Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Honda Mobilio Vs Suzuki Ertiga Bekas, Mending Mana?

by Tigor Sihombing
Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas

Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas, kira-kira mana ya yang lebih baik? Secara keduanya adalah sebuah mobil keluarga yang memiliki harga terjangkau, bahkan dibanding mobil LCGC terbaru.

Adapun unit yang kami review kali ini adalah Honda Mobilio E CVT 2016 dan Suzuki Ertiga GX MT 2017. Untuk harganya, Honda Mobilio versi dashboard facelift atau dashlift punya kisaran Rp 140-160 jutaan. Sementara Suzuki Ertiga Gen 1 Facelift, banderolnya Rp 150-170 jutaan.

Lalu mana yang sebaiknya dibeli dari keduanya untuk mobil keluarga? Berikut hasil perbandingan komparasi antara Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas:

Honda Mobilio Unggul di Akselerasi dan Konsumsi BBM Dibanding Suzuki Ertiga Gen 1

Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas

Data drag race 201 meter antara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga Gen 1

Pertama-tama yang akan kami bahas antara Honda Mobilio Vs Suzuki Ertiga bekas adalah soal akselerasi dan performa. Untuk Honda Mobilio E CVT 2016, tim review Moladin sudah melakukan pengetesan untuk drag race 201 meter, dengan hasil 12,1 detik. Sedangkan pada Suzuki Ertiga GX MT 2017 yang masih masuk dalam generasi pertama facelift ini, catatan waktunya cuma 12,4 detik.

Ertiga lebih lambat, salah satu faktornya adalah penggunaan mesin yang lebih kecil. Di atas kertas cuma menggunakan jantung mekanis berkode K14B DOHC 1.4 Liter yang bisa mengeluarkan tenaga 90 hp dengan torsi 130 Nm. Sementara Mobilio pakai mesin1.5 Liter berkode L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 hp dengan torsi maksimal 145 Nm.

Baca juga  Penjualan Honda Awal 2022, BR-V Nomor Dua!

Lalu apakah Ertiga lebih irit untuk konsumsi BBM-nya dibanding Mobilio. Hasil pengujian kami, ternyata tidak demikian. Ertiga cuma mampu menghemat bensin di dalam kota sekitar 13,8 km/liter dan jalan tol 16 km/liter. Sementara Honda Mobilio bisa mengirit bensin hingga 14,9 km/liter di dalam kota dan 18,8 km/liter di jalan tol.

Dari sini didapat soal konsumsi BBM Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga, ternyata dimenangkan oleh LMPV merek H tegak. Bahkan performanya juga lebih unggul di akselerasi.

Akomodasi Barang dan Penumpang di Honda Mobilio Lebih Luas

Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas

Untuk bagasi belakang, jok baris ketiga Mobilio tidak bisa dibuat rata Lantai. Kursi harus dilipat ke depan. Dengan kapasitas bagasi 629,1 liter.

Komparasi selanjutnya soal interior, mana yang lebih lega antara Honda Mobilio Vs Suzuki Ertiga bekas. Kalau bicara kelegaan, dari sisi leg room dan head room, Mobilio unggul. Baik itu untuk duduk di jok baris kedua dan ketiga, pemilik tinggi 168 cm masih punya sisa ruang di kaki dan kepala.

Hanya saja kekurangan dari Mobilio Dashlift E CVT 2016 ini adalah jok baris ketiganya kurang nyaman untuk diduduki, lantaran posisinya yang rendah. Ini berefek ke posisi duduk penumpang jadi seperti orang jongkok. Lalu di jok baris keduanya, tidak ada arm rest portable di tengah. Sementara di baris pertama, head rest tidak bisa diatur ketinggiannya sama sekali, karena pakai model fixed.

Baca juga  7 Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik dan Murah untuk Usaha

Kalau di Suzuki Ertiga GX Gen 1 Facelift lansiran 2017, kabinnya memang tidak terlalu lega dengan leg room dan head room tidak seluas Honda Mobilio. Walau demikian, pemilik tinggi 168 cm tetap nyaman berada di dalamnya. Ditambah lagi jok baris ketiganya punya posisi duduk yang nyaman, tidak jongkok. Plus busa jok mobil ini pun lebih empuk. 

Bagaimana dengan bagasi Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga bekas? Ternyata kapasitas menampung barang yang terbesar dipunya oleh Mobilio dengan 629,1 liter, walau demikian memang jok baris ketiganya tidak bisa dilipat rata lantai. Tekniknya dengan melipat ke depan seperti di Avanza lama.

Sedangkan Ertiga Gen 1 Facelift, jok baris ketiganya bisa dilipat rata lantai. Hanya saja kapasitas bagasinya cuma 411,6 liter. Ini tentu jauh lebih sempit dibanding Honda Mobilio.

Fitur dan Kekedapan Kabin Unggul Ertiga

Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas

Kekedapan kabin Ertiga lebih baik dibanding Honda Mobilio

Bicara kenyamanan, Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio siapa yang menang? Kami mengujinya lewat kekedapan kabin, di mana pada Ertiga Gen 1 Facelift bisa meredam suara yang masuk ke dalam kabin hingga 68,6 db. Sementara di Honda Mobilio cuma 70,5 db. Artinya Ertiga lebih senyap.

Kemudian terkait fitur, Honda Mobilio E CVT 2016 atau versi dashlift sudah menggunakan AC Digital dan double blower. Selain untuk fitur keselamatan aktifnya juga sudah ada Antilock Braking System (ABS) untuk pengereman mendadak, dan dual SRS airbag.

Baca juga  Penjualan Suzuki di Tahun 2020 Didorong Produk Buatan Lokal

Pada Suzuki Ertiga 2017, AC memang masih model putar tapi ada banyak fitur tambahan lain. Sebut saja Auto UP dan Auto Down yang bisa digunakan untuk menaikkan dan menurunkan kaca pengemudi dengan satu tombol. Lalu pada setir juga ada audio switch. Double blower pun, LMPV ini sudah memilikinya. Begitu pula dengan sistem keselamatan standar seperti ABS dan airbag.

Ertiga GX juga dibekali dengan Electric Foldable Electric Mirror. Fitur ini berguna untuk melipat spion saat parkir sehingga tidak mengganggu kendaraan lain, caranya cukup tekan tombol yang telah disediakan. Dengan demikian, Ertiga lebih nyaman dibanding Mobilio.

Daftar Tabel Komparasi Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio Bekas

 

Honda Mobilio E CVT 2016

Suzuki Ertiga GX MT 2017

Eksterior

   

PxLxT

4.390 x 1.680 x 1.610 mm

4.265 mm x  1,695 mm x  1,685 mm

Jarak Sumbu Roda

2.650 mm

2.740 mm

Ground Clearance

185 mm

185 mm

Ukuran Roda

15 inci

15 inci

     

Akomodasi & Safety

   

Bagasi

629,1 liter

411,6 liter

Jumlah Airbag

Dual SRS Airbag

Dual SRS Airbag

Fitur Keselamatan Aktif

EBD (Electronic Brake Distribution), ABS

EBD (Electronic Brake Distribution), ABS

     

Performa Mesin

   

Kapasitas Mesin

1.5L SOHC 4 Silinder

1.4 L DOHC 4 Silinder

Torsi & Tenaga

145Nm/118Hp

130Nm/91Hp

Transmisi 

CVT

Manual

     

Harga

Rp 140-160 jutaan

Rp 150 jutaan

     
     

Demikian ulasan terkait Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika