Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Honda Prologue EV, Mobil Listrik Berbasis Chevrolet Blazer EV!

by Firdaus Ali
Honda Prologue EV

Honda Prologue EV resmi diperkenalkan secara global. Hadirnya mobil SUV listrik ini merupakan kolaborasi Honda dan General Motors dan siap meluncur pada tahun 2024. 

Honda Prologue EV menggunakan platform Ultimum yang juga digunakan Chevrolet Blazer EV. Platform Ultium sendiri memiliki arsitektur penempatan baterai di bagian bawah lantai kendaraan. Dikutip dari laman autoevolution, dimensi Honda Prologue EV mempunyai panjang 4.876 mm, lebar 1.988 mm dan tinggi 1.643 mm. Sementara itu untuk wheelbasenya di angka 3.937 mm, sama dengan Cadillac Lyriq.

Tampilan eksteriornya terlihat simpel dan modern. Hal itu bisa dilihat dar bagian depan, samping, sementara bagian belakangnya terlihat elegan dengan kombinasi desain lampu dan emblem Honda dengan pemilihan jenis font yang menarik. Oh ya, untuk menambah kesan mewah, ada pula panoramic sun roof untuk bagian depan dan baris kedua.

Pada bagian kaki-kakinya disematkan velg alloy dual tone dengan desain anyar. Jika dilihat dari fotonya, ukuran velg tersebut diperkirakan menggunakan 21 inci.

Baca juga  Honda Odyssey 2021 Resmi Dijual, Saingan Alphard

Masuk ke dalam kabin interior, Honda Prologue EV menyajikan tampilan yang clean dan futuristik. Dibagian dashboard terlihat panel instrumen sudah menggunakan model layar digital. Kemudian bagian setirnya juga sudah terdapat steering switch untuk mendukung pengoperasian audio dan hal lain.

Dibagian tengah dashboard, terlihat ada headunit touchscreen yang berukuran cukup besar. Di bawahnya, terdapat berbagai tombol untuk mengatur AC mobil. Ada pula wireless charging dan tempat menyimpan air minum (cup holder).

Oh ya, jika diperhatikan dengan seksama, pada bagian doortrim juga terlihat memory untuk pengaturan joknya. Baik di bagian jok pengemudi maupun jok penumpang depan.

Prediksi Spesifikasi Honda Prologue

Honda Prologue EV

Interior Honda Prologue EV

Baik Honda maupun General Motors (GM) memang belum merilis spesifikasi resmi mobil SUV listrik ini. Namun begitu, Honda Prologue akan menggunakan baterai yang sama dengan Cadillac Lyriq atau Blazer EV yaitu 102 kWh.

Baterai tersebut diklaim mampu menempuh jarak maksimum 515 kilometer. Kemudian untuk motor listriknya menggunakan 255 kW yang mampu menghasilkan tenaga optimal 342 hp dan torsi puncak 440 Nm.

Baca juga  Bocoran Honda HR-V Terbaru, Berubah Total

Blazer EV juga mempunyai versi AWD yang menggunakan motor listrik berdaya 373 kW. Di atas kertas motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenagah 500 hp dan torsi 610 Newton Meter.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda Prologue yang dikabarkan baru akan mulai dijual pada tahun 2024 mendatang. Sebab, pihak General Motors akan terlebih dahulu fokus untuk mendistribusi Blazer EV di musim panas tahun 2023.

Hal tersebut berimbas positif pada Honda. Sebab mereka bisa lebih fokus dan ketersediaan waktu untuk membangun pabrik Honda mereka di Amerika Utara yang dikabarkan akan memproduksi mobil listrik untuk pasar Amerika dan negara-negara sekitarnya. Nah, apakah Honda Prologue EV juga akan hadir di Indonesia?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika