Monday, October 3, 2022

Suzuki Ertiga Facelift 2022 Meluncur, Sudah Hybrid

by Tigor Sihombing
Suzuki Ertiga Facelift 2022

Suzuki Ertiga facelift 2022 resmi meluncur di India. Banyak ubahan yang terjadi pada model MPV terlaris Suzuki ini, terutama di sektor fitur dan teknologi. Salah satunya yang menarik adalah kehadiran Smart Hybrid.

Teknologi smart hybrid ini sebelummnya juga sudah diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Jadi, besar kemungkinan Suzuki Ertiga facelift 2022 yang rilis di India ini serupa dengan yang dipasarkan nantinya di Indonesia. 

Dari sisi dimensi, tidak ada ubahan dari Suzuki Ertiga Hybrid dengan versi terdahulu termasuk dengan yang di Indonesia. Ukurannya persis yakni panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Wheelbase juga sama 2.740 mm.

Begitu juga tampilan eksteriornya yang tidak banyak mengalami revisi. Hanya beberapa ubahan yang terlihat di bagian gril dan pelek two tone dengan desain baru.

Begitu juga dengan interior yang sedikit mendapat sentuhan dengan menggunakan jok dual tone dan panel ornamen kayu yang terkesan gelap.

Mesin dan Transmisi Baru yang Lebih Hemat BBM

Suzuki Ertiga Facelift 2022

Sistem Smart Hybrid sebelumnya juga sudah digunakan pada Ertiga versi diesel.

Ubahan paling mencolok Suzuki Ertiga facelift 2022 smart hybrid justru terletak pada mesinya. Mengutip lman Rushlane.com, Ertiga baru mengunakan mesin K15C Smart Hybrid.

Baca juga  Suzuki Luncurkan Jimny LCV, Bagasinya Luas!

Mesin tersebut bisa menggelontorkan tenaga 75.8 kW dan torsi maksimal 136,8 Nm. Mesin ini tenaganya lebih kecil dari model sebelumnya dengan  tenaga maksimal 77 kW dan torsi maksimal 138 Nm.

Selain itu, Suzuki Ertiga facelift 2022 kini sudah menggunakan sistem tranmsisi otomatis baru 6-percepatan, yang dipadukan dengan paddle shift untuk perpindahan gigi secara manual. Selain itu, ada juga pilihan transmisi manual 5-percepatan biasa.

Untuk fitur terbarunya, Suzuki Ertiga facelift 2022 jumlah airbagnya bertambah jadi empat titik untuk baris pertama yang menjangkau pengemudi dan penumpang depan.

Suzuki Ertiga facelift 2022 juga sudah dilengkapi dengan teknologi konektivitas yakni Suzuki Connect. Lewat fitur itu berbagai fungsi operasional yang ada Low MPV Suzuki bisa dilakukan jarak jauh dengan menggunakan ponsel.

Misalnya menyalakan lampu hazard dan lampu utama. Termasuk juga menyalakan mesin dan pendingin ruangan.

Suzuki Ertiga terbaru ditawarkan dalam 9 varian yakni Suzuki Ertiga Smart Hybrid LXI 1.5L 5MT, Suzuki Ertiga Smart Hybrid VXI 1.5L 5MT, Suzuki Ertiga VXI CNG 1.5L 5MT, Suzuki Ertiga Hybrid ZXI 1.5L 5MT, Suzuki Ertiga VXI 1.5L 6 AT, Suzuki Ertiga ZXI+ 1.5L 5MT, Suzuki ZXI CNG 1.5L 5 MT, Suzuki Ertiga Hybrid ZXI 1.5L 6 AT, dan Suzuki Ertiga ZXI+ 1.5L 6 AT.

Baca juga  Promo Suzuki XL7, Potongan TDP Diskon 30 Persen

Harga yang diberikan, dari yang termurah di 835.000 Rupee atau setara Rp 156,4 jutaan hingga yang paling mahal di harga Rp 239,6 jutaan. Setelah India, harusnya Ertiga Hybrid selanjutnya bakal hadir di Indonesia. Kita tunggu saja sama-sama peluncurannya.

Demikian ulasan terkait Suzuki Ertiga Facelift 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika