Honda Setop Penjualan Civic Type R 2023, Terlalu Laris!

Civic Type R FL5

Honda resmi setop penjualan Civic Type R 2023 untuk pasar Indonesia. Itu dilakukan, lantaran antrian pemesanannya mengular untuk tahun ini.

Pabrikan berlogo H mengklaim Civic Type R FL5 sudah terpesan 95 unit, bahkan sebelum peluncuran resminya pada 30 Maret 2023. Kini pada Mei 2023 alias dua bulan berselang, pemesan mobil sport ini meningkat jadi 114 unit.

Sementara terkait pengiriman ke konsumen, hingga sekarang cuma 18 mobil. Dengan kata lain, masih tersisa 96 mobil lagi yang siap dikirim secara bertahap hingga akhir tahun 2023. Hal tersebut lantaran, alokasi yang dikirimkan oleh Honda Jepang ke Indonesia sangatlah terbatas.

“Di dalam 114 unit tersebut, juga ada yang harus dikirimkan pada tahun 2024, jadi pakai VIN (tahun produksi) 2024,” kata Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy saat acara Honda Fastrack 2023 di Sirkuit Mandalika, Selasa (30/05/2023).

Dengan kata lain, alasan Honda menghentikan penjualan Civic Type R 2023, karena tidak mau konsumen Indonesia menunggu terlalu lama. Kemudian bagaimana kalau masih ada yang tertarik untuk meminang mobil sport seharga Rp 1,399 miliar tersebut?

Billy menjelaskan bahwa pada Juli 2023, Civic Type R FL5 bakal dijual lagi di Indonesia. Hanya saja itu untuk VIN 2024.

Kuota Civic Type R FL5 untuk Indonesia Bakal Ditambah

Honda Civic Type R FL5

Dengan pemesan Civic Type R FL5 yang jumlahnya sudah 114 unit dalam waktu sekitar 2-3 bulan, ini adalah rekor tersendiri. Pasalnya model lama atau Civic Type R FK8 cuma laku 118 unit sepanjang dijual di Tanah Air sejak 2017.

“(Civic Type R FL5) Ini mobil fenomenal… kami akan minta alokasi untuk Indonesia ditambahkan,” beber Yusak Billy.

Bila kuota untuk Indonesia bertambah, tentunya pengiriman ke konsumen yang sudah memesan bisa semakin cepat. Utamanya, untuk VIN 2024.

Civic Type R generasi keenam memang sangat istimewa. Ini adalah mobil sport dengan performa paling buas yang dipunya oleh Honda. Mesinnya berkubikasi 2.0 liter VTEC turbo. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 420 Nm atau naik 20 Nm dibanding model lama. Lalu tenaga maksimalnya 319 PS atau naik 9 PS dibanding Type R FK8.

Sedan sport ini juga sukses memecahkan rekor di Nurburgring sebagai mobil FWD tercepat dengan catatan waktu 7 menit 44.881 detik.

Bicara fitur Civic Type R FL5 tidak kalah modern, dengan kehadiran mode berkendara individual. Ada pula Honda LogR yang bisa mencatatkan waktu dan performa mobil selama gas pol di lintasan. Tidak ketinggalan, ada Honda Sensing untuk sistem keselamatan di jalan umum.

Itulah tadi bahasan soal Honda setop penjualan Civic Type R 2023. Untuk Informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related posts

V-Kool Libatkan Video Kreator Muda Dalam Kompetisi Edukasi Kaca Film, Hadiah Puluhan Juta

Spesifikasi Kaca Film Deluxe, Murah Berkualitas Penghalau Panas Harga Rp 1 Jutaan

Mengenal Fungsi dan Kelebihan Ventilated Seat, Mengemudi Jadi Lebih Nyaman!