Minggu, September 25, 2022

Spesifikasi Honda Mobilio S MT, MPV Terjangkau!

by Tigor Sihombing
Spesifikasi Honda Mobilio S MT

Berikut Moladin sampaikan spesifikasi Honda Mobilio S MT terbaru alias model 2022. Seperti diketahui, saat ini Honda cuma menyisakan varian tersebut di Mobilio.

Sesungguhnya Honda Mobilio S MT adalah varian terendah. Lalu kenapa cuma varian tersebut yang dijual?

Sama seperti pabrikan mobil dunia lainnya, PT Honda Prospect Motors (HPM) selaku distributor resmi mobil Honda di Indonesia, sedang krisis chip semikonduktor. Hal ini mempengaruhi produksi banyak mobil Honda, termasuk Mobilio.

Langkah yang diambil HPM adalah dengan memengkas produksi Mobilio. Kemudian memfokuskan pasokan chip semikonduktor ke produk lain yaitu Brio yang punya permintaan lebih tinggi.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM, Yusak Billy menjelaskan jika Mobilio dengan Brio itu komponennya hampir sama. Jadi mudah untuk bertukar komponen.

“Saat ini kami fokus ke Brio dulu yang permintaannya masih tinggi. Kemarin (inden) 4-bulan, sekarang sudah bisa turun 3-4 bulan,” katanya waktu di IIMS 2022.

Produksi Honda Mobilio S MT tersebut sebagian besar adalah untuk konsusmen fleet dan korporasi. Di mana permintaanya juga sekitar 70-80 persen dibanding varian Mobilio lain.

Mobilio sendiri merupakan mobil 7 penumpang yang bermain di segmen MPV. Mobil ini di pasaran bersaing bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, hingga Suzuki Ertiga. Pertama kali rilis pada 2001, kemudian hadir generasi kedua pada 2014.

Honda Mobilio rilis facelift terakhir kali pada tahun 2019, dan model inilah yang dipasarkan hingga saat sekarang. Berhubung saat ini unit yang dipasarkan HPM hanya varian terendah Honda Mobilio S MT seharga Rp 229,9 juta (OTR Jakarta), berikut kami sampaikan spesifikasinya.

Baca juga  Sejarah Honda Accord, Sedan Premium yang Terus Eksis

Performa Mesin Mantap, Tapi Hanya Tersedia Transmisi Manual

Spesifikasi Honda Mobilio S MT

Honda Mobilio S MT mengadopsi mesin L15Z1 1.500 cc,  i-VTEC dengan tenaga tertinggi 118 ps yang dicapai pada 6.600 RPM

Honda Mobilio S merupakan tipe terendah, atau model dasar yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan. Jadi jangan berharap ada versi otomatisnya ya untuk sekarang.

Terkait performa, Honda Mobilio yang masuk dalam generasi kedua ini mengusung mesin L15Z1 1.500 cc dan teknologi i-VTEC. Jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan tenaga tertinggi 118 ps yang dicapai pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Performa yang cukup apik dibanding kompetitor.

Tersedia pula fitur ECO indikator yang bisa membantu pengemudi menghemat BBM lebih baik.

Eksterior Minim Aksesoris

Spesifikasi Honda Mobilio S MT

Penggunaan pelek kaleng ukuran 15 inci pada Honda Mobilio S MT.

Eksterior Honda Mobilio S MT yang dipasarkan saat ini lumayan banyak perbedaan dengan type di atasnya. Tampilannya terkesan apa adanya dan jauh dari kata modern.

Sebut saja bagian pelek, pakai jenis kaleng ukuran 15 inci. Masih untung, Honda memberi kover, sehingga ada aura keren. Lalu desain bumper sedikit berbeda, pada Honda Mobilio S MT tidak menggunakan under spoiler sehingga tampilannya kurang sporty. 

Baca juga  Harga Honda Civic Type R Mugen RR 2007 Tembus Rp 1,8 Miliar

Pada sektor lampu depan, Honda Mobilio S MT masih menggunakan halogen, belum mengusung teknologi projector, LED, maupun daytime running light (DRL). Fog lamp juga tidak ada.

Hadir wiper belakang untuk membantu penglihatan ketika hujan. Plus ada lampu rem atas yang sudah mengadopsi teknologi LED.

Pengaturan AC Sudah Digital

Spesifikasi Honda Mobilio S MT

Selain itu pada Honda Mobilo S MT sistem pendingin kabinnya sudah menggunakan pengaturan AC Digital, fitur AC ini juga secara otomatis menyesuaikan temperatur udara hingga titik ternyaman.

Interior Honda Mobilio S MT didominasi warna hitam. meski varan terbawah model ini sudah menggunakan head unit double DIN tanpa layar sentuh dengan konektivitas USB Port, AM/FM Radio, Aux in, Bluetooth, dan hands free telephone.

Sementara pada bagian jok pakai warna hitam. Belum dibalut kulit alias pakai material fabric atau kain. Masing-masing jok sudah dilengkapi dengan head rest. 

Lalu kursi baris kedua mengadopsi sistem pelipatan one touch tumble, di mana bisa dilipat dengan satu sentuhan untuk memudahkan masuk ke ruang baris belakang. Fitur kursi lainnya adalah ISOFIX yang memudahkan penumpang untuk membawa anak bayi dengan kursi khusus.

Selain itu pada Honda Mobilo S MT sistem pendingin kabinnya sudah menggunakan pengaturan AC Digital. Menariknya lagi, meski varian terbawah, Honda memberi AC double blower untuk kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga.

Baca juga  All New Honda Civic Type R Prototype, Kapan Rilis ?

Selain itu pada Honda Mobilio S MT tidak memiliki keyless entry dan belum dilengkapi dengan security alarm system. Meski begitu Honda Mobilio S MT sudah dilengkapi dengan Immobilizer sebagai sistem keamanan tambahan pada kendaraan yang sulit dibobol maling.

Fitur Keselamatan Honda Mobilio S MT

honda mobilio s mt - airbags safety

Mobilio S MT sudah pakai airbag di depan

Kemudian untuk sistem keselamatan, Honda Mobilio S MT tergolong lumayan. Ada anti-lock braking sytem (ABS) dan Electronic Distribution Brake (EBD). Plus rem cakram pada roda depan dan tromol pada bagian belakang.

Tidak cuma itu, Honda juga memberi dual SRS airbag untuk perlindungan ekstra buat pengemudi dan penumpang baris pertama. Airbag ini akan mengembang saat terjadi kecelakaan, sehingga bisa mencegah cedera serius.

Lalu ada sabuk pengaman di tiap baris bangku. Serta alat pemadam api ringan (APAR).

Dengan spesifikasi tersebut, harga Honda Mobilio S MT tembus Rp 229,9 juta (OTR Jakarta). Bagaimana menurut kamu? Layak beli?

Satu yang jelas, harganya cukup kompetitif. Setidaknya mobil pabrikan berlogo H ini masih lebih murah dibanding Toyota Avanza 1.3 E MT yang dijual Rp 233 jutaan dan Mitsubishi Xpander GLS MT seharga Rp 253 juta.

Walau memang, kalau pembandingnya kompetitor lain maka harga Mobilio lebih mahal. Cek saja Daihatsu Xenia termurah atau 1.3 M MT yang cuma Rp 216 jutaan dan Suzuki Ertiga GA MT Rp 224 jutaan.

Demikian ulasan terkait spesifikasi Honda Mobilio S MT yang merupakan type terendah Mobilio yang dipasarkan Honda. Kiranya ulasan ini bisa membantu kamu dalam menemukan MPV terbaik.

Jangan lupa untuk selalu simak Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika