebut Altna pada bulan Juli 2024.

Tujuan perusahaan baru ini adalah untuk mengoptimalkan biaya penggunaan kendaraan listrik, meningkatkan nilai masa pakai baterai serta sirkulasi sumber daya di Jepang.

Juga mengakomodasi peningkatan permintaan untuk kapasitas penyesuaian melalui baterai penyimpanan jaringan untuk meningkatkan proporsi energi terbarukan dalam bauran energi Jepang.

3 Bisnis Utama Altna

Honda dan Mitsubishi kerja sama perdana akan menyewakan Honda N-Van
Honda dan Mitsubishi kerja sama perdana akan menyewakan Honda N-Van

Saat ini, Honda dan Mitsubishi menggandeng Altna untuk menjalankan tiga bisnis baru: penyewaan baterai, penggunaan ulang baterai, dan pengisian daya pintar.

Baca juga  Diskon DP Hingga Sejuta, Kredit Honda BeAT di Moladin Jadi Enteng

Altna akan menawarkan rencana sewa yang dimulai dengan N-Van. Altna akan dapat mempertahankan kepemilikan baterai kendaraan yang disewa dan memantau penggunaannya selama masa sewa.

Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk terus mengumpulkan data dan meningkatkan keandalan baterai yang diukur dengan berbagai parameter.

Bagan bisni Altna dari hulu ke hilir menopang elektrifikasi Honda dan Mitsubishi
Bagan bisni Altna dari hulu ke hilir menopang elektrifikasi Honda dan Mitsubishi

Ketika baterai mencapai akhir siklus hidupnya, baterai tersebut akan digunakan kembali dan digunakan sebagai baterai penyimpanan jaringan listrik. Melalui bisnis ini, Altna juga akan dapat memastikan daur ulang baterai yang sudah habis masa pakainya.

Untuk bisnis pengisian daya pintar, Altna akan menawarkan rencana pengisian daya kendaraan listrik yang pada akhirnya membantu pengguna kendaraan listrik menghindari pengisian daya selama jam sibuk.

Komentar Honda dan Mitsubishi Terkait Kolaborasi

mobil camping mitsubishi - minicab miev
Basisnya adalah mobil listrik mungil Minicab MiEV

Baik Honda dan Mitsubishi masing-masing sudah memiliki mobil listriknya tersendiri. Namun demi mengoptimalkan mobil-mobil listrik Jepang untuk berdaya-saing tinggi di dunia di tengah gempuran mobil Cina, Kerja sama ini tentu menciptakan peluang baru yang maksimal.

“Dengan tujuan untuk mempopulerkan kendaraan listrik di masa depan, Honda berupaya membangun rantai nilai kendaraan listrik terintegrasi vertikal yang mencakup semua aspek bisnis kendaraan listrik, mulai dari pengadaan bahan baku hingga produksi kendaraan listrik jadi, serta penggunaan ulang dan daur ulang baterai kendaraan listrik,” kata Direktur, Presiden, dan Pejabat Eksekutif Perwakilan Honda, Toshihiro Mibe.

Baca juga  Suzuki Address Playful VS Honda BeAT Lama, Kamu Pilih Mana?

“Kami sangat senang dapat mendirikan perusahaan baru dengan MC, yang memiliki pengetahuan mendalam tentang bisnis tenaga listrik dan memiliki aspirasi yang sama untuk mewujudkan masyarakat yang bebas karbon,” tandasnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Mitsubishi yang mengaku antusias dengan kerja sama ini.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Honda, yang memiliki kemampuan teknologi luar biasa dan berkomitmen untuk mewujudkan sirkulasi sumber daya. Dengan model bisnisnya untuk mengintegrasikan mobilitas, energi, layanan, dan data, usaha patungan baru kami akan menghadapi tantangan untuk memperkenalkan skema baru yang memisahkan kepemilikan kendaraan dan baterai dari satu unit kendaraan listrik,” kata Direktur, Presiden, dan CEO Mitsubishi Corporation, Katsuya Nakanishi.

“Berupaya mewujudkan masyarakat yang netral karbon melalui penerapan kendaraan listrik di masyarakat, kami akan memanfaatkan berbagai kontak industri dan keahlian bisnis MC serta terus berupaya membangun model bisnis lintas industri,” tukasnya.

Sementara bagi Altna sendiri, kehadiran mereka diharapkan bisa menjadi solusi pemanfaatan energi terbarukan khususnya terkait otomotif. “Altna akan didirikan dengan misi untuk menciptakan solusi yang memaksimalkan nilai seumur hidup sumber daya yang terbatas dan efisiensi pemanfaatan energi terbarukan agar masyarakat dan lingkungan global dapat hidup berdampingan selama beberapa generasi mendatang. Bersama berbagai mitra, kami akan menyediakan opsi alternatif untuk masa depan baru,” kata Seiichi Fukui, Calon Direktur Perwakilan, Presiden, dan CEO Altna.

Baca juga  CRF150 Supermoto dan Forza 250, Motor Baru Yang Bakal Nongol Di GIIAS 2018?

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika