by

Honda PCX 160 Semakin Dekat Indonesia, Ini Buktinya!

Honda PCX 160 memang sudah resmi diperkenalkan di Jepang pada akhir 2020. Jika melihat spesifikasinya, motor matik ini sungguh luar biasa. Ada revisi besar di sektor performa.

Sesuai nama, jantung mekanis PCX 160 menggunakan kubikasi lebih besar. Bukan 160 cc, tapi 157 cc. Kemudian hadir pula teknologi mesin eSP+.

Torsi puncak yang dihasilkan PCX generasi terbaru tersebut mencapai 15 Nm pada 6.500 rpm. Sementara tenaga maksimalnya tembus 15,8 PS pada 8.500 rpm. Performa itu jauh lebih baik dibanding Honda PCX 150 dan Yamaha Nmax 155 yang saat ini dijual di Indonesia

Nah menariknya, Honda mulai bergerak untuk mendekatkan PCX 160 dengan konsumen Tanah Air. Mereka sudah memboyong motor matik tersebut ke Asia Tenggara, lebih tepatnya di Thailand.

Ya, awak media di negeri gajah putih mendapat kesempatan test ride langsung dengan generasi anyar Honda PCX pada 5 Januari 2021. Walalu dalam sesi test ride, motor tersebut masih dikamuflase, namun sudah terlihat jelas wujudnya adalah PCX terbaru.

Baca juga  Skutik 110cc Harga Mulai Dari Rp 16 jutaan, Pilih Honda atau Suzuki?

Kamu bisa mengetahui dari penggunaan pelek model bintang, kemudian desain knalpotnya, hingga ukuran roda depan dan belakang yang berbeda. Tidak ketinggalan di sektor mesin, ada stiker bertuliskan eSP+. Hal tersebut tentu jadi pendanda kuat bahwa kuda besi ini sudah semakin dekat Indonesia.

“All New Honda PCX 160 Siap Diluncurkan di Thailand pada 7 Januari mendatang. Dikonfirmasi, akan ada pula PCX e:HEV (Hybrid) untuk dijual,” seperti dikutip dari laman media sosial 9carthai.fc.

Sensasi Test Ride dengan Honda PCX Generasi Terbaru

honda pcx 160 esp+
Mesin eSP+ membuat performa PCX 160 lebih beringas (Sumber: FB Motomotion)

Media asal Thailand, 9carthai menjelaskan bahwa Honda PCX 160 jauh lebih baik dibanding generasi lama. Kestabilan dalam bermanuver semakin istimewa. Begitu juga dengan posisi berkendaranya. Setang pun minim getaran. Alhasil

Hal tersebut dikarenakan kehadiran banyak revisi di bagian rangka motor matik tersebut. Suspensi tidak ketinggalan dari perbaikan dengan menambahkan jarak mainnya hingga 95 mm di belakang, sehingga bantingan semakin nyaman.

Bagaimana dengan peforma mesin? PCX 160 eSP+ punya tarikan yang lebih mantap. Saat selongsong gas dibuka, akselerasinya mesin eSP+ begitu responsif.

Baca juga  Mau Beli Yamaha Fino Sporty? Ini Harga dan Spesifikasinya!

“Terasa bahwa akselerasinya lebih baik dari sebelumnya. Hanya saja untuk top speed, belum bisa dijelaskan, karena lintasan terlalu pendek, yang jelas lebih baik dari sebelumnya,” beber media 9carthai.com.

Spesifikasi Lengkap Honda PCX 160 eSP+ di Thailand

honda pcx 160 eSP+
Honda PCX 160 mendapat kamuflase saat sesi test ride bersama media di Thailand (Sumber: FB Motomotion)

Menurut media Thailand, Honda PCX 160 negeri gajah putih mendapat spesifikasi yang tidak beda dibanding Jepang. Artinya selain performa mesin mantap, fitur-fitur modern juga disematkan.

Fitur yang menyertai mulai dari honda selectable torque control (HSTC), berguna menjaga ban kehilangan traksi saat berakselerasi di jalan licin. Ada pula USB port untuk mengisi daya baterai smartphone saat berkendara.

Tidak ketinggalan, keyless, immobilizer, idling stop system (ISS), anti-lock braking system (ABS), dan hazard tetap dipertahankan. Sistem pencahayaan full LED serta panel instrumen digital juga ikut menyertai.

Kapasitas bagasi ikut ditingkatkan sekitar 1,2 liter menjadi 30 liter. Alhasil berbagai barang bawaan bisa diletakkan dengan mudah di sana, mulai dari helm full face hingga jas hujan.

Setelah Thailand, akankah PCX 160 eSP+ menyapa Indonesia? Mari kita tunggu saja sama-sama waktu peluncuran penerus Honda PCX 150 tersebut! (LDR)

Baca juga  7 Rekomendasi Spion Honda PCX 2018 yang Pas Buat Modifikasi

Terbaru