by

Honda Forza Roadsync Edition, Motor yang Bisa Bicara

Inovasi pabrikan berlogo sayap memang tidak pernah habis, salah satunya lewat kemunculan Honda Forza Roadsync Edition. Motor yang bisa bicara ini diperkenalkan pertama kali pada Thailand Motor Expo 2020.

Ya, kamu tidak salah baca. Honda Forza terbaru dapat berkomunikasi dengan pengendaranya, lantaran dilengkapi fitur Honda Smartphone Voice Control System (HSVCs). Khusus masyarakat negeri gajah putih yang tertarik, harga Honda Forza Roadsync Edition 175,500 baht atau setara Rp 82,2 jutaan.

“(Pembeli) akan mendapat tambahan berupa headphone BT Mini Bluetooth, helm H2C, dan jaket,” seperti dikutip dari laman resmi AP Honda Thailand.

Agar fitur HSVCs di Honda Forza bekerja maksimal, memang dibutuhkan perangkat smartphone dan intercom. Semua itu dihubungkan ke motor via koneksi bluetooth. Jika sudah terkoneksi, maka pengendara bisa mengakses fitur navigasi, telepon, pesan, dan musik dengan menekan tombol di setang serta perintah suara.

Contoh paling mudah ketika ada pesan masuk ke smartphone, maka akan terdengar suara lewat intercom yang memberitahu pengendara. Kamu juga bisa pilih, mau mendengar isi pesan tersebut atau tidak dengan menekan tombol di setang. Kemudian kalau ingin balas, cukup lafalkan pesan via suara.

Baca juga  Ingin Kredit Honda Scoopy Sporty? Ketahui Hal Ini!

HSVCs sesungguhnya merupakan fitur anyar yang menurut laman Honda Global baru diaplikasikan ke dua motor: H’ness CB350 di India dan Forza 350 Roadsync Edition di Thailand.

Mau tahu lebih detail soal motor Honda Forza Roadsync Edition? Berikut spesifikasi lengkapnya:

Spesifikasi Honda Forza Roadsync

honda forza roadsync
Perbedaan utama dari Honda Forza Roadsync Edition, memiliki fitur HSVCs yang memungkinkan pengendara dan motor berkomunikasi via suara

Jika dibanding Honda Forza 250, tentu Honda Forza Roadsync jauh berbeda. Motor matik bongsor edisi spesial ini menggunakan basis Honda Forza 350 yang sudah dijual lebih dulu di Thailand.

Basis Forza 350, artinya mesin pakai kubikasi 330 cc yang sudah mengadopsi teknologi eSP+. Jadi bukan cuma kapasitasnya bertambah, tapi banyak perubahan pada jeroan mesin sehingga performanya semakin mantap.

Salah satu yang dapat revisi adalah throttle body meningkat dari 34 mm ke 36 mm. Inlet valve dari diameter 27 mm ke 28 mm. Komponen crankshaft juga dibuat lebih ringan 10 persen dari sebelumnya.

Dengan mesin eSP+, Honda Forza 350 bisa melontarkan torsi puncak hingga 31,9 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 28,9 hp pada 7.500 rpm. Lalu kecepatan maksimalnya tembus 137 Km/jam. Akselerasinya pun semakin istimewa dari posisi diam hingga 200 m, cuma butuh 10,4 detik.

Baca juga  Cara Menghidupkan Motor PCX, Tanpa Remote Keyless

Fitur-fitur kenyamanannya juga lebih baik dibanding Forza 250. Kini windscreen lebih tingi 40 mm, ada pula USB charger untuk mengisi daya baterai smartphone.

Lalu untuk fitur modern yang sudah ada di Forza 250 dipertahankan pada Forza 350. Sebut saja keyless, pengaturan windscreen elektrik, panel instrumen kombinasi analog dan digital, serta anti-lock braking system (ABS), dan Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Terkait pilihan warna, motor matik edisi spesial ini bisa dibeli dalam dua warna: merah dan hitam.

Usai mengetahui spesifikasi detail Honda Forza Roadsync Edition, tertarik punya? Sabar, karena motor ini untuk sekarang hanya dipasarkan di Thailand. Bukan tidak mungkin, Indonesia menyusul pada tahun depan!

Pantau terus Moladin supaya kamu tetap update dengan informasi otomotif terbaru.

Terbaru