by

Honda E Segera Mengaspal di Indonesia?

Pasar mobil elektrifikasi nampaknya akan lebih ramai dengan rencana hadirnya Honda E. Jika benar akan diluncurkan dalam waktu dekat, maka ini jadi mobil listrik pertama dari pabrikan berlogo H yang mengaspal di Indonesia 

Rumor kehadiran mobil listrik Honda di Tanah Air, bukan tanpa alasan. Sebab laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Indonesia mengungkap pendaftaran atas nama pemohon Honda Motor Co dengan nomor pemohon A00201901438.

Meski tidak disebutkan secara spesifik detail mobil, sistem gerak dan identitasnya. Dugaan terkuat merujuk kepada Honda E, karena desain yang ditampilkan terbilang mirip dengan Honda E.

Honda Prospect Motor selaku APM Honda di Indonesia memang belum mengutarakan secara resmi mengenai kehadiran mobil listrik, mereka berdalih bahwasanya untuk meluncurkan mobil listrik di Indonesia mereka masih dalam tahap uji riset.

“Mengenai mobil listrik, harus hati-hati dan dipelajari dengan benar,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Sekilas tentang Honda E

desain paten Honda E
Hasil screenshot dari situs DJKI menampilkan sosok Honda E

Honda E pertama kali diperkenalkan pada perhelatan Frankfurt Motor Show 2019 dan kemudian juga dipamerkan pada acara Tokyo Motor Show 2019.

Baca juga  Harga Honda Civic Type R Mugen RR 2007 Tembus Rp 1,8 Miliar

Mengusung motor penggerak listrik yang mampu menghasilan besaran dua tenaga. Masing-masing tenaga tersebut diklaim mampu menghasilkan 136 hp serta torsi maksimal 315 Nm.

Sebagai jantung pacunya, city car bertenaga listrik dari Honda ini mengadopsi baterai dengan kapasitas 35,5 kWh dan menjadi baterai berdimensi terkecil untuk dikelasnya. Untuk pengisian hingga 80 persen, baterai tersebut hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Kombinasi teknologi tersebut mampu   menghasilkan akselerasi delapan detik untuk meraih 100 km/jam serta jarak tempuh yang diklaim mampu mencapai 220 km.

Desain eksteriornya terlihat simpel modern. Desain bulat pada bagian lampu depan dengan LED yang dikombinasikan dengan grill berkelir hitam membuat mobil bertenaga listrik ini terlihat sporty.

Bodi mobil listrik ini nampaknya sengaja didesain minim lekukan, namun justru hal tersebut menggambarkan mobil masa depan yang identik dengan desain simpel namun terlihat tetap modern dan sporty.

Oh ya, untuk mengisi daya baterai Honda E tidaklah rumit. Sebab para insinyurnya menempatkan baterai di bagian depan untuk memudahkan saat akan melakaukan pengisian baterai.

Baca juga  Intip Beda 3 Varian Honda CR-V 2021, Jangan Salah Beli!

Interior Futuristik dengan Fitur Istimewa

Honda E
Interior Honda E

Sebagai mobil masa depan, Honda E tentunya mengusung desain interior yang futuristik dan modern. Hal tersebut dibuktikan dengan desain dashboard minimalis yang menampung pengaturan lima layar.

Cluster instrumen pengemudi berdiameter 8,8 inci sementara di sebelahnya terdapat layar sentuh 12,3 inci ganda untuk infotainment, yang dilengkapi dengan asisten pribadi baru Honda, sistem perintah suara bertenaga AI. Dua layar luar menampilkan gambar dari kamera tampak belakang yang dipasang di pintu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai rencana kehadiran Honda E di Indonesia. Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru